Beranda > Karier Sukses > Tertarik Jadi Content Creator? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

Tertarik Jadi Content Creator? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

dhandyDhandy
Tertarik Jadi Content Creator? Coba Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak jenis-jenis pekerjaan baru yang bermunculan akhir-akhir ini. Pekerjaan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Seperti contoh, Search Engine Optimization (SEO) Specialist, Talent Management Coordinator, Content Creator, Manajer Media Sosial, dan masih banyak jenis pekerjaan baru lainnya.

 

Belakangan ini, jenis-jenis pekerjaan tersebut ternyata sedang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Hal ini dikarenakan semua perusahaan ingin mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Tapi, selain pekerjaan yang ada di bawah naungan perusahaan, ternyata ada juga lho pekerjaan yang bisa dikerjakan secara individu.

 

Salah satu jenis pekerjaan tersebut adalah content creator.  Apa dan siapa sih content creator?

 

Apa dan siapa sih content creator?

 

Content creator adalah sebutan untuk para pembuat karya atau konten kreatif yang dibuat untuk disebarkan secara meluas.  Konten yang dibuat bisa berupa video, blog, ataupun unggahan yang bersifat berita atau cerita yang ingin disampaikan kepada audiencenya.

 

Konten yang mereka buat dapat disebarkan melalui media yang bisa diakses dengan internet, seperti Instagram, YouTube, Blog, Facebook, Twitter, dan beberapa platform lainnya. Oleh karena itu, konten yang dibuat nantinya bisa dikonsumsi oleh banyak orang. Alhasil, dari konten yang sudah dibaca atau ditonton, para content creator akan mendapatkan pundi-pundi uang yang cukup menjanjikan.

 

Seorang content creator sudah seharusnya membuat konten yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Bisa juga menghibur, memberi wawasan ataupun memberi inspirasi agar bisa menjadi motivasi bagi orang lain. Walaupun, tidak semua content creator akan membuat hal yang demikian.

 

Artikel Terkait: Buat Kamu Para Penggiat Kreatif!

  1. 5 Tips Life Changing Lesson ala Neil Gaiman yang Bikin Sukses Pekerja Industri Kreatif
  2. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif
  3. 5 Inspirasi CV Super Kreatif yang Bikin HRD Melirikmu!

 

Era Industri Kreatif

 

Era dunia industi kreatif seperti hari ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi content creator. Alasan mereka memutuskan untuk memilih menjadi content creator sebagai jalan karirnya adalah supaya bisa bekerja dengan sesuai minat, hobi dan passion. Oleh karena itu, mereka bisa menekuni dan menjalankannya dengan sepenuh hati.

 

Sebagai contoh, kisah kesuksesan dari content creator adalah sosok Atta Halilintar. Ia adalah salah seorang pembuat konten di platform YouTube, yang sudah memiliki subscriber sebanyak lebih dari 11 juta. Wow! Angka yang luar biasa ya! Dari angka tersebut, menjadikan dirinya sebagai orang pertama di Asia Tenggara yang memiliki jumlah subscriber sebanyak 11 juta.

 

Dengan jumlah subscriber seperti itu, bisa dibayangkan berapa jumlah pendapatan yang dapat ia peroleh setiap harinya. Pasti mencapai angka yang luar biasa.

 

Namun, sebagai content creator bukan hanya sekadar menjadi terkenal dan memperoleh pundi-pundi uang yang banyak, tapi seharusnya lebih ke tanggung jawab yang dipegang sebagai seorang influencer dalam menghasilkan karya yang bernilai dan bermanfaat. Tanggung jawab moral dan sosial seharusnya lebih besar dibanding sekadar mencari uang sebanyak-banyaknya.

 

Maka dari itu, seorang content creator harus memiliki perencanaan dan manajemen yang baik sebelum menghasilkan sebuah konten. Nah, berikut adalah langkah-langkah buat kamu yang ingin mencoba menjadi seorang content creator.

 

1. Jadi diri sendiri

 

Sebelum memulai langkah-langkah dalam membuat konten, kamu harus mulai dari menjadi diri sendiri. Boleh saja kamu terinspirasi dengan orang lain, namun kamu harus tetap menjadi diri sendiri. Kenapa? Karena kamu harus bisa menunjukkan sisi unikmu dan juga menjadi pembeda dengan content creator lainnya.

 

Selain itu, ketika kamu mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat dan hatimu, apapun hasilnya pasti akan timbul rasa puas dalam diri.

 

2. Tetapkan goals dan rules

 

Setelah mengukuhkan niat, langkah selanjutnya adalah tetapkan goals pribadimu. Goal ini dibuat sebagai bahan motivasi dan pemacu agar bisa menciptakan konten-konten kreatif yang bisa dinikmati oleh orang banyak.

 

Seiring dengan menetapkan goals, kamu juga harus menentukan prinsip diri. Apa maksudnya? Kamu harus buat batasan-batasan dalam membuat konten. Misalnya, kamu berjanji tidak akan membuat konten yang berisikan Hoax atau Negative content.

 

3. Tentukan kalangan audience-mu

 

Sebagai content creator, kamu harus menguatkan karakter konten yang akan dibuat secara spesifik. Dengan mengetahui konten apa yang akan dibuat, kamu akan tau juga siapa audience sasaranmu.

 

Hal ini bertujuan untuk melihat tren yang sedang berjalan. Alhasil, kamu bisa mengevaluasi konten-konten yang sudah kamu buat. Jadi, kamu akan bisa berkembang dan jauh lebih baik di hari kemudian.

 

4. Tentukan platformnya

 

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu pakai, seperti Instagram, YouTube, Blog, Twitter, Facebook dan media lainnya. Kamu harus sesuaikan dengan minat dan kemampuanmu. Jika kamu suka dalam membuat video, kamu bisa menggunakan YouTube sebagai pilihanmu. Atau, jika kamu hanya ingin platform yang lebih sederhana, kamu bisa menggunakan Instagram, Twitter atau Facebook sebagai pilihanmu.

 

Tapi, bisa juga kamu menggunakan lebih dari satu platform. Hal ini dapat membantumu untuk lebih mudah menyerap banyak calon penonton atau pembaca kontenmu.

 

5. Rencanakan kontenmu secara rinci

 

Kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal konten. Jadwal ini akan berisikan konten apa saja yang akan kamu buat di beberapa waktu ke depan. Selain itu, jadwal juga membantu agar kontenmu tidak membuat bosan para pembaca atau penontonnya.

 

Setelah itu, kamu buat rincian per kontennya. Sebuah konten harus direncanakan dengan sangat baik, supaya konten tersebut dapat menyampaikan pesannya dengan baik. Mulai dari konsep, tema, topik, script, bridging, dan rincian lainnya.

 

Dengan kontenmu yang sudah terinci, kamu tidak akan kebingungan nanti saat produksi konten tersebut.

 

Artikel Terkait: Buat Kamu Pecinta Kopi dan Fotografi!

  1. 7 Cafe Instagramable di Makassar yang Wajib Kamu Kunjungi!
  2. 7 Coffee Shop Instagramable di Jakarta yang Cocok bagi Penggemar Selfie
  3. 7 Cafe Instagramable di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

 

6. Siapkan peralatannya!

 

Kamu bisa menggunakan peralatan yang sudah dimiliki sebelumnya. Misalnya, untuk mengambil gambar atau video, kamu bisa menggunakan gawaimu atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit video yang bisa diunduh secara cuma-cuma. Nanti, jika kanalmu sudah semakin berkembang, barulah kamu upgrade gear untuk membuat konten.

 

Semua butuh proses, guys! Yang penting adalah keseriusanmu dalam membuat konten. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan belajar ke arah yang lebih profesional. Setelah itu kamu bisa menggunakan peralatan yang lebih profesional juga.
Langkah-langkah tadi bisa kamu coba untuk memulai meniti karir sebagai content creator. Jangan pernah puas, selalu ingin belajar, dan jangan malu untuk bertanya pada yang lebih profesional.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett