Beranda > Karier Sukses > Ini Dia Prospek Bisnis Desain Interior Bagi Pemula

Ini Dia Prospek Bisnis Desain Interior Bagi Pemula

TUNAIKU
Ini Dia Prospek Bisnis Desain Interior Bagi Pemulawatermark

TUNAIKU.COM-Bisnis desain interior itu memiliki korelasi dengan cara-cara memaksimalkan properti bagian dalam. Umumnya, kemampuan seorang desainer ini sangat dibutuhkan di kantor-kantor, rumah, hingga gedung yang bersifat publik. Untuk melihat prospek bisnisnya, silakan simak dulu tips-tips berikut serta kemungkinan benefit yang bakal kamu dapatkan.

 

Artikel terkait: buka usaha dengan modal nol Rupiah? Yuk simak ini biar terinspirasi

  1. Buka Usaha Bimbel dengan Modal Rp0? Bisa Banget!
  2. Tips Mulai Usaha Les Privat Hanya Dengan Modal Rp0 Saja
  3. 5 Kiat Merintis Bisnis Fotografi dengan Modal Nol Rupiah

 

Seorang desainer pemula wajib memperkenalkan diri

Perkenalan di sini enggak sama dengan intro saat pindah sekolah ataupun menjadi siswa baru. Sifat perkenalannya lebih pada karya buatanmu. Sedangkan cara berkenalannya sangat beragam. Sepupu saya kebetulan juga seorang desainer interior yang merangkap desain full bangunan. Dia tahu betul caranya memanfaatkan peluang.

 

Saat ini sudah mendapatkan hasil yang dia inginkan. Pada awal kariernya, dia ikut dosen yang dulunya menjadi pengajar di perguruan tinggi tempatnya belajar. Mulai dari situ, dia diajak dalam berbagai proyek desain interior dan dibawa ke Kota Metropolitan. Dari karyanya itulah perlahan-lahan klien baru berdatangan dan mulai memercayai kemampuannya.

 

Susun portofolio dalam paket yang menarik

Ketika dirasa sudah menghasilkan saat bermitra bersama “sang senior”, sepupu saya akhirnya memberanikan diri untuk tampil secara individu. Dia enggak langsung mendatangi klien dan menawarkan kemampuan dirinya, tapi dia lebih dulu menyusun portofolio secara menarik dalam paket-paket tertentu.

 

Dengan kata lain, sebelum terjun langsung, dia lebih dulu memperbanyak pengalaman sebagai “sang junior”. Selama menyusun portofolio, bahkan dia masih bermitra. Namun, setelah portofolio dirasa cukup lengkap, barulah beraksi sendiri. Dia juga enggak lupa untuk selalu menampung ide-ide unik yang kelak ia bisa tawarkan ke kliennya.

 

Promosikan diri dan bangun relasi yang lebih Luas

Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, kamu harus mempromosikan diri dan bangun relasi ke cakupan yang lebih luas lagi. Dunia digital saat ini sangat berperan penting. Jangan lupa untuk menyusun portofolio ke dalam bentuk digital agar kamu lebih mudah mengirimkannya ke calon klien. Setelah itu, lakukan observasi serta survei soal harga agar layak bersaing dengan desainer lainnya.

 

Harap untuk jangan sekali-kali membanting harga, nanti bisa merusak pasar. Setelah itu, rajin-rajinlah mengikuti kajian ilmu, seminar, ataupun workshop bersama desainer lain. Dari situlah kamu akan membangun relasi bersama lainnya. Dari situ pula biasanya kamu akan mulai kebanjiran order dari klien. Soalnya klien hanya suka yang kredibilitasnya bagus.

 

Selalu update dengan perkembangan dunia desain interior

Selama meniti karier sebagai seorang desain interior, jangan pernah berhenti belajar. Proses belajar ini sebaiknya selalu kamu penuhi sepanjang hidup. Hanya dengan inilah kamu bisa maju, mengasah kemampuan, serta menambah ilmu. Dunia selalu bergerak. Kalau kamu hanya diam di tempat maka dunia ini akan melindas kemampuanmu sendiri.

 

Mulai sekarang, coba untuk rutin membaca apa pun hal yang bersangkutan dengan desain interior. Biasanya, desain dari luar negeri itu memiliki kemajuan yang sangat siginifikan. Satu hal yang perlu kamu sadari, bahwa klien itu suka sekali dengan hal-hal yang baru dan unik. Jadi, teruslah berproses dan terus asah kemampuanmu untuk memenuhi hasrat klien.

 

Artikel terkait: tips sukses agar kamu sukses dalam bisnis online

  1. 5 Hal Penting untuk Dipertimbangkan Sebelum Cari Modal Usaha Lewat Online
  2. 6 Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba!
  3. 6 Jurus Jitu Memulai Bisnis Paket Wisata Online

 

Berapa keuntungan yang didapatkan seorang desainer interior?

Kalau skalanya di Indonesia, satu ruangan itu berkisar Rp30 juta. Namun, tergantung pula dengan besarnya ruangan serta kerumitan desain buatanmu. Untuk hal ini, kamu wajib memiliki standar harga yang pantas agar kedua belah pihak sama-sama puas. Alangkah baiknya kalau semua hal dilalui dengan kesepakatan secara penuh.

 

Berdasarkan pengamatan saya, angka Rp30 juta itu merupakan angka rata-rata. Bukan angka yang pasti. Bisa jadi ketika kamu sudah berkembang menjadi desainer senior yang membawahi orang-orang terpercaya, nilai fee yang didapatkan lebih tinggi. Kira-kira begitulah prospek bisnis desain interior. Menggiurkan, bukan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett