Beranda > Finansial > Tips Mulai Usaha Les Privat Hanya Dengan Modal Rp0 Saja

Tips Mulai Usaha Les Privat Hanya Dengan Modal Rp0 Saja

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Tips Mulai Usaha Les Privat Hanya Dengan Modal Rp0 Sajawatermark

TUNAIKU.COM – Sudah nggak terhitung banyaknya teman-teman yang yang menyuruh saya buka tempat les bahasa Jepang. Karena lulusan bahasa asing, banyak teman yang menyarankan saya untuk buka tempat les saja. Pasti bakal banyak yang tertarik, apalagi kalau buka di kampung halaman.

 

Meski begitu, buka tempat les itu butuh dana yang besar. Karena kendala ini, banyak orang yang mundur selangkah mengakhiri mimpi untuk punya tempat les. Padahal, nih, kamu bisa, buka tempat les dengan modal Rp0 rupiah, lho! Solusinya, coba buka tempat les privat saja.

 

Berikut ini tips mulai usaha les privat dengan modal Rp0 rupiah dikutip dari Bisnishack.com!

 

1. Membuat rencana yang matang

Berhubung nggak mengeluarkan uang sepeser pun maka kamu harus siap-siap bekerja lebih keras, nih. Kerja keras di awal memang jadi modal utama buat membuka usaha les privat. Kamu harus membuat rencana super detail agar nggak salah target dan perhitungan.

 

Artikel Terkait: Pilihan Tempat Les Bahasa Asing

  1. Pilihan Tempat Les Bahasa Mandarin Terbaik di Surabaya
  2. Rekomendasi Tempat Les Bahasa Inggris Terbaik di Bandung
  3. 5 Rekomendasi Tempat Les Bahasa Mandarin Terbaik di Jakarta

 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menyusun rencana ini. Pertama, kamu harus menentukan target pasar dari tempat les privat mu. Apakah untuk anak SD, SMP, SMA atau umum.

 

Kedua, setelah menentukan sasaran utama untuk les privat, kamu harus menyusun pelajaran apa yang akan diajarkan dan materinya. Kamu harus selalu update dengan kurikulum agar nggak salah materi, ya.

 

Terakhir, jangan lupa untuk menentukan berapa tarif dari usaha les privatmu. Jangan sampai memasang tarif yang terlalu tinggi hingga nggak terjangkau untuk target pasarmu.

 

2. Mengasah kemampuan diri

Sebelum membuka tempat les, kamu harus tahu kemampuan diri. Kalau memang belum menguasai materi les, asah dulu kemampuan diri. Bisa dimulai dengan dengan mempelajari materi-materi yang akan kamu ajarkan. Dengan cara ini, kamu nggak bakal kesulitan dalam mentransfer ilmu pada peserta les.

 

3. Mengatur jadwal les

Kamu sudah menguasai semua materi dan perencanaan pun telah selesai, saatnya untuk bergerak. Kamu harus memerhatikan faktor eksternal yang bikin muridmu makin betah buat belajar.

 

Atur jam les sedemikian rupa agar mereka nyaman buat belajar. Lebih enak lagi, kalau kamu bisa fleksibel dengan jadwal para murid.

 

Selain soal jadwal les, kamu harus menjaga suasana tempat les tetap kondusif dan nyaman. Kalau perlu jalin hubungan yang baik dengan para murid agar lebih betah untuk belajar. Buat les privat seinteraktif mungkin agar mereka nggak bosan dalam belajar.

 

4. Jalin hubungan baik dengan orang tua

Nggak hanya murid saja yang perlu kamu pdkt-in, tetapi juga para orang tuanya. Kalau bisa menjaga hubungan dengan para orang tua murid, nggak mustahil buat melebarkan usaha les privatmu.

 

Kalau puas dengan tempat lesmu, mereka bisa promosi ke ibu-ibu yang lain, lho. Selain itu, kamu juga bisa share beberapa tips agar anak-anak mereka bisa belajar di rumah secara mandiri.

 

Tunaiku, KTA

Mobile Site CTA

5. Berikan service konsultasi gratis

Kalau kamu sering lihat drama Korea, tempat-tempat les di negeri gingseng ini suka memberi service konsultasi gratis, lho.

 

Artikel Terkait: Belajar Secara Mandiri

  1. Belajar Investasi dan Keuangan Lewat 5 Film Berikut Ini, Yuk!
  2. Pengen Bisa Coding? Ini 6 Situs Kursus Online Tempat Belajar Coding Secara Gratis!
  3. Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris Gratis

 

Dengan cara ini, kamu bisa lebih dekat dengan para murid dan para orang tua bakal lebih puas. Kamu bisa memberikan motivasi pada para murid yang ada kesulitan dalam belajar.

 

6. Lakukan evaluasi berkala  

Jika mendapatkan kritik atau masukan, terima dengan lapang dada. Karena dari sini, nih, kamu bisa melakukan evaluasi pada usaha les privatmu. Setelah tahu kekurangan, kamu bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas.

 

Nah, kini sudah makin siap dong buat buka usaha les privat di kotamu?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett