Beranda > Karier Sukses > Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview

Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interview

TUNAIKU
Tunjukkan 9 Hal Ini untuk Memberikan Impresi Baik saat Interviewwatermark

TUNAIKU.COM – Melewati fase wawancara atau interview saat melamar kerja itu enggak mudah. Enggak sedikit di luar sana yang akhirnya tidak diterima kerja karena enggak mengesankan interviewer. Seumur hidup, saya pernah 6 kali gagal dan 4 kali diterima dengan baik. Impresi baik saat interview tergantung apakah kamu memenuhi 9 hal ini atau enggak.

 

Artikel terkait: Persiapan dan Pekerjaan saat Kuliah atau Setelah Lulus

  1. Kerja Paruh Waktu? Ini 7 Pekerjaan yang Pas untuk Anak Kuliahan
  2. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
  3. Usai Lulus Kuliah, 5 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan dengan Matang

 

1. Antusias tinggi

Wajar apabila perusahaan atau tempat kerja mana pun menyukai orang-orang yang punya antusias tinggi. Pelamar kerja yang memiliki antusias tinggi selalu mendapatkan hak istimewa untuk diterima. Sifat ini berkaitan dengan seberapa besar keingintahuanmu untuk mendalami pekerjaan. Termasuk hal-hal yang membuatmu ingin bertahan lama.

 

2. Jadilah orang aneh

Ketika melamar kerja itu bukan hanya kecerdasanmu saja yang diperhitungkan. Faktor seperti gampang ceria, seolah-olah nggak ada awan mendung sekalipun di wajahmu, itu juga bagian yang dipertimbangkan oleh interviewer. Cobalah sekali-kali dalam sesi wawancara itu diselingi dengan humor atau hal-hal yang membuat interviewer tertawa.

 

3. Mata selalu terhubung

Wajar saja kalau sesi wawancara banyak yang gagal. Konsep wawancara itu persis dengan terapan ilmu psikologis. Mata yang selalu terhubung menandakan kamu memiliki rasa percaya diri tinggi. Sebaliknya, kalau kamu menunduk terus, bagaimana dia melihat kesungguhan di wajahmu? Ini trik yang sederhana, tapi sangat efektif.

 

4. Ambil inisiatif dalam wawancara

“Bertahan dan menerima” itu sama dengan cari aman dalam wawancara alias baru bicara saat ditanya. Acapkali pewawancara memberikan ruang kecil untukmu untuk menyampaikan ide. Nah, saat itulah coba kamu ambil inisiatif. Berikan ide-ide bagus terkait dengan posisi yang kamu bidik. Sikap ini akan menunjukkan kalau kamu orang yang selalu ingin maju.

 

5. Percayalah dengan Kemampuanmu Sendiri

Pewawancara akan mendapatkan impresi baik saat interview andaikan memenuhi standar kualifikasinya. Itulah kenapa sebelum kamu membidik sebuah posisi, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya mampu bekerja di posisi ini?” Mampu atau enggak itu tergantung keahlianmu dalam bidang tersebut. Tampilkan bahwa kamu memang menguasainya.

6. Tunjukkan kalau kamu sungguh-sungguh menginginkan posisi itu

Untuk membuat interviewer terkesan, maka trik ini wajib kamu terapkan. Kesan sungguh-sungguh itu akan tampak saat kamu ditanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan posisi pekerjaan dan perusahaan. Seorang pelamar yang sungguh-sungguh pasti akan mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang hal-hal tersebut. Jadi saat ditanya pun nggak canggung.

 

7. Bicaralah sejujur mungkin

Wawancara itu soal tes psikologi. Jujur atau berbohong akan mudah tampak. Kadang-kadang ada bagian yang berkaitan kisah hidupmu. Nah, lewati bagian itu dengan jujur dan ringkas. Dengan bicara apa adanya, kamu akan lebih percaya diri. Ceritakan hal-hal yang selalu membuatmu semangat menjalankan hari-hari. Bukan kisah sedih.

 

3

Mobile Site CTA

8. Jawablah pertanyaan dengan cepat

Pertanyaan yang dijawab dengan cepat menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Ini amat berguna ketika nantinya kamu ditempatkan dalam sebuah tim. Oleh karena itu, saat sesi wawancara, usahakan kamu selalu fokus. Refleks jawaban yang bagus akan meningkatkan kepercayaan pihak pewawancara.

 

Artikel terkait: Tips Sukses dalam Pekerjaan di Usia Muda

  1. Profesional Muda, Perhatikan 5 Etika Ini saat Harus Meeting
  2. 9 Tips Sukses Jadi Arsitek Profesional di Usia Muda
  3. 4 Tips Ampuh agar Sukses Jadi Dokter di Usia Muda

 

4. Bahasa tubuh selalu jadi kunci

Enggak ada salahnya kalau kamu belajar banyak dulu soal ilmu psikologi, termasuk bahasa tubuh, sebelum pergi melamar kerja. Salah satu kunci terbesar berhasilnya melewati sesi wawancara adalah karena ini. Mulutmu bisa saja berdusta, tapi bahasa tubuhmu selalu jujur. Pihak pewawancara akan tahu kejanggalan itu.

 

Impresi baik saat interview akan mudah kamu dapatkan kalau mengikuti trik di atas. Kenapa saya bilang trik? Sebab, saat wawancara itu murni soal kemampuan psikologis, bukan kemampuanmu dalam bekerja. Soal kemampuan dalam bekerja baru dipakai oleh perusahaan begitu sudah diterima. Saya bilang ini trik, jadi saya percaya kamu bisa.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett