Beranda > Finansial > 5 Kiat Merintis Bisnis Fotografi dengan Modal Nol Rupiah

5 Kiat Merintis Bisnis Fotografi dengan Modal Nol Rupiah

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
5 Kiat Merintis Bisnis Fotografi dengan Modal Nol Rupiahwatermark

TUNAIKU.COM – Punya hobi yang bawa hoki tentu jadi impian banyak orang. Salah satunya jika kamu menggemari bidang fotografi. Kini bisnis jasa fotografi tumbuh dengan subur dan sangat menjanjikan. Beberapa bahkan serius menekuni dan menjadikan hobi fotografi sebagai sumber penghasilan utama.

 

Artikel terkait: Hobi bawa hoki

  1. Hobi Jalan-jalan Juga Bisa Menghasilkan Uang, Lho! Bagaimana Caranya?
  2. Maksimalkan Hobi Bercocok Tanammu dengan ‘Bertani’ di Rumah
  3. Ide Bisnis Bagi Para Pecinta Olahraga

 

Nah, apabila kamu sudah merasa mantap dan tertarik untuk menjadikan hobi fotografi menjadi sumber penghasilan, kamu bisa ikuti tips berikut ini.

 

1. Paham jasa yang ditawarkan

Bagaimanapun juga untuk menjalani bisnis, meskipun itu dari hobi, pertama-tama kamu harus punya modal product knowledge pada apa yang akan kamu jual. Apakah itu jasa atau berbentuk barang. Jadi untuk terjun ke bisnis fotografi, kamu sudah harus punya pemahaman dari fotografi, mulai dari teknik foto sampai komponen-komponen dari kamera.

 

2. Tanpa modal

Bisa foto dan paham komponen dalam kamera, itu merupakan poin penting. Ketika permintaan foto datang, kamu bisa minta DP (uang muka) pembayaran untuk kamu gunakan sebagai biaya sewa alat. Sekarang sudah banyak jasa penyewaan fotografi yang lengkap, dengan harga terjangkau. Selanjutnya, pastikan alat yang kamu sewa tersebut dalam kondisi prima!

 

3. Peralatan mahal, perlukah?

Peralatan yang mahal memang akan semakin memudahkan kamu bekerja, namun nggak menjamin hasil fotografi yang baik. it is the man behind the gun! Bukan sesuatu yang mustahil untuk menghasilkan foto terbaik dengan peralatan seadanya. Tergantung bagaimana konsep yang kamu tawarkan dan seberapa mahir kamu memaksimalkan skillmu.

 

4. Bikin portofolio terbaik

Portofolio adalah syarat mutlak untuk menggaet klien. Jadi, usahakan untuk membuat portofolio terbaik sebagai bukti seberapa berkualitas hasil kerjamu.

 

5. Bikin promosi menarik 

Saat pertama kali mulai karier sebagai fotografer, pasti ada klien yang memandang sebelah mata kemampuanmu. Harga diri mu sebagai seorang fotografer akan dipertaruhkan di sini. Promosi menjadi salah satu cara untuk kamu bisa bersaing dengan yang lain.

Jika merasa klien pertama akan menjadi klien yang potensial berikanlah harga yang murah. Kalau perlu berikan secara gratis tetapi dengan kompensasi semua idemu akan digunakan. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan keahlianmu, juga sekaligus menambah koleksi portofolio sebagai profesional.

 

Artikel terkait: KTA, solusi modal bisnis “cekak”

  1. Pakai KTA Online Terpercaya, Ini 10 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa
  2. Jajal Bisnis Food Truck Pakai Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku, Yuk!
  3. Hobi Fotografi? Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20 Juta!

 

Itulah 5 tips awal untuk kamu yang ingin mencoba peruntungan peluang bisnis dari hobi fotografi. Kalau beruntung, mungkin kamu bisa sukses di percobaan pertama berbisnis. Tapi, biasanya itu jarang terjadi, keseringan banyak orang harus menelan pil pahit kegagalan. Kalau kamu benar-benar serius, kamu harus super kuat, banyak orang yang memutuskan untuk berhenti saat menemui kegagalan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett