Beranda > Karier Sukses > Ini Dia Alasan Kenapa Membaca Bisa Membuatmu Lebih Sukses

Ini Dia Alasan Kenapa Membaca Bisa Membuatmu Lebih Sukses

TUNAIKU
Ini Dia Alasan Kenapa Membaca Bisa Membuatmu Lebih Sukseswatermark

TUNAIKU.COM – Setiap hobi yang kamu miliki pastinya akan memberi manfaat. Hobi bisa membuatmu menemukan jati diri, lebih berkembang, dan tentunya bisa menunjang kariermu di masa depan. Beruntunglah kamu yang mempunyai sebuah hobi.

 

Tak terkecuali bagi siapa saja yang hobi membaca. Hobi ini memberimu manfaat sejak kecil hingga di masa tuamu. Membaca lebih dari sekadar mengusir kebosanan, kamu bisa mendapatkan wawasan dan kebijaksanaan dari setiap halamannya.

 

Enggak heran, kalau dampak dari membaca bisa berpengaruh positif pada dirimu di lingkungan profesional. Berikut keuntungan yang bisa kamu raih dari membaca!

 

Artikel terkait: Beberapa universitas dengan jurusan terbaik di Indonesia. Wajib tahu!

  1. 5 Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia
  2. 9 Universitas Negeri dengan Jurusan Ilmu Kedokteran Terbaik
  3. 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

 

1. Melancarkan komunikasi

Bekerja di bidang apapun kamu bakal dituntut untuk bisa membangun komunikasi yang baik. Mulai dari berbicara dengan klien sampai ke dalam hal tulis-menulis dokumen untuk situasi berbeda. Pekerjaan ini tentu membutuhkan kelihaianmu dalam mengolah kata.

 

Sebuah studi mengatakan bahwa buku mengandung 50% kosa kata langka dibanding televisi dan percakapan sehari-hari lho. Dengan banyak membaca, tentunya kamu akan menambah banyak kosa kata, yang kemudian membantumu untuk pandai dalam mengolah kata untuk kebutuhan pekerjaan.

 

2. Meningkatkan kemampuan menulis

Kemampuan menulis enggak hanya terbatas untuk mereka yang bekerja di industri tertentu. Saat kamu harus menulis laporan atau cover letter, kamu bisa memperoleh manfaat dari membaca buku. Selain menambah kosa kata, kamu juga bakal semakin pandai memainkan gaya bahasa dan penulisan, serta lebih peka terhadap penggunaan tata bahasa, susunan kalimat, dan berbagai nuansa lain yang bisa bikin tulisanmu lebih enak dibaca.

 

3. Hubungan interpersonal di tempat kerja semakin meningkat

Kalau kamu ingin sukses di segala area bisnis, kamu harus bisa membangun hubungan interpersonal yang baik sepanjang perjalanan kariermu. Membangun hubungan yang baik dengan siapa pun membutuhkan kecerdasan emosional dan empati yang tinggi. Supaya kamu bisa memupuk keduanya, kamu perlu membaca buku, terutama fiksi dan literatur.

 

Misalnya, saat membaca karya literatur, kamu akan melihat dengan sudut pandang protagonis, di mana memosisikan diri sebagai orang lain agar kamu mampu memahami perasaannya. Posisi ini membantumu untuk menjadi orang berempati tinggi.

 

4. Melatih kemampuan berpikir kritis

Membaca seringkali ‘memaksamu’ untuk mengomentari isi buku yang kamu baca. Mulai dari alur cerita, plot, sudut pandang, gaya bahasa, diksi, dan lain sebagainya. Ini akan melatih otakmu berpikir kritis.

 

Artikel terkait: Berbagai pengembangan diri yang harus kamu realisasikan demi mencapai karir yang sukses!

  1. Seluk Beluk Psychological Safety dalam Bekerja Tim, Kenali dan Pahami
  2. 8 Hal Pentingnya Self-Management dalam Menunjang Karir
  3. Pentingnya Afirmasi Diri dalam Perkembangan Kariermu

 

5. Stres jadi berkurang

Buat kamu yang gemar membaca, kamu tentu pernah merasakan larut di dalam sebuah cerita menarik. Ketika itu, serasa hilang semua masalah dan beban kerja yang sedang kamu tanggung, dan saat itu pula kamu mulai lebih rileks. Buat kamu yang sering meraskan tekanan kerja sehari-hari, membaca bisa jadi pilihan untuk menghilangkan stres-mu. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah dari Sussex yang mengatakan bahwa, membaca bisa menurunkan stres hingga 68%.

 

Nah, sudah enggak ada alasan lagi bagi kamu untuk malas membaca. Yuk, biasakan membaca sedini mungkin!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett