SWARA – Memasuki musim sekolah, biasanya orang tua lebih was-was. Pasalnya,  anak akan berhadapan lagi dengan aktivitas di sekolah. Ada banyak hal yang dihadapi anak di luar sana. Pembelajaran yang harus dikuasai dan lingkungan di sekolah.

 

Beruntung jika si anak bisa mengikuti pembelajaran sekolah dengan baik. Beruntung juga jika si anak selalu fine di sekolah. Jadi, nggak ada hal-hal yang menyebabkan mereka nggak mau sekolah alias mogok sekolah. Namun, kalau yang terjadi sebaliknya, sudah pasti orang tua juga yang bakal pusing.

 

Artikel Terkait: Punya Anak yang Sudah Sekolah? Baca Ini

  1. Kenali Bullying dan Cara Menyikapinya saat Anak Sekolah
  2. Cek, Ini Rekomendasi Sekolah Anak Bertaraf Internasional di Sumatera Utara
  3. Tips Agar Anak Mandiri dan Berani Berangkat ke Sekolah Sendiri

 

Jangan sampai anak sampai mogok sekolah. Namun, jika sudah terjadi, kamu harus segera ambil tindakan. Adapun cara mengatasi anak mogok sekolah adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kira-kira, apa saja, ya?

 

1. Kasus bully

Upaya penanganan dan pencegahan perisakan memang sudah dilakukan di mana-mana. Pun usahanya sudah sangat maksimal. Namun, sayangnya sampai sekarang kasus bully masih ada di sekolah. Sayangnya lagi, bully bisa menjadi penyebab anak trauma untuk berangkat sekolah. Jadinya dia pun mogok sampai nggak mau melanjutkan sekolah.

 

Jika mogok sekolah disebabkan oleh kasus bully, upaya yang dilakukan memang harus dari berbagai sisi. Selain orang tua yang memberikan motivasi, perlu adanya bantuan dari pihak sekolah untuk menjadi penengah. Di sini bisa berupa bimbingan, pemberian sanksi ataupun peringatan. Terhadap orang tua pelaku bully pun harus dilakukan. Orang tua korban bisa bekerja sama dengan orang tua pelaku untuk memberikan bimbingan dan pengawasan.

 

2. Diusili salah satu teman

Sebenarnya diusili teman dengan bully itu memberikan efek yang hampir sama. Anak sama-sama nggak memiliki kenyamanan lagi untuk berada di sekolah. Semangatnya untuk berangkat sekolah pun jadi nggak ada. Untuk itu, penanganan yang bisa dilakukan pun hampir sama dengan penanganan bully.

 

3. Sudah malas belajar

Zaman memang sudah semakin maju. Namun, masih ada juga lho anak yang nggak mau melanjutkan sekolah karena sudah malas untuk belajar. Mereka justru lebih memilih bekerja mencari uang. Padahal, mereka datang dari keluarga berada. Ya, namanya juga sudah malas untuk memikirkan pelajaran.

 

Kalau sudah demikian, perhatian dan motivasi dari orang tua sangat diperlukan. Orang tua juga bisa mengajak anak-anak untuk jalan-jalan seperti di museum. Sembari jalan-jalan, kenalkan dengan tokoh-tokoh dunia yang sukses. Cara ini bisa membangkitkan motivasi anak kembali untuk belajar dan meraih kesuksesan.

 

4. Nggak cocok dengan gurunya

Pada beberapa kasus mogok sekolah, ada juga yang disebabkan karena nggak cocok dengan gurunya. Bisa jadi karena anak sakit hati terhadap perkataan guru, bahkan karena gurunya melakukan tindak kekerasan. Jika kasusnya demikian, orang tua butuh berkomunikasi dengan pihak sekolah.

 

5. Susah memahami pelajaran

Susah memahami pelajaran juga menjadi penyebab anak mogok sekolah. Susah menyerap pelajaran membuat anak jadi malas untuk sekolah. Dia jadi nggak memiliki motivasi untuk berangkat sekolah. Jika anakmu mengalami masalah ini, ada baiknya kamu mendatangkan guru privat yang bisa membantunya.

 

6. Nggak ada minat dalam bidang akademis

Bisa jadi anakmu memang nggak memiliki minat di bidang akademis. Sebagai contoh, minatnya hanya ada di bidang olahraga atau bidang-bidang tertentu selain pelajaran. Sebagai orang tua, kamu harus jeli. Kamu bisa mendaftarkannya di sekolah non formal yang bisa menjawab minatnya. Kamu juga bisa mendaftarkannya di komunitas terterntu sepulang sekolah. Jadi, sekolah formal jalan, nonformal juga jalan.

 

Artikel Terkait: Hobi-hobi yang Sangat Berguna untuk Masa Depanmu

  1. Sukses Berbisnis Makrame, Ini Kisah Widiartati Hasilkan Pundi-pundi Uang Lewat Hobi
  2. 5 Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobi Berolahraga
  3. 7 Hobi yang Bisa Menunjang dan Meningkatkan Kariermu!

 

7. Salah pergaulan

Anak yang mogok sekolah juga bisa disebabkan oleh salah pergaulan. Pengaruh dari teman-temannya yang nggak baik ini membuatnya bolos hingga nggak mau melanjutkan sekolah. Mulai sekarang, ada baiknya kamu tahu siapa saja teman-temannya. Berikan juga kontrol terhadap pergaulannya.

 

Itu dia cara-cara yang bisa kamu lakukan jika menghadapi anak yang mogok sekolah. Cara di atas juga bisa dilakukan untuk pencegahan. Well, ada baiknya pencegahan itu dilakukan sebelum benar-benar terjadi, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

CTABARU3

 

 

 

 

Mobile Site CTA