Beranda > Gaya Hidup > Berkebun di Halaman Kecil? Ini 6 Tanaman yang Bisa Jadi Pilihan

Berkebun di Halaman Kecil? Ini 6 Tanaman yang Bisa Jadi Pilihan

Berkebun di Halaman Kecil? Ini 6 Tanaman yang Bisa Jadi Pilihanwatermark

TUNAIKU.COM– Keterbatasan itu memang bisa bikin orang lebih kreatif! Nggak punya lahan yang luas sekalipun, kamu tetap bisa berkebun buah, lho. Saat tetanggamu yang punya halaman luas panen buah-buahan, kamu pun nggak perlu gigit jari lagi. Menanam buah-buahan di halaman rumah sempit bisa dilakukan dengan adanya tanaman buah dalam pot (tabulampot).

 

Sekarang makin menjamur pilihan buah-buahan yang bisa kamu tanam dalam pot. Meski pohonnya pendek, buahnya nggak kalah lebat dengan pohon buah yang tinggi menjulang. Poin plus lainnya adalah tabulampot ini bisa difungsikan sebagai tanaman hias di halaman rumah.

 

Artikel Terkait: Manfaat dari Berkebun

  1. 5 Jenis Tanaman Rumah yang Bermanfaat Bahkan Bisa Dijadikan Bisnis
  2. Menikmati Masa Pensiun, Enaknya Ngapain Ya? Daripada Stres, Mending Coba Lakukan 4 Kegiatan Ini
  3. Kenapa Sebaiknya Alokasikan Dana untuk Urban Farming di Rumah?

 

Ini dia beberapa rekomendasi tanaman buah dan sayur untuk lahan sempitmu.

 

1. Cabe

 

A post shared by CabeHias.Com (@cabehias_com) on

 

Cabe adalah tanaman sejuta umat yang mudah banget kamu temukan di pekarangan rumah. Saya pun nggak mau ketinggalan dan turut menaman cabe di depan rumah. Hal ini bisa mengantisipasi kalau ada kenaikan harga cabe jilid 2 di masa depan, hehe.

 

Jika sudah punya tanaman cabe sendiri, kamu nggak perlu galau kalau harga cabai melonjak. Aman, tinggal petik di kebun dan sudah bisa bikin ayam geprek mampus, deh! Hehe.

 

Dan lagi, sekarang sudah banyak beragam model cabe yang bisa kamu tanam, kok. Mulai dari yang cabe yang bisa dikonsumsi sampai cabe hias yang cantik-cantik. Silakan pilih sesuai selera.

 

 

2. Tomat

 

 

Tomat masuk dalam jenis sayuran yang nggak rewel dalam hal perawatan. Jadi, nggak salah jika banyak gardener yang hobi menanam tomat di pekarangan rumah. Untungnya, tomat nggak memakan banyak tempat dan bisa ditanam di dalam pot.

 

Dan jika sudah berbuah, kamu pun tinggal petik saja kalau butuh buat sambal atau lalapan. Salah satu jenis tomat yang boleh banget kamu tanam adalah tomat ceri. Tomat ceri ini bisa buat salad untuk menu dietmu.

 

3. Buah nangka

 

Bagaimana jadinya kalau pohon nangka ada versi mininya? Langsung saya boyong deh untuk koleksi kebun, hehe. Kini, sudah banyak kok buah nangka tabulampot yang bisa kamu beli.

 

Pohon nangka ini akan punya tinggi nggak sampai 2 meter, tetapi buahnya lebat di kanan-kiri batang. Alhasil, banyak kalangan yang melirik buah nangka untuk ditanam di lahan sempit. Meski nggak punya lahan luas, saya kan juga pengin panen nangka. Betul, nggak?

 

Kamu bisa beli bibit buah nangka mini ini dengan harga mulai dari Rp45 ribu saja. Nggak terlalu mahal, kan? Namun ingat, perlu perawatan yang tepat ya agar buah nangka ini rajin berbuah.

 

4. Buah tin

 

 

Buah tin memang lagi naik daun satu tahun terakhir ini di tempat saya tinggal.  Rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk, bikin banyak gardener jatuh hati padanya. Orang-orang pun makin tertarik untuk membudidayakan buah tin karena khasiatnya untuk  kesehatan.

 

Saya sendiri mengincar buat tin buat koleksi kebun karena tertarik dengan bentuknya yang lucu. Dengan bentuknya yang unik ini, tentu akan memberikan nilai estetika pada halaman rumahmu.

 

5. Lemon

 

 

Satu lagi tanaman dapur yang bisa kamu pilih adalah lemon. Selain cocok untuk lahan sempit, budidaya lemon ada nilai ekonomisnya, lho! Kok bisa?

 

Tahu sendiri, kan, kalau lemon itu harganya nggak bisa dibilang receh, lagi? Saking mahalnya, kadang saya puas dengan beli satu buah saja. Makanya, daripada uang habis di supermarket, lebih baik menanam sendiri. Jika orang lain harus mengeluarkan banyak duit untuk beli dua buah lemon, kamu tinggal petik saja deh dari kebun minimu. Ekonomis banget!

 

6. Wijaya kusuma

 

Nggak melulu buah-buahan, kamu juga bisa meminang bunga wijaya kusuma dari toko tanaman hias terdekat untuk nambah koleksi di pekarangan. Dari dulu, bunga wijaya kusuma memang sudah punya banyak penggemar, termasuk saya.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kedai Kopi

  1. Perbandingan Harga 5 Kedai Kopi Susu yang Sedang Hits di Jakarta
  2. Cobain 7 Es Kopi Kekinian Ini, Enak dan Siap Usir Kantukmu
  3. 10 Kedai Kopi Kekinian yang Wajib Kamu Coba

 

Memiliki bentuk unik dan mampu menghasilkan aroma yang memikat, para gardener pun dibuat takluk olehnya.  Dengan menerapkan model aquaphonik, wijaya kusuma cocok ditanam di lahan sempit. Kamu bisa segera mewujudkan mimpimu untuk menanam wijaya kusuma di rumah.

 

Nah, jadi kamu mau pilih yang mana? Saya, sih, paling suka dengan lemon dan nangka tabulampot, hehe.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, investasi risiko rendah, jenis investasi

 

 

 

 

DEWI AYU NURJANAH

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett