Beranda > Karier Sukses > Usai Lulus Kuliah, 5 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan dengan Matang

Usai Lulus Kuliah, 5 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan dengan Matang

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Usai Lulus Kuliah, 5 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan dengan Matangwatermark

TUNAIKU.COM – Pernah kah kamu mendengar bahwa masuk dunia kerja berarti siap menghadapi realita sesungguhnya. Ya, semua akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan kehidupan saat menjadi mahasiswa. Lalu, usai wisuda apakah kamu siap beralih status menjadi fresh graduate?

 

Artikel terkait: Fresh graduate harus baca

  1. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!
  2. 5 Tahap Tes Masuk Kerja dan Persiapannya, Fresh Graduate Wajib Baca!
  3. 7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate

 

Nah kalau kamu merasa tersentil karena belum punya rencana yang jelas usai lulus maka perhatikan beberapa hal berikut ini. Nggak cuma membantu kamu mempersiapkan diri lebih baik menghadapi dunia kerja tetapi juga membuatmu lebih termotivasi. Ayo, coba cek dan lakukan 5 hal ini demi masa depanmu :

1. Update CV

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperbarui CV mu. Kamu bisa menaruh informasi terbaru terkait statusmu yang sudah lulus dengan mencantumkan beberapa informasi seperti; IPK terakhir, status pendidikan, informasi karya tulis, pengalaman organisasi dan prestasi terbarumu.

 

2. Mengikuti kelas magang

Kelas magang selain mengisi waktu luangmu yang sedang mencari pekerjaan yang sesuai, juga dapat menambah skill dan pengalamanmu di dunia kerja. Jika tiba waktunya kamu mendapatkan jenis pekerjaan yang sekiranya cocok, kamu bisa meningkatkan nilai jualmu dengan menceritakan pengalamanmu di kelas magang.

 

3. Membangun relasi

Mendapatkan pekerjaan nggak melulu soal prestasi semasa kuliah, relasi sedikit banyak juga menentukan mudah tidaknya kamu mendapatkan sebuah pekerjaan. Jadi, kalau kamu ingin menganggur tidak terlalu lama setelah lulus, baiknya mulai sekarang mulai rajin-rajin membangun relasi seluas-luasnya.

 

4. Aktif mengikuti workshop dan seminar

Nggak ada salahnya memanfaatkan waktu luangmu untuk meningkatkan soft skill dengan ikut serta di berbagai workshop atau seminar. Selain meningkatkan potensi diri, kamu juga bisa memperluas koneksimu.

 

5. Optimis

Poin ini bukan yang upaya terakhir, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu luangmu saat masih belum dapat pekerjaan. Tapi, apapun yang kamu lakukan, jika tidak diikuti oleh optimisme diri, akan sia-sia. Kamu hanya akan “mengambang” tak kenal arah. Tentukan target-target pribadi, sehingga apapun yang kamu lakukan terstruktur dan tetap sesuai dengan jalur.

 

Artikel terkait: Informasi lainnya untuk fresh graduate

  1. 7 Tips Sukses Kerja meski Profesimu Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah
  2. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
  3. Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Galau Dengan Pilihan Karier di Depan Mata!

 

Itulah lima tips buat kamu yang ingin memanfaatkan waktu saat berstatus fresh graduate, intinya setelah lulus kamu harus sudah tahu potensimu, sehingga kelak meski kamu bingung ingin bekerja “di mana”, kamu sudah memiliki bayangan akan bekerja “sebagai apa”.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA< pinjaman tunai, tunaiku, pinjaman tanpa agunana, pinjaman mudah, amar bank indonesia

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett