SWARA – Melanjutkan studi ke sekolah kedinasan banyak diminati pelajar di Indonesia. Pasalnya, dibandingkan perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi kedinasan (PTK) punya banyak keunggulan. Biaya terjangkau, pendidikan gratis, serta jaminan ikatan dinas, adalah segudang kelebihannya. Lagian, siapa sih yang nggak mau langsung kerja usai lulus kuliah?

 

Namun, untuk menembus PTK tidaklah mudah. Persiapan yang matang dan kerja keras harus kamu lakukan. Selain itu kamu juga harus tahu beberapa rahasia penting jika ingin masuk ke PTK. 

1. Informasi jadwal tes harus dari sumber kredibel

Setiap PTK memiliki syarat dan tes yang berbeda. Karena itu kamu harus mendapatkan informasi yang akurat. Upayakan kamu mendapatkan dari sumber terpercaya. 

2. Mengetahui perbedaan tes

Tes masuk antara PTK dan PTN/PTS berbeda. Beberapa PTK menerapkan serangkaian tes seperti tes akademik, tes psikologi, tes tertulis, wawancara, dan tes kebugaran fisik. Tetapi ada juga yang mewajibkan pelamar untuk mengikuti tes kompetensi dasar, tes kesehatan, tes psikologi, integritas dan kejujuran, serta tes pantukhir. 

3. Mencari informasi jumlah pendaftar dan kuota diterima 

Jangan lupa untuk menggali informasi berapa kuota mahasiswa yang diterima pada tahun kamu mendaftar. Juga jumlah peserta yang mengikuti tes tahun sebelumnya. 

 

Artikel Terkait: Mempersiapkan diri ke perguruan tinggi. 

  1. Begini Pilih Jurusan Kuliah yang Menguntungkan di Masa Depan
  2. Hal yang Dirasakan Para Perempuan Saat Jadi Minoritas di Jurusan Kuliah
  3. Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

4. Mempersiapkan diri untuk tes kesehatan dan fisik

Beberapa PTK mewajibkan tes fisik, untuk mendapatkan mahasiswa yang kompeten dan juga kuat jasmani. Contoh sekolah yang punya tes jenis ini adalah IPDN, STAN, STSN, Akademi Polisi, dan Akademi Militer. 

5. Mengetahui daftar perguruan tinggi kedinasan

Jika kamu ingin masuk PTK, maka kamu wajib mengantongi informasi berbagai PTK di Indonesia. Hal ini penting supaya kamu bisa memilih sekolah sesuai dengan jurusan yang kamu inginkan. 

Rekomendasi PTK di Indonesia:

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

STAN adalah salah satu PTK favorit di Indonesia. Bernaung di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, sekolah dinas ini punya beberapa jurusan seperti Akuntansi dan Pajak dengan jenjang Diploma I dan Diploma III. Bila lulus, kamu tidak dipungut biaya dan akan mendapat ikatan dinas. Setelah lulus, kamu pun bisa langsung diangkat menjadi CPNS. 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 

STIS memiliki program Diploma IV dan fokus untuk mencetak ahli statistik. Dikelola langsung oleh Badan Pusat Statistik, STIS memiliki dua jurusan yaitu Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Komputasi Statistik. 

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) 

Sekolah dinas ini cocok bila kamu suka dengan hal-hal berbau teknologi siber, keamanan data, dan dunia internet. Di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara, kamu akan menempuh pendidikan empat tahun dan lulus dengan gelar Diploma IV. 

 

Artikel Terkait: Rekomendasi preschool untuk orangtua. 

  1. Ini Dia Rekomendasi Preschool Terbaik di Surabaya
  2. 7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anak
  3. Yuk,Ikuti Tahapan yang Tepat Siapkan Anak Masuk Prasekolah

4. Akademi Militer (AKMIL)

AKMIL adalah pendidikan untuk calon TNI Angkatan Darat. Berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, AKMIL bertujuan untuk menghasilkan lulusan perwira TNI AD dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan. Kalau lulus AKMIL, kamu akan langsung menjadi perwira pertama dengan pangkat Letnan Dua. 

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Kalau kamu memiliki mental yang tangguh dan intelijensi tinggi, maka STIN adalah sekolah buatmu. Di sini, mental para taruna akan ditempa sehingga menjadi bagian dari masyarakat intelijen yang profesional dan punya kemampuan akademik. STIN memiliki dua program studi yakni Agen dan Analisis. 

 

Itu dia informasi penting buat kamu yang ingin melanjutkan studi di sekolah tinggi kedinasan. Syaratnya memang nggak mudah dan butuh usaha keras bila sudah diterima. Tapi, setelah lulus, hidup kamu terjamin. Apalagi pekerjaan kamu nantinya akan menjadi abdi negara.