PINTARIA – Penemuan teknologi yang semakin canggih memunculkan banyak profesi-profesi baru, bukan hanya prospek kerja di bidang teknologi informatika saja yang meningkat, namun berbagai profesi lainnya juga makin banyak dibutuhkan di masa yang akan datang. 

 

Berikut beberapa hasil riset yang dilakukan mengenai beberapa profesi yang paling dibutuhkan di masa depan: 

 

1. Cyber security

Sudah menjadi rahasia umum jika kejahatan di dunia maya amat marak terjadi, mulai dari pencucian uang, penipuan online, peretasan situs pribadi, hacking, pembobolan data, dan lainnya sudah sering terjadi. Untuk menangani hal tersebut, tentunya dibutuhkan seorang ahli untuk mengamankan berbagai situs penting yang ada terutama untuk berbagai perusahaan besar. 

 

Di tahun 2020, dengan peningkatan pengguna teknologi di kalangan pengusaha maupun instansi terkait tentu akan membuat ahli keamanan siber amat dibutuhkan untuk mengamankan berbagai data yang dimilikinya. 

 

Bahkan belakangan ini, permintaan untuk profesi yang satu ini meningkat 21,4% di negara tetangga yakni Australia. Untuk mendapatkan prospek kerja yang satu ini, kamu bisa mulai dengan mengikuti kuliah jurusan Sistem Informasi atau jurusan terkait untuk memiliki keahlian di bidang keamanan teknologi (teknik komputer, teknik informatika, data science dan sebagainya).

 

2. Data scientist 

Menurut riset dari Harvard Business Review, profesi Data Scientist merupakan profesi yang akan hot di abad ke-21 ini. Alasannya karena di masa depan, data adalah komoditi yang bernilai tinggi. Setiap perusahaan bersaing memiliki data yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis. Menjadi seorang Data Scientist berarti kamu akan menguasai bidang ilmu komputer, analisa yang cukup tajam serta kemampuan berpikir logis yang berlandaskan analisa bisnis. 

 

3. Tenaga pendidik

Semakin masyarakat sadar akan pentingnya sebuah pendidikan, semakin besar pula kebutuhan tenaga pendidik dari tahun ke tahun. Diprediksikan dunia pendidikan akan mengalami peningkatan kebutuhan guru maupun dosen untuk mengajar di sekolah formal maupun nonformal sebanyak 21% (untuk guru pendidikan khusus) dan 27% (untuk pendidikan anak usia dini). 

 

4. Akuntan dan analis keuangan

Akuntan memang menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di berbagai lini usaha, tidak heran karenanya jika profesi satu ini juga menjadi salah satu profesi yang paling dibutuhkan tahun 2020. Untuk berkarir di bidang ini, seseorang harus terlebih dahulu mengenyam pendidikan S1 Akuntansi dan mengambil konsentrasi lain yang diinginkan. 

 

5. Pekerja kreatif

Bagi kamu yang mengambil jurusan periklanan / advertising, media, pemasaran digital, atau seni, berbahagialah! Karena menurut QS World University Rankings profesi di bidang ini akan mengalami peningkatan sebesar 15% di tahun 2020. Pekerjaan yang berkecimpung di bidang industri kreatif memang tidak ada matinya, hal ini tidak lepas dari perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang semakin mudah dalam penyebarannya.

 

Untuk bekerja di bidang keahlian profesi di atas, kamu bisa mengambil berbagai program pendidikan yang dibutuhkan, yang paling utama adalah kuliah di bidang atau jurusan yang sesuai. Misalnya kuliah jurusan sistem informasi yang saat ini mulai booming digemari para pelajar maupun pekerja profesional yang ingin berganti karier. 

Pilihlah metode perkuliahan yang menunjang karier sekaligus jadwal fleksibel, yakni dengan metode blended learning di mana kamu bisa kuliah sambil tetap bekerja dengan produktif. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kuliah online. Selain jadwal kuliah yang fleksibel, kuliah online pun biayanya jauh lebih murah daripada kuliah reguler. 

 

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi? Yuk, cek aja di Pintaria, sebuah portal pendidikan S1 dan S2 blended learning pertama di Indonesia yang menawarkan banyak program menarik dari 9 universitas swasta favorit di Jakarta dan Bandung yang terakreditasi A dan B. Beberapa universitas yang bekerjasama diantaranya adalah Universitas Al-Azhar, Universitas Sahid, PPM School of Management dan masih banyak lagi.

 

Menarik, kan? Langsung saja cek Pintaria dan kembangkan jenjang pendidikanmuKarier lancar, masa depan dalam genggaman!


Pintaria Pintaria