Beranda > Karier Sukses > Profesional Muda, Perhatikan 5 Etika Ini saat Harus Meeting

Profesional Muda, Perhatikan 5 Etika Ini saat Harus Meeting

TimotiusTimotius
Profesional Muda, Perhatikan 5 Etika Ini saat Harus Meetingwatermark

TUNAIKU.COM – Meeting atau rapat kerja menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan bersama rekan bisnis,relasi, tim kerja atau pihak-pihak yang terlibat dalam pekerjaan yang kamu lakukan. Dalam agenda ini biasanya membahas rencana kerja, strategi bisnis, hingga evaluasi berlangsungnya bisnis yang dilakukan. Baik menjadi peserta ataupun penyelenggara meeting, pasti kamu  menginginkan semua berjalan lancar dan profesional

 

Artikel terkait: Merasa kurang produktif dalam bekerja, ini penyebabnya!

  1. 5 Langkah Lebih Produktif dalam Bekerja
  2. Bingung Kenapa Sulit Produktif Saat Bekerja? Ini Lho Alasannya
  3. 8 Kebiasaan Ini Bikin Millennial Gampang Stres dan Kurang Produktif

 

Sayangnya, terkadang ada etika yang sering dilupakan saat meeting, seperti apakah diperbolehkan makan dan minum sembari berjalannya meeting? Atau apakah diperbolehkan mengangkat telepon ketika meeting? Jika kamu gagal dalam memahami etika-etika tersebut, kamu akan dinilai tidak profesional oleh rekan kerjamu. Akhirnya, banyak yang meragukan kemampuanmu dan berdampak pada imej serta reputasimu. Ini lho, 5 etika yang wajib kamu lakukan saat meeting berlangsung :

1. Hadir tepat waktu

Usahakan untuk tidak datang terlambat. Terlebih saat klien atau relasi mengundangmu untuk membicarakan bisnis. Datang lebih awal bisa membuatmu untuk merapikan penampilan, mempersiapkan bahan meeting serta sempat menyapa sehingga orang akan terkesan dengan keberadaanmu.

 

2. Perkenalkan diri dengan baik dan berbicaralah dengan lantang

Ketika menghadiri meeting, kamu akan bertemu dengan orang yang kedudukannya lebih tinggi dari padamu. Untuk mengawali meeting, biasakanlah untuk memperkenalkan dirimu kepada orang dengan kedudukan lebih tinggi dahulu, lalu dilanjutkan dengan orang dengan kedudukan sepantar denganmu. Contohnya adalah, “Selamat siang Bapak Direktur X dan rekan-rekan sekalian, saya A selaku staf manajemen perusahaan B.” Jangan lupa juga untuk berbicara dengan lantang dengan volume yang keras. Jika kamu berbicara dengan volume terlalu kecil, peserta meeting yang lain akan mengalami kesulitan memahami materi yang akan kamu bawakan.

3. Mengerti kapan waktu yang tepat untuk bertanya

Dalam mengikuti meeting atau rapat, adanya pertanyaan adalah hal yang sangat wajar. Namun ada etikanya jika kamu ingin bertanya, apalagi jika kamu bertanya kepada orang dengan kedudukan di atas kamu. Kiatnya adalah, jangan bertanya apabila materi belum selesai ditanyakan dan tunggulah sampai orang yang berbicara mempersilahkan untuk bertanya. Ada baiknya juga kamu jangan menyimpan pertanyaanmu untuk ditanyakan pada akhir rapat, karena menuju akhir rapat, semua peserta akan cenderung malas meladeni pertanyaan, apalagi jika poinnya sudah terlewat jauh.

 

4. Simpan ponselmu selama meeting berjalan

Apabila kamu menjadi peserta ataupun penyelenggara meeting, simpanlah ponselmu dalam saku dan jangan menaruhnya di atas meja, apalagi jika kamu lupa mematikan nada dering, lampu notifikasi, dan mode getar. Peserta meeting yang lain akan sangat terganggu dengan bunyi, sinar, dan getaran ponselmu di atas meja. Maka disarankan bagi kamu untuk menaruh ponselmu di dalam saku. Sebisa mungkin, jangan membalas pesan atau menelpon pada saat meeting berjalan kecuali dalam keadaan darurat.

 

Artikel terkait: Sudahkah kamu menemukan pekerjaan yang tepat?

  1. Ajukan 5 Pertanyaan Ini Pada Diri Sendiri untuk Menentukan Karier yang Tepat Bagimu!
  2. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?
  3. Ini Pilihan Karier yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiakmu!

 

5. Bereskan mejamu setelah selesai meeting

Sekarang ini, meeting memang bisa dilakukan di mana saja, bisa dilaksanakan di ruang kantor, kedai kopi, atau bahkan di restoran. Ketika meeting selesai, jangan lupa untuk membereskan meja dan kursimu, apalagi jika meeting dilakukan sambil makan dan minum. Selain itu, buanglah juga sampah pada tempatnya. Hal ini memang sederhana, tetapi sikap ini menunjukkan kamu adalah pribadi yang bertanggung jawab dan rapi.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

4

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett