SWARA – Sebagai orang yang bekerja di bidang komunikasi dan kepenulisan, pekerjaan saya nggak jauh dari kata stres. Deadline, narasumber yang ‘incommunicado’, sampai kerjaan menumpuk adalah santapan rutin. 

 

Bekerja memang selalu ada tantangannya. Pekerjaan apa pun ada pro dan kontra. Terutama ketika tekanan lagi tinggi, stres pun nggak bisa kamu hindari. Namun, selalu ada cara buat meredam stres kamu, kok. Berikut 10 cara untuk bebas stres menurut Popbela. 

 

1. Memulai dari tugas tersulit

Mulailah harimu dengan pekerjaan tersulit lebih dulu. Pasalnya, jenis tugas ini memerlukan waktu lebih banyak dari tugas lainnya. Sebagai contoh, membuat presentasi/materi pertemuan atau laporan bulanan. Segera setelah kerjaan ini selesai, kamu bisa mengerjakan tugas yang lebih mudah. Kepala pun lebih ringan karena tugas berat sudah selesai. 

 

2. Berolahraga

Walaupun kerja seharian di kantor, usahakan agar tetap bergerak. Duduk terus-menerus bakal bikin pinggang kamu sakit, dan bisa menyebabkan penyakit dalam jangka panjang. Karena itu gunakan waktu makan siang untuk banyak bergerak. Caranya, naik tangga ketimbang lift ataupun membeli sendiri makan siang tanpa bantuan OB. 

 

3. Membawa camilan sehat

Cara lain menghindari stres di kantor adalah membawa camilan favorit ke kantor, seperti salad, buah, ataupun yoghurt. Selain sehat dan hemat, kamu juga bisa menjadikannya sebagai comfort food. 

 


Artikel Terkait: Inspirasi Sukses

  1. 10 Tokoh Sukses dan Inspiratif yang Harus Kamu Ikuti di Instagram
  2. Inspiratif, Ini 4 Selebriti Muda Indonesia Jebolan Kampus Top Dunia
  3. Yuk, Berkenalan dengan Si Doel: Sosok Seniman Inspiratif Sekaligus Pemimpin Daerah

 

4. Curhat kepada teman

Jangan  menyimpan stres di dalam hati, nanti kepikiran terus. Di waktu istirahat, ngobrol dengan teman dekat di kantor ataupun menelepon teman dekat. Bicarakan hal seru dan hindari topik yang berkaitan dengan kantor. Cara ini bakal mengalihkanmu dari stres sejenak. 

 

5. Menata meja kerja senyaman mungkin

Lingkungan kerja berpengaruh pada performa, termasuk kubikel atau ruang kerja. Karena itu, cobalah menata meja atau ruanganmu senyaman mungkin. Memasang foto bersama teman kerja atau keluarga bisa jadi mood booster. Dekorasi seperti kata motivasi atau tanaman mungkin juga bisa membantu, lho. 

 

6. Mainkan musik

Banyak studi yang bilang kalau musik bisa menaikkan mood menjadi positif. Kamu bisa menyusun berbagai lagu ke dalam satu folder di aplikasi musik. Pilihlah lagu bertempo cepat untuk semangat ataupun lagu bertempo pelan untuk mendinginkan kepala. Kamu bisa mendengarkannya dengan headset ketika stres melanda. 

 

7. Ngobrol dengan rekan kerja

Kamu juga bisa melepaskan beban dengan rekan kerja, terutama ketika ada kendala terkait pekerjaan. Pilihlah waktu seperti jam makan siang atau sore hari ketika tempo di kantor mulai melambat. Intinya, jangan sampai mengganggu kerjaan teman juga.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Terkait Pekerjaan

  1. Begini Cara Cerdas Naikkan Status dari Magang Jadi Karyawan
  2. Lima Alasan Hobi Bisa Jadi Penunjang Karier
  3. 4 Cara Cerdas Perbaiki Hubungan dengan Rekan Kerja! Nggak Baik Lho Musuhan Terlalu Lama

 

8. Inhale, exhale

Ketika stres, ingatlah untuk bernapas. Latihlah dirimu untuk bernapas dalam lalu hembuskan pelan-pelan. Lakukan hal ini berulang kali sampai kamu merasa nyaman. 

 

9. Istirahatkan mata 

Kamu nggak harus memelototi layar laptop dan ponsel setiap waktu, lho. Sesekali berpalinglah sejenak. Kamu bisa memejamkan mata ataupun meraih pulpen dan kertas untuk menuliskan ide-ide yang melintas. 

 

10. Pijat 

Duduk seharian tentu bikin badan pegal. Selama lima menit, cobalah memijat bahumu atau minta bantuan rekan kerja. Sesekali, pergilah ke salon untuk relaksasi bersama rekan kerja saat jam istirahat. 

 

Itulah 10 hal yang bisa mengurangi stres di kantor. Semoga membantu, ya.