SWARA – Dalam hal bisnis dan pekerjaan, tentu kita nggak asing dengan istilah jabatan pekerjaan sales dan marketing. Dua pekerjaan ini sangat memengaruhi penjualan dan pemasaran suatu produk perusahaan. Apa sih perbedaan sales dan marketing? Jika masih bingung, kamu bisa simak perbedaannya dalam 8 poin yang akan saya jabarkan di bawah ini. 

 

1. Scope pekerjaan antara sales dan marketing

Perbedaan yang paling mendasar antara sales dan marketing adalah ruang lingkup pekerjaannya. Sales akan bekerja di luar kantor dengan tugas yang berhubungan langsung dengan konsumen perusahaan. Sedangkan marketing, bekerja di dalam kantor untuk membuat dan mengatur strategi yang akan dijalankan sales agar bisa menjangkau banyak konsumen bagi perusahaan.

 

2. Tugas yang diemban oleh sales dan marketing

Seorang sales merupakan garda depan sebuah perusahaan, karena mereka harus bergerak agar perusahaan mendapatkan konsumen yang mau membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan. Sedangkan marketing harus berpikir, menganalisis dan melakukan riset pasar agar penjualan meningkat dengan strategi bisnis, serta membuat rencana untuk meningkatkan penjualan secara berangsur-angsur.

 

3. Sasaran yang dituju

Sales dan marketing memiliki sasaran yang berbeda meskipun sama-sama berkonsentrasi untuk menaikan penjualan. Sales lebih menyasar kepada konsumen langsung agar produk dari perusahaan laku. Sedangkan marketing sasarannya adalah kepada sales agar mereka paham dan bisa menjalankan strategi yang sudah dibuat oleh marketing selain kepada tren pemasaran yang sedang terjadi.

 

Artikel terkait: Tips Sukses Berbisnis
Sukses Berbisnis di Usia 14 Tahun, Yuk, Belajar dari Mikaila!
15 Usaha yang Bisa Kamu Rintis dengan Modal Rp10 Jutaan!
5 Film yang Dapat Tularkan Ilmu Sukses Berbisnis, Yuk Nonton!

 

4. Memiliki pemahaman yang berbeda

Seorang sales agar mampu menarik konsumen untuk membeli produk perusahaan, dia harus mengetahui product knowledge-nya dengan baik dan jelas, sehingga konsumen akan yakin jika ingin membeli produk tersebut. Sedangkan marketing yang harus dipahami adalah bagaimana tren pasar bekerja, produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen sehingga konsumen akan beralih menggunakan produk yang diciptakan perusahaan, juga bagaimana cara yang menarik agar konsumen melirik produk yang ditawarkan perusahaan daripada produk dari perusahaan lain.

 

5. Aspek yang dipikirkan marketing lebih banyak

Dalam teorinya, marketing harus mengerti 7P, yaitu product/produk, price/harga, place/lokasi, promotion/strategi promosi, people/SDM, process/aktivitas bisnis, dan physical evidence/fisik toko atau bangunan. Sedangkan sales yang dipikirkan adalah lebih ke aktivitas promosinya saja, tentu dengan kemampuan khusus yang dimiliki sales agar mendapatkan banyak konsumen.

 

6. Memiliki tujuan pekerjaan yang berbeda

Sales memiliki tujuan agar target penjualan yang diberikan oleh marketing dapat terpenuhi dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan marketing memiliki tujuan agar konsumen bisa tertarik dengan berbagai hal yang diberikan oleh perusahaan kepada layanan atau produk yang ditawarkan, seperti memberikan garansi, diskon, bahkan melalui iklan produk yang tertanam di benak konsumen.

 

Artikel Terkait: Tentang Zodiak
Jago Adaptasi dan Mudah Dipercaya, Ini Profesi yang Cocok Untuk Zodiak Leo!
Profesi yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan!
Zodiak Taurus, ini 6 Profesi yang Diramalkan Bisa Mencetak Karier dan Kesuksesan

 

7. Posisi brand image untuk sales dan marketing

Membangun brand image sudah menjadi tugas seorang marketing untuk membuat konsumen mengerti dan tergiur untuk membeli produk melalui strategi pemasaran dan iklan yang dibuat. Sedangkan sales nggak terlalu memikirkan brand image dari segi strategi, tetapi lebih menjaga agar brand image yang sudah dibentuk oleh tim marketing bisa sesuai dengan apa yang diterima konsumen saat produk ditawarkan melalui komunikasi langsung.

 

8. Menjalin hubungan dengan konsumen

Jika sales setelah mendapatkan konsumen mereka bisa lebih tenang karena pekerjaan selesai, lain halnya dengan marketing. Divisi marketing harus bisa menciptakan sebuah strategi agar konsumen yang sudah didapat oleh sales merasa puas dengan produk dan berbagai pelayanan yang diberikan, sehingga konsumen nggak akan ragu untuk datang kembali membeli produk yang ditawarkan.

 

Itulah 8 poin yang membedakan pekerjaan sales dan marketing. Buat kamu yang tertarik dalam dunia penjualan, memahami pekerjaan sales dan marketing sangat penting agar kamu nggak terbalik dan bingung saat ingin melamar pekerjaan. Semoga infonya bermanfaat dan dapat mengedukasi, ya.