Beranda > Karier Sukses > Manfaat “Me Time” bagi Perkembangan Karier di Kantor

Manfaat “Me Time” bagi Perkembangan Karier di Kantor

TUNAIKU
Manfaat “Me Time” bagi Perkembangan Karier di Kantorwatermark

TUNAIKU.COM-Saat kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor, pasti ada saja yang bisa bikin pikiran stres. Kalau sudah pada titik itu, saya rasa kamu perlu me time atau waktu khusus untuk melakukan hal apa pun sendirian yang kamu sukai. Aktivitas tersebut bertujuan untuk menjaga jarak antara pikiran dengan hal-hal yang menyibukkan di kantor. Selain itu, apa lagi sih, manfaat me time?

 

Artikel terkait: tips untuk menghadapi teman dari berbagai latar belakang saat di kantor

  1. Bos dan Teman Kantormu Bipolar? Ini Ciri dan Cara Menghadapinya!
  2. Tips Berteman Sehat Meski Sedang Bersaing di Kantor
  3. Tunjukkan Sikap Ini saat Teman Menjadi Atasanmu di Kantor

 

Mampu me-reset pikiran hingga kembali ke semula

Fungsi reset pada pikiran itu kurang lebih sama dengan reset yang ada di perangkat elektronik. Sebut saja smartphone. Kadangkala gara-gara terlalu banyak aktivitas yang dilakukan, tiba-tiba layar HP blank atau serba-putih. Semuanya macet. Akhirnya enggak bisa digunakan untuk ngapa-ngapain. Salah satu solusinya dengan menekan tombol reset.

 

Ketika smartphone mu hidup kembali, biasanya sudah berfungsi secara normal kembali. Begitu pula yang ada pada pikiran kita. Saat pikiran stres oleh hari-hari melelahkan di kantor, maka dengan menyendiri lebih baik. Katakanlah diisi dengan meditasi agar pikiran dan jiwa seimbang kembali. Praktik ini enggak membutuhkan biaya, tetapi butuh konsentrasi pada rasa tenang.

 

Agar bisa merasa lebih hidup daripada sebelumnya

Dengan melakukan berbagai aktivitas sendirian, rupanya bisa membuat jiwa terasa lebih hidup daripada sebelumnya. Misal dengan cara jalan-jalan ke kawasan hutan pinus di pagi hari. Selain segar, mata yang sehari-hari berhadapan dengan komputer pun seakan memiliki kehidupan baru. Lihatlah pohon yang menjulang itu, burung-burung, dan sebagainya.

 

Merasa lebih hidup, bukan? Oleh karena itu, saat hari libur harap jangan di rumah saja. Cobalah untuk keluar ke tempat seperti itu. Bisa pula dengan memancing atau melihat-lihat padi di hamparan sawah yang hijau. Kemudian hirup udaranya. Segar, bukan? Ini yang saya maksud dengan merasa lebih hidup.

 

Mampu mengeratkan hubungan dan tali persaudaraan

Acapkali, ketika pikiran stres dan serba-ruwet, segala aktivitas jadi terasa serba salah. Termasuk saat bertemu dengan pasangan sendiri. Hari-hari yang seharusnya dijalani dengan bahagia, malah berantakan. Inilah manfaat me time yang cukup penting. Untuk mengeratkan hubungan asmara, tentu dibutuhkan jiwa yang tenang.

 

Apalagi kalau dengan saudara atau kerabat. Jangan sampai deh pecah gara-gara kamu memiliki masalah internal. Bagaimana pun, mereka itu enggak seharusnya dilibatkan ke dalam masalahmu. Jadi, pecahkan dulu masalah yang ada pada diri sendiri. Barulah menemui mereka. Luangkan waktu untuk diri sendiri, isi dengan perenungan dan penghayatan.

 

Agar punya waktu khusus untuk merenungi diri sendiri

Selamanya, waktu bakal selalu sibuk kalau hanya digunakan untuk mengeluhkan hal-hal yang menjengkelkan di kantor. Lepaskan semuanya dengan cara yang paling kamu sukai. Salah satunya dengan rutin mengambil waktu luang untuk merenungi diri sendiri. Memang pada awalnya harus dipaksa, tapi lama-lama juga terbiasa kok.

 

Perenungan yang mendalam akan membawa jiwa lebih tenang daripada sebelumnya. Hampir semua masalah bakal terpecahkan ketika sudah merenungi diri sendiri. Soalnya pada saat itu, kamu akan menemukan kejujuran terdalam di hatimu. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar hidup yang kamu jalani semakin baik dari hari ke hari.

 

Artikel terkait: tips untuk memperluas networking untuk kembangkan karier

  1. Contek 6 Cara Jitu Manfaatkan Event untuk Memperluas Networking
  2. 5 Kesalahan yang Merusak Networking, Wajib Hindari dan Jadi Catatan!
  3. Baru Lulus, Terapkan Hal Ini supaya Karier Cemerlang

 

Bisa bikin kamu lebih produktif

Dari dulu saya yakin, bahwa akar dari produktif itu adalah pikiran yang tenang. Ketenangan semacam ini hanya bisa dicapai lewat perenungan atau kontemplasi, penghayatan pada hidup, serta menjernihkan pikiran dengan aktivitas solo. Yakin deh. Ketika di kantor, kamu bakal lebih cepat menguasai materi. Tugas-tugas pun lebih mudah diselesaikan daripada yang lain.

 

Itulah manfaat me time yang saya tahu. Kebutuhan materi memang wajib ditunaikan dengan cara bekerja segiat-giatnya di kantor. Namun, jangan lupakan kebutuhan rohanimu. Untuk mencapainya, tentu enggak boleh melibatkan pikiran stres, penuh emosi, dan pikiran negatif lainnya. Semuanya harus serba netral untuk mencapai keseimbangan dalam hidup.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett