Beranda > Karier Sukses > 9 Tumbuhan yang Mengancam Jiwa, Wajib Kenali dan Waspada!

9 Tumbuhan yang Mengancam Jiwa, Wajib Kenali dan Waspada!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
9 Tumbuhan yang Mengancam Jiwa, Wajib Kenali dan Waspada!watermark

TUNAIKU.COM – Bahaya bisa berasal dari mana saja, lho! Bahkan, bisa berasal dari bunga liar dengan tampilan yang cantik sekalipun! Buat kamu yang suka naik gunung, mesti lebih berhati-hati saat berada di hutan.

Kalau kamu menemukan tanaman, bunga, ataupun buah liar, jangan langsung menyentuh apalagi mengkonsumsinya, ya. Karena kamu nggak pernah tahu kalau apa yang kamu pegang adalah jenis tumbuhan yang membahayakan.

Seperti tumbuhan yang mengandung racun dan bisa mengancam jiwa. Wah, ngeri banget, bukan? Makanya, kamu mesti hati-hati dengan 9 jenis tumbuhan yang membahayakan berikut dikutip dari portal IDN Times.

 

1. Apel pantai (Hippomane mancinella)

Meski tumbuhan ini banyak tumbuh di Amerika Selatan dan Tengah, kamu juga bisa menemukannya di Indonesia, lho. Artinya, kamu mesti ekstra hati-hati agar nggak mengkonsumsinya kalau nggak mau sakit.

Kalau kebetulan kamu sedang di pinggir pantai saat turun hujan, jangan berteduh di bawahnya. Getah dari apel pantai ini  bisa menyebabkan efek terbakar dan kebutaan sementara. Hati-hati, kalau sampai kamu memakan buahnya yang seperti apel, bisa menyebabkan kematian, lho.

 

2. Hemlock air (Cicuta virosa)

Kalau kamu tengah berada di Amerika atau Inggris, besar kemungkinannya untuk menemukan water hemlock. Bunganya yang berwarna putih dengan bentuk bulat, sering membuat orang penasaran.

 

Artikel Terkait: Mengisi Akhir Pekan dengan Berkebun

  1. Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekan
  2. Berkebun di Halaman Kecil? Ini 6 Tanaman yang Bisa Jadi Pilihan
  3. Hobi Berikut Ini Nggak Hanya Menyenangkan, Tapi Juga menyehatkan!

 

Meski penasaran, kamu jangan langsung menyentuhnya, ya. Karena bisa menyebabkan kejang sampai kematian, lho. Di balik tampilannya yang cantik, bunga liar ini sangat berbahaya.

 

3. Kecubung pendek (Datura stramonium)

Selintas, daun kecubung pendek ini memiliki bentuk bunga seperti bunga kangkung. Kalau di desa, bunga kecubung pendek ini sering dijadikan mainan anak-anak. Meski terlihat normal, tumbuhan ini bisa menimbulkan efek halusinasi, lho.

Pada tahun 2006 lalu, terdapat 4 remaja Kanada yang bertindak agresif setelah mengkonsumsi  kecubung pendek. Hal ini belum seberapa dibandingkan laporan dalam buku “Poisonous Plants and Animals of Florida and the Caribbean”. Setelah meminum teh kecubung, ada beberapa orang yang koma dan meninggal. Ngeri banget!

 

4. Aconitum

Kamu jangan sampai tertipu dengan luarannya yang cantik nan menggoda. Boleh saja kamu terpesona dengan bunganya berwarna ungu cantik, tetapi jangan asal menyentuhnya kalau mau selamat. Pasalnya, bunga ini mengandung racun, lho. Bisa bikin mati rasa, diare, muntah, sampai kematian. Dulu, tumbuhan ini diusap-usapkan di ujung panah untuk membunuh serigala.

 

5. Birthwort (Aristolochia clematitis)

Bagian batang dan akar tanaman ini memang sering dijadikan obat. Namun, nggak berarti kamu bisa bebas mengkonsumsi tanaman herbal ini. Meski sering dijadikan obat alternatif, tanaman birthwort punya efek samping yang membahayakan tubuh. Yakni, kamu bisa terserang gagal ginjal. Makanya, perlu hati-hati agar nggak terjadi padamu.

CTABARU3

Mobile Site CTA

6. Biji jarak (Ricinus communis)

Jenis tumbuhan yang membahayakan selanjutnya adalah biji jarak. Banyak banget efek yang akan kamu rasakan kalau sampai mengkonsumsi buahnya. Selain bisa bikin sakit perut, biji jarak jika bisa menyebabkan kolaps, kejang, hipotensi dan peningkatan denyut jantung. Bahkan, menurut profesor Biologi Union County College, kalau dibiarkan berlarut-larut bisa mengancam jiwa.

 

7. Sikat menyengat (Dendrocnide moroides)

Jika melihat selintas, nggak ada yang aneh dari daun tumbuhan sikat menyengat ini. Padahal, daun ini memiliki rambut-rambut kecil yang bisa menyebabkan kulit sakit seperti tersengat. Kalau sampai mengenai kulit, kamu mesti membasuhnya dengan asam hidroklorik. Kalau sudah, kamu bisa menghilangkan bulu-bulu yang tersisa dengan wax strips. Tumbuhan ini mudah sekali ditemukan di Australia.

 

8. Hogweed raksasa (Heracleum mantegazzianum)

Tampilannya, sih, memang cantik luar biasa. Namun, siapa yang menyangka kalau hogweed raksasa bisa bikin lecet dan luka-luka. Tinggi pohonnya mencapai 6 meter dan dianggap sebagai gulma berbahaya.

 

Artikel Terkait: Mempercantik Rumah dengan Tanaman Hias

  1. Letakkan 5 Tanaman ini di Kamar untuk Tidur Berkualitas
  2. 6 Jenis Tanaman Hias yang Tengah Tren dan Mempercantik Rumah
  3. Percantik Rumah Mungilmu dengan 10 Contoh Desain Ini

 

Penasaran dimana hogweed raksasa ini tumbuh? Kamu bisa menemukannya dengan mudah di Amerika. Nggak menutup kemungkinan juga ada di Indonesia, lho!

 

9. White baneberry (Actaea pachypoda)

Meski bentuknya bikin penasaran setengah mati, kamu nggak boleh menyentuh white baneberry. Tumbuhan dengan bentuk menyerupai bola mata ini sangat berbahaya karena mengandung racun. Hindarkan anak-anak pada tanaman ini, ya. Takutnya, kalau mereka sampai memakannya.

Setelah mengetahui jenis tumbuhan yang membahayakan, kini kamu harus lebih hati-hati, ya. Kalau menemukan bunga, tumbuhan atau buah liar di tempat baru, jangan asal memegang atau memakannya. Yuk, lebih hati-hati mulai dari sekarang!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett