Beranda > Finansial > Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Investor Tertarik dengan Ide Bisnismu!

Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Investor Tertarik dengan Ide Bisnismu!

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Investor Tertarik dengan Ide Bisnismu!watermark

TUNAIKU.COM – Kembali lagi ke bahasan dunia startup alias Startup 101! Pernah saya bertanya pada teman, apa sih rahasia startup sukses? Dia bilang ada tiga: modal, modal, modal! Hahaha. Yah, walaupun klise, memang benar adanya sih. Tanpa modal finansial, ide brilianmu hanya bisa terwujud di kepala.

 

Selain modal dari kantong sendiri, kamu juga bisa menggaet para calon investor. Buat mereka tertarik dengan ide bisnismu, dengan begitu modal pun akan mengalir.

 

This is not going to be easy, yet possible to do.  

 

Lantas, gimana sih caranya agar investor tertarik dengan ide bisnis kita? Simak ya, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan agar investor tertarik dengan ide bisnismu.

 

1. Sajikan alur presentasi yang gampang dicerna

Kesalahan paling umum para pemula: presentasi yang sukar dipahami. Padahal nih, kamu udah menyiapkan diri untuk presentasi dengan data yang solid. Tetapi ujungnya, kamu gagal bukan karena ide bisnismu buruk, tapi simply karena nggak ada yang bisa memahaminya.

 

Bisa jadi saat presentasi kamu berbelit-belit, bikin bingung dan investor nggak nangkep apa maksud ide bisnismu. Makanya, belajarlah konsep dan flow presentasi yang oke.  Paparan yang to the point dan hook yang tepat.

 

Artikel terkait: Start-up 101

  1. 3 Aspek Finansial yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Startup
  2. 5 Buku Tentang Bisnis Startup Pilihan Pengusaha Startup
  3. Patungan dalam Membangun Bisnis? Perhatikan 5 Hal Ini agar Kesuksesan Bisnismu Terjamin!

2. Jangan terlalu banyak detail angka dan statisik

Masih berkorelasi dengan poin pertama. Terkadang, saking semangatnya dengan ide bisnis, kamu ingin menyajikan semua yang kamu tahu. Akibatnya? Kamu bikin mereka overwhelming karena dihajar begitu banyak informasi.

 

Para investor nggak punya attention span yang cukup panjang untuk mendengar ceramah 40 slide darimu. Sebaiknya, sajikan key point  dan apa yang perlu mereka ketahui.

 

3. Berceritalah

White board dan gawai Bapak dan Ibu investor sudah dijejali cukup banyak statistik dan data-data yang ‘hambar’. Cobalah untuk nggak memberikan mereka hal yang sama.

 

Ketertarikan emosi dan rasa familiar bisa diberikan melalui contoh isu dunia nyata yang sekiranya berkaitan dengan isi pitch-mu. Buat mereka tahu bagaimana bisnismu mampu  memberikan dampak positif secara sosial alih-alih berbicara mengenai profit materi melulu.

 

4. Berjaga-jaga mengenai kemungkinan pertanyaan

Seperti halnya saat presentasi mata kuliah tertentu, kamu pasti harus bersiap jika ada teman yang melempar pertanyaan, kan? Pun saat pitch. Kamu bisa jadi berpikir ceramahmu sudah sangat jelas, tak perlu ada pertanyaan. Tapi, mereka pasti deh pengen tahu lebih jauh  tentang beberapa hal, atau sekadar ingin mengetes seberapa solid sih, business plan yang kamu rancang.

 

So, siap-siaplah. Sebisa mungkin perkirakan daftar pertanyaan yang akan muncul, dan jawabannya. Saat mereka mengetahui betapa memuaskan jawabanmu, well, besar kemungkinan mereka akan terpesona. Ya nggak?

 

Artikel terkait: Tingkatkan kualitas diri dengan cara ini

  1. 6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman
  2. 7 Tips Sukses Presentasi Bisnis di Depan Calon Investor
  3. 7 Tips Sukses dari Michelle Obama yang Sangat Menginspirasi

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit mudha dna cepat, kredit online, ide bisnis, investor

5. Kenali siapa yang menjadi pendengarmu

Sebelum menyiapkan materi presentasi, pastikan dulu bahwa kamu mengenal dengan baik siapa calon investormu. Kepada siapa kamu berbicara, akan mempengaruhi apa yang harus kamu bicarakan.

 

Misalnya, calon investormu adalah Bill Gates. Ya tentunya kamu harus angkat tema mengenai dunia teknologi –karena itu adalah yang ia geluti, atau terkait kegiatan-kegiatan amal yang ia lakukan sebagai seorang filantropi. Karena, dengan begitulah kamu membangun relevansi antara idemu dengan diri seorang Bill Gates. Dan akhirnya, memancing diskusi. Bukan cerita satu arah.

 

Itulah dia 5 cara yang bisa kamu lakukan agar para investor tertarik dengan ide bisnis startup mu. Mampukah kamu melakukannya? Pasti mampulah ya!

 

Semoga di tahun 2018 ini modal startup mu makin melimpah ruah ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett