Beranda > Karier Sukses > Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Sering Lupa Sehingga Mengganggu Pekerjaan

Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Sering Lupa Sehingga Mengganggu Pekerjaan

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Sering Lupa Sehingga Mengganggu Pekerjaanwatermark

TUNAIKU.COM – Lupa merupakan sikap ketidaksengajaan yang sulit kita hindari. Hal ini wajar, bayangkan dalam sehari kita bisa mengingat banyak kejadian. Akibatnya, kamu pun juga melupakan detail-detail informasi yang sebenarnya harus kamu ingat. Kalau sudah demikian, tentu kamu bakal menyesal. Belum lagi rekan kerja dan atasanmu yang mungkin saja akan kecewa karena melupakan sesuatu yang penting.

 

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan kapasitas dan cara kerja memorimu, agar bisa mengingat banyak hal dengan mudah.

 

Artikel terkait: Inspirasi sukses yang patut ditiru!

  1. 6 Atlet Wanita Terbaik Indonesia Sepanjang Masa, Siapa Saja?
  2. Deretan Wanita Inspiratif dan Keren dengan IQ Tertinggi di Dunia
  3. Intip Suksesnya Bos Amazon, Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia Saat Ini

 

1. Memanfaatkan seluruh indera

Otak bisa lebih mudah mengingat ketika semua inderamu ikut merasakan kejadian dan menerima informasi. Andaikan kamu sedang berkenalan dengan seseorang. Usahakan untuk berjabat tangan, kemudian sering sebut namanya saat kamu berbicara dengannya. Kalau dia menggunakan pewangi badan, kamu juga bisa mengingatnya melalui aroma parfumnya.

 

2. Atur penyimpanan memori

Otak lebih menyukai sesuatu yang teratur. Misalnya buku, ia terdiri dari beberapa bab dan sub bab. Dengan mengatur berbagai hal ke dalam beberapa kategori dan diurutkan, kamu bisa dengan mudah mengingat banyak hal. Kamu pun bisa menarik kembali memori tersebut dengan mudah saat dibutuhkan.

 

3. Berbagi informasi dengan orang lain

Kamu tentu sudah tahu otak memiliki kapasitas untuk menampung memori. Kalau kamu punya informasi penting segera bagikan kepada orang lain. Misalnya, minggu depan kamu akan ada acara meeting dengan klien. Kamu bisa ceritakan terkait apa saja yang harus kamu siapkan intuk meeting tersebut.

 

4. Dengarkan musik

Saat kamu sedang mempelajari sesuatu yang baru. Baiknya saat mengerjakan kamu putar alunan musik. Lagu-lagu yang kamu dengar akan menjadi pengingat tentang apa saja yang sudah kamu pelajari. Selain itu, bisa juga jadi petunjuk agar kamu berusaha mengingat-ingat informasi tersebut.

 

2

 

Mobile Site CTA

5. Kurangi penyebab stres

Penyebab dari sifat pelupamu salah satunya adalah otakmu yang enggak fokus dan konsentrasi yang berkurang. Pemicunya bisa datang dari rasa stres, tekanan, dan kegelisahan yang terlampau sering. Nah, usahakan untuk mengurangi hal semacam ini. Perasaan-perasaan demikian berpotensi mengacaukan sistem otakmu yang tadinya tertata rapi. Oleh sebab itu, ketika kamu dihadapkan oleh tantangan besar, jangan terlalu dianggap pusing karena ini bisa mengurangi kinerja otakmu.

 

6. Tidur dan istirahat cukup

Ini seringkali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal tidur dan istirahat minimal 8 jam sehari mampu meningkatkan kapasitas memorimu lho. Saat kamu tidur, ada proses pemindahan informasi jangka pendek ke dalam memori jangka panjang.

 

7. Beraktivitas dan olahraga fisik

Olahraga yang enggak teratur akan menyebabkan plak dan bakteri menempel pada arterimu. Alhasil, berbagai nutrisi yang penting dalam otakmu enggak bisa terpompa ke dalam otak. Kejadian ini bisa menyebabkan menurunnya fungsi otak.

 

Meningkatkan kapasitas memori secara enggak langsung juga meningkatkan kapasitas kinerja. Supaya produktivitasmu enggak terganggu, jangan ragu untuk lakukan trik di atas ya.

 

Artikel terkait: kembangkan soft skill agar karir sukses dengan cara berikut

  1. Jurus Mengenal dan Memahami Orang Lain di Lingkungan Kantor
  2. Manfaat “Me Time” bagi Perkembangan Karier di Kantor
  3. Kantor Didominasi Pria, Ini Tips Agar Perempuan Bisa Sukses Jadi Pemimpin

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett