Beranda > Karier Sukses > Sadari 5 Hal ini Kalau Merasa Kariermu Tertinggal dari Teman

Sadari 5 Hal ini Kalau Merasa Kariermu Tertinggal dari Teman

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Sadari 5 Hal ini Kalau Merasa Kariermu Tertinggal dari Temanwatermark

TUNAIKU.COM – Saat memulai pekerjaan dulu, kamu mungkin memiliki cita-cita. Karier yang melesat, promosi yang tak berkesudahan, hingga kesuksesan yang ditandai dengan gaji besar dan aset yang banyak. Hal-hal seperti ini tentu saja nggak lepas dari obrolan dari teman sekantor atau teman sekampus dulu.

 

Akan tetapi, bagaimana kalau cita-citamu nggak berjalan semulus yang kamu kira? Bukannya nggak mungkin, karier teman sepantaran terlihat lebih maju dari kamu. Kamu masih sibuk melunasi KPR, eh dia udah beli apartemen untuk investasi. Dari sini, perasaan minder bisa menghuni pikiranmu. Lalu, mulailah kamu membandingkan dirimu dengan teman sepantaranmu. Kamu mulai merasa tertinggal dan nggak berarti.

 

Walau hal seperti itu umum terjadi, percayalah memenuhi ruang pikiranmu dengan negativitas nggak ada gunanya juga. Sebaliknya ada beberapa hal yang perlu kamu sadari saat pikiran semacam ini hinggap. Simak yuk.

 

Artikel Terkait: Sukses di umur 30an? Siapa takut!

  1. 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30an
  2. Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30an
  3. Work Skill yang Harus Dimiliki Perempuan 20 Tahun Agar Sukses di Usia 30 Tahun

 

1. Setiap orang memiliki perjalanan karier yang berbeda

Timeline setiap orang berbeda. Kamu nggak bisa menyamakan diri kamu dengan temanmu yang lain, terutama bila kalian beda profesi. Ada orang yang sudah tahu jelas ingin jadi dokter bedah sejak SD, dan ada pula yang baru menemukan minat dan kariernya saat memasuki usia 30 tahun. Intinya segala hal yang kamu jalani dalam berbagai tahap hingga tiba di tahap sekarang adalah pengalaman yang membentuk kepribadianmu jadi unik. Jadi, jangan lupa untuk bersyukur ya!

 

2. Nggak semua orang ingin hal yang sama

Salah satu pertanyaan umum yang dilontarkan orang-orang, termasuk keluarga, saat lulus kuliah adalah: “Kapan menikah?” Pertanyaan ini seolah-olah menyamaratakan bahwa semua orang itu cita-citanya pengen nikah dan punya anak. Padahal kan tiap orang punya aspirasi sendiri. Padahal bisa saja saat ini kamu sibuk untuk mengejar cita-cita atau bersiap-siap kuliah S2. Ingat ya, jangan terbawa arus dan terpengaruh. Do what makes you happy! Karena hidupmu kamu yang tentukan.

 

3. Kamu tetap sukses kok!

Ketika nggak berhasil mendapat pekerjaan impian, kamu boleh saja merasa sedih. Merasa gagal juga boleh, tapi jangan berlarut-larut. Ingatlah bahwa kamu juga sudah mencapai beberapa kesuksesan dalam hidup kamu. Apakah itu titel pendidikan sarjana ataupun tabungan yang kamu himpun sejak kuliah. Kamu tetap pribadi yang sukses dan memiliki potensi untuk mencapai sukses lainnya.

 

4. Selalu ada waktu

Umur 20an biasanya digadang-gadang sebagai umur produktif untuk mencapai sesuatu. Di sini kamu berlomba dengan yang lain untuk membeli rumah atau mobil serta mendapatkan pekerjaan impian. Ketika belum memiliki itu semua, kamu jangan lantas mundur. Ingatlah, kamu itu masih muda. Masih ada waktu di depan untuk mencapai mimpi dan cita-cita. Banyak kok orang yang menemui kesuksesan saat umur 30 atau 40. Yang penting, berusaha terus.

 

Artikel Terkait: Mengenali berbagai jenis tabungan.

  1. Yuk, Kenali Beragam Jenis Tabungan di Bank
  2. Syarat dan Manfaat dari Tabungan Emas, Wajib Tahu!
  3. Apa Sih Tabungan Online? Yuk Kenali Lebih Dekat Lagi

 

5. Membandingkan itu nggak baik

Menurut saya, salah satu hal paling toxic yang bisa kamu lakukan pada diri kamu sendiri adalah membandingkan dirimu dengan orang lain. Sebab, kamu itu nggak sama dengan yang lain. Kamu punya aspirasi, mimpi, serta jalur karier sendiri. Jadi, hidup dan tantangan yang kamu jalani itu berbeda sama sekali. Jadi nggak adil kalau membandingkan diri dan berharap jalur hidupmu sama dengan yang lain. Sebaliknya, jadikan kesuksesan orang lain sebagai inspirasi dan motivasi. Namun, selalu ingat kamu punya hidup dan perjalananmu sendiri.

 

Menyadari hal-hal di atas itu bagian dari proses pendewasaan diri. Semuanya harus dimulai dari diri kamu sendiri. Semangat!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett