Beranda > Karier Sukses > Sukses Berbisnis Makrame, Ini Kisah Widiartati Hasilkan Pundi-pundi Uang Lewat Hobi

Sukses Berbisnis Makrame, Ini Kisah Widiartati Hasilkan Pundi-pundi Uang Lewat Hobi

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Sukses Berbisnis Makrame, Ini Kisah Widiartati Hasilkan Pundi-pundi Uang Lewat Hobiwatermark

TUNAIKU.COM – Semasa SMP dulu, saya kira hobi menulis hanya bisa dijadikan hiburan semata. Nggak terpikir kalau hobi ini akan menghasilkan uang dan membuat saya bisa traveling. Jadi, niat awal mengasah hobi ini semata untuk menghilangkan kepenatan dari tugas sekolah. Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata hobi ini mendatangkan pundi-pundi Rupiah bila disalurkan dengan cara yang tepat.

 

Nyatanya, nggak hanya saya saja yang bisa menghasilkan uang lewat hobi menulis. Beberapa teman dekat juga bisa memiliki pendapatan dari hobinya seperti membuat tas rajut, menari, dan lain sebagainya. Bahkan, belum lama ini saya membaca sebuah artikel tentang makrame yang beberapa tahun terakhir ini viral. Pembuatnya yang kini kebanjiran untung adalah Widiartati.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Hobi

  1. Ternyata Hobi Dandan dapat Memberikan Dampak Positif untukmu, Lho!
  2. Kenalan dengan 7 Selebriti Kaya yang Dermawan dan Hobi Bagi-bagi Uang
  3. Selain Dapat Menghilangkan Stres, Berikut 10 Manfaat dari Hobi Traveling!

 

Makin ke sini, kerajinan tangan bernama makrame memang jadi hits. Mungkin kamu masih ingat kalau dulu generasi 90an terbiasa membuat gelang tali warna-warni. Nah, itu juga termasuk dalam jenis makrame. Hanya saja, di zaman yang semakin modern ini makrame nggak hanya berbentuk gelang, tapi juga hiasan dan barang-barang lucu lainnya. Jangan salah, karya yang membutuhkan keahlian dan ketelitian ini bernilai jual tinggi, lho. Nggak heran kalau orang yang berbisis lewat hand made ini bisa mendulang kesuksesan.

 

Kedatangan di Indonesia

Sebenarnya makrame sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015. Namun, hits-nya kerajinan ini baru pada tahun 2018. Saat itu, sedang ada Bohemian style yang mana salah satu elemennya adalah makrame. Mulai saat itu makrame pun naik daun.

 

Dalam perkembangannya di Indonesia, makrame menjadi beragam bentuk. Ada di antaranya sarung bantal, backdrop wedding, pembatas ruangan, kap lampu, gantungan pot, dan lain sebagianya. 

 

Awal mula Widiartati berkenalan dengan makrame

Dalam pembuatan makrame, sebenarnya bahan yang dibutuhkan hanyalah tali panjang. Lalu untuk hasil tertentu seperti gantungan pot dibutuhkan tali yang lebih kuat karena akan digunakan untuk menahan beban. Jadi, tali yang dibutuhkan tergantung barang yang ingin dibuat. Namun, tetap saja makrame dihargai mahal. Dari sana Widiartati mulai penasaran.

 

Pertama-tama Widiartati pun belajar melalui Youtube. Secara autodidak dia belajar membuat makrame pertamanya menggunakan tali pramuka bekas yang dipotong-potong sembari melihat tutorial di Youtube. Dari sanalah makrame pertamanya jadi dan makin membuatnya bersemangat.

 

Artikel Terkait: Sukses Lewat Youtube

  1. Belajar Sukses dari 10 Aktivitas yang Rutin Dilakukan oleh Youtuber GitSav
  2. Atta Halilintar: Kaya dari Nge-Vlog di YouTube
  3. Fenomena Artis Televisi yang Mulai Menjamah Dunia YouTube

 

Kegagalan pasti ada. Apalagi kalau saat membuatnya Widiartati mulai lupa simpul. Hasil pun nggak seperti yang diharapkan. Namun, biar bagaimanapun, makrame harus tetap jadi. Jadi, dia pun menyelesaikan apa pun hasilnya.

 

Selanjutnya kemampuan ini pun nggak hanya berhenti di dirinya. Selama 1.5 tahun dia mulai mengajar makrame. Dari sana dia makin jago dan nggak mudah lupa. Bahwa untuk menguasai simpul-menyimpul memang diperlukan kebiasaan menyimpul hingga tangan pun akan hafal dengan sendirinya alias di luar kepala.

 

Mulai dipasarkan

Terjunnya Widiartati di bisnis makrame ini juga nggak sengaja. Awalnya dia mendapat pesanan dari seorang teman. Widiartati pun membuatkan dan nggak lupa memfoto hasil karyanya. Karena lucu, dia pun mengunggah di Instagram. Nggak sia-sia, dia pun mendapat pesanan makrame dari seorang selebram.

 

Singkat cerita selebgram tadi juga mengunggah di Instagram. Akhirnya makrame Widiartati pun booming di saat harga masih tinggi-tingginya. Well, dari sini kita semua bisa belajar bahwa kesuksesan itu datang dari hal yang nggak terduga. Kuncinya kita peka melihat peluang dan tekun untuk memaksimalkan hasilnya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini! 

 

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett