Beranda > Gaya Hidup > 5 Cara Atasi Perbedaaan Pendapat Jika Kakek dan Nenek Ikut Mengasuh Anak

5 Cara Atasi Perbedaaan Pendapat Jika Kakek dan Nenek Ikut Mengasuh Anak

KENNY CAROLINEKenny Caroline
5 Cara Atasi Perbedaaan Pendapat Jika Kakek dan Nenek Ikut Mengasuh Anakwatermark

TUNAIKU.COM – Pola asuh sangat berpengaruh dalam proses tumbuh kembang seorang anak. Hal itu akan terlihat jelas ketika anak tumbuh besar. Nilai dan karakter yang tertanam dalam diri anak berasal dari ajaran yang ia terima sewaktu kecil. Karena itu pola asuh orangtua nggak boleh sembarangan dan juga menyesuaikan dengan karakter si anak. Selain itu, pola asuh sebaiknya nggak pake metode gado-gado biar nggak bikin si anak bingung.

 

Namun, apa jadinya kalau kakek dan nenek justru ingin ikut mengasuh anak? Kalau kamu tinggal serumah dengan orang tua, hal ini sudah pasti nggak terhindarkan dong; atau mungkin orangtua kamu terlalu ingin ikut campur soal pola asuh anakmu walau tinggal di rumah yang berbeda. Padahal, pola asuh yang kamu terapkan bisa jadi berbeda dengan pola asuh orangtua kamu saat membesarkanmu dulu.

 

Masalah pun sudah pasti nggak terhindarkan. Paling nggak, kamu bisa berdebat dengan kakek dan nenek terkait hal ini. Nah, supaya nggak berujung panjang dan menyakiti hati kedua belah pihak, mending kamu baca lima cara untuk mengatasi hal tersebut. Simak yuk!

 

Artikel Terkait: Finansial dalam keluarga.

  1. 10 Cara Menghindari Masalah Keuangan Dalam Keluarga Muda
  2. 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pengantin Baru dalam Merencanakan Keuangan Rumah Tangga
  3. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan

 

1. Ajak untuk kompromi

Untuk menyikapi perbedaan pendapat, sebagai orangtua mungkin kamu perlu mengambil sikap kompromi. Hal ini nggak berarti kamu menyerahkan semua pola asuh terhadap anak. Terima masukan dari orangtuamu dan terapkan dengan cara kamu sendiri. Jelaskan juga maksud dan tujuan pola asuh yang kamu pilih supaya mereka juga bisa memahami pilihanmu dalam merawat anak.

 

2. Riset untuk mendukung argumentasi

Nah, kalau kakek dan nenek masih keukeuh, sebaiknya kamu melakukan riset untuk mendukung argumentasimu saat memberi pemahaman kepada mereka tentang pola asuh anak. Bukannya mau menentang orangtua ya, tapi kan di sini yang jadi orangtua adalah kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan lah yang mengenal anak dan membesarkannya hingga dewasa kelak.

 

3. Komunikasi dengan baik

Untuk menjembatani perbedaan sikap dan pendapat soal pola asuh anak, kamu perlu menciptakan komunikasi yang baik dengan kakek dan nenek. Ajaklah mereka mengobrol sambil minum teh dan makan singkong rebus. Usahakan nada pembicaraan yang santai saja agar mereka nggak tersinggung.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang bisa kamu wujudkan dengan KTA Tunaiku.

  1. Butuh Sepeda Motor Untuk Bekerja?Ini Kiat Beli Motor Kredit Pakai Pinjaman Tunaiku!
  2. Tambah Bujet Nikah 20 Juta, Pilih Pinjaman Online Tunaiku!
  3. Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Kenali 5 Hal Ini!

 

4. Hindari berdebat di depan anak

Hal ini penting banget untuk dilakukan. Jangan sampai kamu berdebat di depan anak. Apalagi bila berujung pada pertengkaran. Pertengkaran tentang pola asuh ini bakal bikin si anak bingung dan bisa jadi menyalahkan dirinya sendiri karena topik pertengkaran itu menyangkut dirinya.

 

5. Adakan pertemuan keluarga secara teratur

Pertemuan antar keluarga itu wajib untuk menjalin kekeluargaan yang sesungguhnya, bukan hanya karena sedarah saja. Karena itu, ajaklah kakek dan nenek serta keluarga lainnya untuk piknik atau makan malam sekali sebulan, misalnya.

 

6. Berikan waktu kakek dan nenek menghabiskan waktu bersama cucu

Walau memiliki pandangan yang berbeda mengenai pola asuh anak, jangan sampai membatasi hubungan anak dengan kakek dan neneknya. Hal ini nggak baik dan tentu hanya akan menciptakan masalah di tengah keluarga. Bersikaplah bijak dan biarkan kakek dan nenek menghabiskan waktu luang mereka bermain dengan sang cucu.

Pada akhirnya, mungkin tujuan kakek dan nenek si anak adalah baik adanya. Mereka tentu nggak akan mau mengasuh anakmu kalau nggak sayang. Ada yang bilang kasih sayang kakek dan nenek itu unik, lain dari kasih sayang orangtua. Karena itu cobalah pahami dan ciptakan suasana saling menghargai walau pendapatmu dengan kakek dan nenek berbeda.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

Pinjaman Online

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett