Beranda > Karier Sukses > Ingin Kuliah Kedokteran di Singapura? Ini Perkiraan Biayanya!

Ingin Kuliah Kedokteran di Singapura? Ini Perkiraan Biayanya!

TimotiusTimotius
Ingin Kuliah Kedokteran di Singapura? Ini Perkiraan Biayanya!watermark

TUNAIKU.COM – Dibandingkan dengan tinggal di Indonesia, orang yang tinggal di Singapura membutuhkan biaya yang tinggi untuk hidup. Tingginya biaya hidup di Singapura juga membuat biaya pendidikan menjadi cukup mahal, apalagi bagi mahasiswa pendatang. Selain itu bagi mahasiswa internasional atau pendatang, dikenakan juga beberapa biaya khusus seperti asuransi kesehatan, layanan mahasiswa, dan biaya administrasi lainnya.

 

Meskipun dinilai lebih mahal, ternyata banyak calon mahasiswa di sekitar Asia Tenggara yang memilih untuk melanjutkan studi strata satunya di Singapura. Bukan tanpa sebab, ini karena Singapura menawarkan kualitas pendidikan yang tinggi dengan beasiswa dan tunjangan yang memadai.

 

Bagaimana dengan sistem kesehatan di Singapura? Singapura juga terkenal sebagai salah satu negara dengan sistem kesehatan terbaik di dunia. Bahkan Bloomberg, salah satu stasiun berita keuangan, pernah menobatkan sistem kesehatan di Singapura sebagai sistem kesehatan paling efisien pada tahun 2014. Banyak juga orang Indonesia yang memilih Singapura sebagai tempat tujuan mereka berobat.

 

Apakah kamu tertarik untuk mengambil studi kedokteran di Singapura? Di Singapura terdapat dua sekolah medis terbaik bagi kamu yang mau mendaftar sekolah kedokteran strata pertama, yaitu Yong Loo Lin School of Medicine yang beroperasi di bawah National University of Singapore dan Lee Kong Chian University yang beroperasi di bawah Nanyang Technological University. Berapakah biayanya?

 

Artikel Terkait: Berminat Kuliah Di Luar Negeri?

  1. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?
  2. Bagaimana Rasanya Kuliah di Kanada?
  3. 5 Hal yang Patut Diketahui Jika Ingin Kuliah di Amerika Serikat Tahun Ini

 

1. Yong Loo Lin School of Medicine

Berada di bawah payung National University of Singapore, sekolah kedokteran ini dinamakan Straits Settlements and Federated Malay States Government Medical School setelah peresmiannya pada tahun 1905. Sekolah kedokteran ini merupakan sekolah medis tertua di Singapura dan Malaysia. Setelah berkali-kali mengganti namanya, sekolah ini dinamakan Yong Loo Lin School of Medicine pada tahun 2005. Berikut ini adalah rincian biayanya.

 

Biaya kuliah setelah disetujui oleh MOE (Kementerian Pendidikan Singapura):

Penduduk Singapura                                     SG$ 26.400 (Rp262.173.000)

Penduduk naturalisasi Singapura               SG$ 36.950 (Rp367.707.000)

Internasional                                            SG$ 55.450 (Rp551.809.000)

Tanpa disetujui MOE                             SG$ 141.100 (Rp1.404.150.000)

 

Biaya pendidikan di Yong Loo Lin School of Medicine Singapura akan sangat mahal apabila kamu tidak mengajukan tuition grant (subsidi biaya) pada Kementerian Pendidikan Singapura. Namun jika kamu merasa kamu berkompeten untuk mengikuti ini, kamu bisa mencobanya dan jika berhasil, kamu dapat mendapat potongan khusus. Selain itu, untuk bisa mengajukan ini, kamu harus bersedia untuk bekerja selama tiga tahun pada perusahaan yang ditunjuk oleh kementerian pendidikan di Singapura.

 

2. Lee Kong Chian School of Medicine

Berada di bawah payung Nanyang Technological University, sekolah kedokteran ini diresmikan pada tahun 2013 silam dan bekerja sama dengan Imperial College London dalam sistem pengajarannya. Lee Kong Chian School of Medicine juga menggandeng National Healthcare Group Singapura sebagai partner mereka di bidang klinis. Rincian biayanya adalah:

 

Biaya kuliah setelah disetujui oleh MOE (Kementerian Pendidikan Singapura):

Penduduk Singapura                                     SG$ 30.000 (Rp298.610.000)

Penduduk naturalisasi Singapura               SG$ 42.000 (Rp418.054.000)

Internasional                                            SG$ 60.000 (Rp597.220.000)

Tanpa disetujui MOE                                  

 

Apabila tuition grant kamu disetujui oleh Kementerian Pendidikan Singapura, kamu dapat mengikuti perkuliahan dengan kisaran biaya sekitar Rp597.220.000. Namun Lee Kong Chian School of Medicine tidak memperbolehkan calon mahasiswa internasional untuk mengikuti perkuliahan apabila permohonan tuition grant kamu tidak disetujui oleh Kementerian Pendidikan Singapura.

 

Artikel Terkait: Tips Hidup Hemat Meskipun Kuliah di Luar Negeri

  1. Tips Hidup Hemat Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri
  2. 10 Langkah Hidup Hemat Tapi Nggak Menderita Saat Kuliah di Luar Negeri
  3. 10 Kota di Luar Negeri Dengan Biaya Kuliah Lebih Murah dari Jakarta

 

Jika kamu bandingkan, biaya pendidikan di Singapura sebetulnya tidak jauh berbeda dengan biaya sekolah kedokteran swasta di Indonesia. Memang rincian biaya tersebut belum termasuk biaya hidup, akomodasi, dan pengeluaran lain-lain di Singapura. Namun, jika kamu merasa mampu mengapa kamu tidak mencobanya? Universitas di Singapura juga memberikan banyak beasiswa bagi kamu yang berprestasi dan bersedia untuk menjalani ikatan dinas dengan perusahaan di sana. Yuk, dipertimbangkan kembali, siapa tahu kamu bisa masuk sekolah kedokteran di Singapura!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, kredit tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, kredit tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kado natal, buku finance

 

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett