SWARA – Hari pertama masuk kerja selalu diliputi semangat tapi juga mendebarkan. Setelah melalui serangkaian tes dan wawancara, tentu kamu ingin tampil maksimal. Konon, impresi pertama juga penting di hari kerja dan berpengaruh pada hari-hari selanjutnya di kantor.

 

Karena itu kamu butuh mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah tujuh tips yang bisa memandu kamu untuk menghadapi hari pertama kerja!

 

1. On time!

Hari pertama akan menjadi tolak ukur performa kamu di tempat kerja. Karena itu kamu harus datang tepat waktu, minimal datanglah 15-30 menit lebih awal. Pastikan kamu menghitung estimasi waktu, terutama bila kamu melalui jalur macet.

 

2. Persiapkan diri dan kebutuhan malam sebelumnya

Penting untuk mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan pada hari pertama kerja pada malam sebelumnya. Hal ini penting supaya kamu nggak panik dan terlambat esok harinya. Pastikan kamu mendaftar semua barang yang kamu butuhkan. Usahakan juga tidur lebih awal.

 

Artikel Terkait: Menjaga Kesehatan Mental Saat Bekerja Itu Penting 

  1. 10 Cara Bebas Stres dari Pekerjaan, Yuk Cari Tahu!
  2. 4 Cara Cerdas Perbaiki Hubungan dengan Rekan Kerja! Nggak Baik Lho Musuhan Terlalu Lama
  3. Cek, Sudah Bermental Kuatkah Kamu? Kenali Tanda-tandanya!

 

3. Membawa bekal makan siang

Membawa bekal makan siang juga penting, supaya kamu terhindar dari kebingungan mau makan siang di mana. Namun, namanya pergaulan kantor pasti beda, ya. Jadi, kalau ada yang ngajak makan siang, terimalah. Supaya kamu mulai interaksi dan mengakrabkan diri dengan rekan kerja.

 

4. Berpenampilan rapi

Dress for success artinya kamu berdandan dengan baik. Jangan sampai hari pertama kamu terlihat berantakan dan nggak profesional, lho. Pastikan kamu mengetahui dresscode di kantor baru, dan ikutilah dresscode itu. Namun, intinya, kamu harus tetap rapi dan sopan untuk memberi kesan yang baik.

 

5. Malu bertanya sesat di jalan

Jangan sekali-kali malu bertanya. Justru di hari pertama kerja, kamu harus banyak bertanya tentang berbagai macam hal mengenai kantor baru. Pihak HRD biasanya akan mengajak berkeliling kantor pada hari pertama. Gunakan kesempatan ini untuk mengenal kantor lebih jauh. Kamu juga bisa menanyakan hal-hal seperti letak kantin atau tempat ibadah pada rekan baru.

 

6. Menjadi pengamat dan pendengar yang baik

Salah satu hal terpenting yang wajib kamu perhatikan adalah memberi perhatian penuh dan mendengarkan dengan saksama. Apalagi kalau atasan sedang memberi instruksi kerja. Hindari juga berdebat dengan atasan atau rekan kerja pada hari pertama.

 

Artikel Terkait: Mengenal Perusahaan Startup 

  1. 5 Kiat Sukses Membangun Startup dari Awal
  2. Melirik Investasi di Bisnis Startup? Ini Plus Minus yang Perlu Kamu Ketahui
  3. Tips Jitu Sukses Kelola Startup

 

7. Jadilah diri sendiri, santai saja

Gugup boleh, tapi jangan sampai kamu cemas berlebihan. Tetaplah menjadi diri sendiri agar kamu bisa tampil maksimal. Intinya kamu istirahat cukup dan sudah mempersiapkan semua kebutuhan dengan baik.

 

Lalu bagaimana caranya mengatasi rasa canggung pada hari pertama kerja? Tenang, ada triknya juga, kok!

  • Bicara seperlunya. Kamu wajib berhati-hati saat berbicara, mengingat kamu masih karyawan baru. Batasi membagi informasi terlalu banyak.
  • Berada di sekitar rekan kerja mungkin nggak akan membantu rasa canggung. Namun, ini juga baik untuk memulai percakapan kecil tanpa harus ikut berkelompok.
  • Datang ke kantor tepat waktu memberi kamu waktu bernapas. Kamu juga bisa dapat kesempatan berkenalan lebih dulu dengan rekan kerja, sehingga menghindari kecanggungan nantinya.
  • Mengetahui prioritas. Buatlah daftar prioritas saat hari pertama kerja. Dari sini kamu jadi belajar tentang ritme kerja sendiri di masa depan.
  • Membawa buku catatan kecil juga penting. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mencatat hal dan tugas penting. Kamu juga jadi nggak cemas karena takut lupa sesuatu.
  • Makan secukupnya. Ketika diajak rekan makan siang pada hari pertama kerja, jangan makan terlalu banyak. Ini untuk menghindari kecanggungan dan kesan kamu orang yang rakus.
  • Mengetahui batasan berbicara dengan batasan itu penting. Jangan sampai kamu salah ucap dan menciptakan kecanggungan.
  • Menanyakan akun media sosial rekan kerja. Interaksi dengan rekan kerja juga bisa kamu sambung lewat media sosial. Jangan ragu untuk menanyakannya. Ini juga bisa awal berteman dengan rekan kerja. Namun, jangan memaksa kalau mereka keberatan membagikannya.

 

Hari pertama memang selalu menjadi sesuatu yang asing, tapi bukan berarti kamu nggak bisa menghadapinya. Selama kamu mempersiapkan diri dan menjadi diri sendiri, saya yakin kamu bisa, kok. Semangat!