Beranda > Finansial > 7 Tips Sukses Presentasi Bisnis di Depan Calon Investor

7 Tips Sukses Presentasi Bisnis di Depan Calon Investor

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Tips Sukses Presentasi Bisnis di Depan Calon Investorwatermark

TUNAIKU.COM – Selain pengetahuan dan kemampuan teknis, seorang calon entrepreneur sukses juga harus memiliki keterampilan melobi klien melalui presentasi konsep bisnisnya. Ditambah lagi, saat ini setiap pengusaha startup dituntut untuk pandai menggaet investor demi mewujudkan bisnisnya.

 

Suka merasa deg-degan sebelum presentasi? Wajar, kok; biasanya rasa grogimu akan menghilang dengan sendirinya saat memulai presentasi, apalagi kalau kamu merasa percaya diri, menguasai materi, dan benar-benar menyukai topik yang dipresentasikan.

 

Nah, supaya presentasimu berjalan lancar dan sukses, saya sudah merangkum 7 tips sukses presentasi bisnis di hadapan investor. Siapa tahu kamu ada kesempatan untuk mempraktikkannya!

 

Artikel terkait: Kunci kesuksesan pengusaha muda

  1. Ini Alasan Mengapa ‘Fake It Until You Make It’ Adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan
  2. 5 Pola Pikir Ini Bisa Mengahambat Kesuksesan. Wajib Dihindari!
  3. Jadi Sukses dan Kaya Itu Tidak Mudah dan Instan, Kamu Mesti Melakukan 5 Hal Ini!

 

1. Dress to impress

Kesan pertama memang bukan segalanya. Namun menyoal presentasi di depan calon investor, kalimat tersebut tidak berlaku. Apa yang kamu kenakan pasti akan memengaruhi penilaian investor; oleh karena itu, pastikan kamu mengenakan pakaian yang mencerminkan profesionalitas dan pandangan startup-mu.

 

2. Presentasikan idemu dalam waktu di bawah 10 menit

Timing is everything. Ingat, para calon investor tidak memiliki waktu seharian untuk mendengarkan presentasimu. Itulah kenapa presentasi yang lebih padat biasanya terlihat lebih menarik untuk mereka. Percaya deh, ide yang brilian akan terlihat biasa-biasa saja atau bahkan buruk kalau nggak bisa kamu sampaikan dengan ‘tajam’.

 

3. Berceritalah, alih-alih sekadar presentasi

Metode storytelling terbukti merupakan cara terbaik untuk menarik perhatian pendengar dan membuat presentasimu lebih mudah diingat. Para calon investor umumnya nggak tertarik dengan presentasi yang banjir angka dan data; toh mereka akan memintanya kalau memang perlu. Cerita tentang latar belakang dan falsafah startup-mu justru akan terdengar lebih menarik untuk mereka.

 

Artikel terkait: Nasihat karier untuk generasi millennial

  1. Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu
  2. 5 Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
  3. Buat Para Millennial, Ini 7 Kiat Atasi Stres Akibat Pekerjaan!

 

4. Ajak rekan-rekanmu

Bukan cuma kamu kan, nama besar di balik startup tersebut? Umumnya, investor juga ingin melihat tim marketing mempresentasikan konsep produk, tim teknologi menguraikan teknologi backend yang mendukung konsep pemasaran, atau bahkan video penilaian calon konsumen terkait konsep produk yang kamu tawarkan.

 

5. Jelaskan produk yang ditawarkan

Sajikan penjelasan produk dalam bentuk gambar, bagan, atau bahkan bentuk fisik yang bisa dipegang. Jelaskan pula karakteristik yang membedakan produkmu dengan produk sejenis. Meski langkah ini wajib dilakukan, pastikan kamu tidak mengalokasikan terlalu banyak waktu untuk menyampaikan penjelasan produk. Ingat, calon investor juga perlu mendengar informasi terkait pendanaan yang dibutuhkan, konsep pemasaran, dan lain sebagainya.

 

6. Uraikan konsep atau strategi pemasaran

Tahukah kamu bahwa 90% kesuksesan sebuah bisnis terletak di proses pemasarannya? Nah, jika kamu memiliki konsep atau strategi pemasaran yang unik, jangan ragu menyampaikannya kepada calon investor. Buat mereka terkesan dengan konsep pemasaran yang matang! Yang terpenting, jangan lupa menyertakan strategi pemasaran online juga, ya.

 

7. Jelaskan mekanisme pengembalian modal

Ingat, setiap investor rela menanamkan modal karena ingin mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, tutup presentasimu dengan menjelaskan mekanisme pengembalian modal yang menguntungkan bagi investor.

 

ajukan pinjaman

 

 

 

 

Nah, itulah 7 tips sukses presentasi bisnis di hadapan calon investor yang layak kamu terapkan. Sudah siap mengembangkan konsep bisnismu?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett