Beranda > Karier Sukses > 6 Pilihan Sekolah Bulutangkis Terbaik di Bandung

6 Pilihan Sekolah Bulutangkis Terbaik di Bandung

Artikel ini ditulis oleh:
6 Pilihan Sekolah Bulutangkis Terbaik di Bandungwatermark

TUNAIKU.COM – Dalam kejuaraan nasional hingga internasional, pebulutangkis asal Bandung selalu menghiasi daftar. Saya masih ingat ketika Taufik Hidayat melenggang dan jadi juara di mana-mana. Begitu pula dengan Susy Susanti, Nara Sudjana, dan lainnya. Berkat konsistensi beberapa sekolah bulutangkis di Bandung ini, tradisi tersebut terus ada hingga sekarang.

Artikel terkait: mau kuliah kedokteran di Singapura? Simak ini dulu

  1. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?
  2. Mengenal Lebih Dekat Sistem Perkuliahan di Singapura
  3. Ingin Kuliah Kedokteran di Singapura? Ini Perkiraan Biayanya!

1. PB Mutiara Cardinal

Sekolah bulutangkis ini terbilang rajin dalam menjaring bibit-bibit muda. Enggak tanggung-tanggung, para peserta yang berhasil memenuhi syarat, bisa-bisa belajar secara gratis. Beberapa atlet yang masuk pelatnas dari Mutiara Cardinal antara lain Hera Desi, Tiara Rosalina Nuraidah, dan lainnya. Di pelatnas, kontribusi klub ini sudah enggak asing lagi.

Alamat Mutiara Cardinal ada di Jl. Babakan Cibeureum No. 55, Campaka, Andir, Bandung. Dulu, saat masih tahun 1950-an bernama Klub Blue White. Baru diganti pada tanggal 7 Juli 1967. Mutiara Cardinal memiliki 16 lapangan untuk latihan. Tersedia pula asrama untuk putra & putri, kantin, serta ruangan fitnes untuk pengembangan dan kebugaran badan.

2. HBC Cibaduyut

Sekolah ini beralamatkan di GOR Sekolah Persis Cibedug, Cangkuang Wetan, Bandung. Jadwal latihan untuk hari Minggu diadakan pada pukul 13.30 hingga 18.00. Sedangkan untuk hari Kamis, dimulai jam 14.00 hingga 19.00. Kadang-kadang latihannya enggak di GOR Sekolah Persis, tetapi di GOR Cibogo.

3. Sekolah Badminton BBR

Program latihan bulutangkis di sekolah ini cukup unik. Dalam sepekan, bisa latihan 6 atau 8 kali. Paling enggak ada 24 kali latihan selama sebulan. Program tersebut dirancang agar kualitas teknik maupun kondisi fisik tetap terjaga. Soalnya sekolah ini selalu menargetkan prestasi dalam ajang lomba yang digelar di Kota Kembang.

Program tersebut dipandu langsung oleh pelatih profesional yang sudah malang-melintang di perbulutangkisan nasional. Sekolah ini menerima anak di usia dini (9 tahunan) hingga Dewasa. Setiap kali ada perlombaan berskala nasional, sekolah bulutangkis di Bandung ini kerapkali mengadakan lomba internal. Hadiahnya berkisar 15 Dolar hingga puluhan Dolar.

CTABARU4

Mobile Site CTA

4. Sekolah Bulutangkis Ivana

Alamat sekolah ini mudah sekali ditemukan, yakni ada di Jl. Kawaluyaan No. 11, Bandung. Kelasnya dibagi menjadi 2, antara lain kelas untuk pemula dan kelas untuk lebih intensif. Jadwal latihan kelas pemula dimulai jam 14.30 hingga 17.00 di hari Senin, Kamis, Jum’at, dan Sabtu. Sedangkan untuk kelas intensif jadwalnya beda.

5. SGS PLN

Saat ini, SGS (Sangkuriang Graha Sarana) PLN memiliki pusat pelatihan di Taufik Hidayat Arena. Sedangkan Taufik Hidayat Arena sendiri merupakan bentukan dari sang maestro Taufik Hidayat. Lokasinya di Jakarta. Tapi pelatihan serta pembinaan awal tetap berada di Bandung. Kolaborasi tersebut diadakan agar bintang bulutangkis lebih mudah terasah.

SGS PLN sudah berdiri cukup lama, yakni pada tahun 1987. Sekolah ini sudah melahirkan beberapa bintang seperti Fajar Alfian, Richi Puspita Dili, dan Anthony Sinisuka Ginting. Pada tahun 2011 pernah menjuarai Djarum Superliga Badminton. Klub ini hanya diperuntukkan bagi anak usia 10-15 tahun untuk pematangan teknik dan mental.

Artikel terkait: persiapkan hal ini dulu sebelum kuliah di Jepang

  1. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?
  2. Rekomendasi 5 Tempat Les Bahasa Jepang Terbaik di Jakarta
  3. Tertarik Kuliah di Jepang? Kenali Sistem Pendidikan dan Cek Persiapannya

 

6. BM 77 Club Bandung

Alamat sekolah ini ada di Jl. Pasir Layung Selatan No. 7-9, Cibeunying Kidul, Bandung. Sekolah ini didirikan oleh mantan pelatih timnas pelatnas bernama Tahir Djide. Lebih dari 400 anak mengasah bakat di sekolah ini. Murid yang diterima antara umur 6 hingga 14 tahun. Beliau percaya, bahwa usia dini merupakan usia emas untuk membentuk bakat mereka.

Nama besar para atlet terkenal Tanah Air asal Bandung enggak didapat dengan sendirinya. Mereka mulai latihan di berbagai sekolah bulutangkis di Bandung. Kemudian mengasah bakatnya lagi di tempat lain, misalnya Jakarta atau dapat beasiswa PB Djarum. Barulah ketika berprestasi secara nasional, kemungkinan besar diikutkan pelatnas.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett