Beranda > Gaya Hidup > Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekan

Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekan

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Tips Berkebun Sederhana Bersama Anak untuk Isi Akhir Pekanwatermark

TUNAIKU.COM – Akhir pekan adalah waktu yang cocok untuk dihabiskan bersama keluarga. Kalau kamu sudah memiliki anak, sempatkanlah mengisi waktu luang bersama mereka. Selain, meningkatkan kedekatan, mengajaknya bermain bersama bisa menumbuhkembangkan pola pikir dan kepribadian si anak.

 

Mengisi akhir pekan enggak harus pergi liburan ke tempat-tempat mahal. Kamu bisa mulai dengan mengajak anak-anak berkebun di rumah sendiri. Selain lebih murah, kamu bisa mendorong anak untuk peduli terhadap hal-hal di sekitar mereka, termasuk memahami alam, belajar bertanggung jawab, dan belajar bekerja sama.

 

Berkebun bersama anak bisa dengan cara sederhana seperti menanam tanaman simple ini!

 

Artikel terkait: Tips mendampingi anak dalam menghadapi masalahnya!

  1. Tips-tips untuk Menghadapi Anak yang Sering Bertengkar
  2. Tips Menghadapi Anak yang Tidak Sependapat Denganmu
  3. 5 Cara Tepat Dampingi Anak yang Hadapi Ujian Akhir Tanpa Stres

 

1. Cabai

Menanam cabai cukup mudah. Kamu enggak memerlukan banyak perlengkapan atau pupuk berbahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan anak. Cara menanamnya tinggal buat jalur vertikal, kemudian tanam cabai dengan memberi jarak antar benih sekitar 10 cm. Siram dengan air, lalu tutupi dengan karung goni selama 4 hari. Biasanya cabai akan tumbuh dan berkembang dalam kurun waktu 2,5—3 bulan.

 

2. Tomat

Sediakan polybag untuk menanam tomat. Kamu bisa ajarkan anak menyemai biji tomat di polybag yang sudah tersedia. Setelah selesai disemaikan, kini kamu bisa bergantian dengan anak menyirami tanaman setiap pagi selama 30 hari. Nah, kalau tanaman sudah mulai tumbuh, minimal lima helai daun. Pindahkan tanaman tersebut ke polybag yang lebih besar. Katakan pada anak untuk hati-hati dalam memindahkannya. Jangan sampai akar tanamannya jadi rusak.

 

Artikel terkait: Memilih perlengkapan rumah jangan asal-asalan. Yuk, simak tips dan triknya di sini!

  1. Nggak Perlu AC, Yuk, Bikin Sejuk Rumah dengan Benda Ini
  2. Perhatikan Kriteria Ini Saat Memilih Furnitur untuk Rumah Mungil
  3. Gaya Lampu yang Cocok untuk Hunianmu, Pilih Mana?

 

3. Bawang bombay

Ajak anak-anak untuk bangun pagi dan berkebun merupakan ide yang baik. Kali ini kamu bisa ajari anak menanam bawang bombay. Kebetulan tanaman ini membutuhkan udara yang sejuk agar bisa tumbuh dengan maksimal, sehingga sangat baik ditanam saat pagi hari. Untuk perawatannya, sering-sering ditaruh di tempat yang sejuk ya.

 

4. Jahe

Buat kamu yang enggak punya lahan luas, bisa banget ajak anak menanam jahe di halaman rumah. Namun, sebelum menanam kamu harus menyediakan campuran tanah dan pupuk kandang dan melakukan pembiakan jahe di tempat yang tertutup dan lembab, supaya tumbuh bibit jahe. Kalau sudah tumbuh dua tunas, jahe bisa langsung ditanam di polybag atau kebun rumahmu.

 

5. Kunyit

Persediaan kunyit di dapurmu bisa kamu jadikan sebagai bibit, lho. Namun, kunyit yang kamu gunakan setidaknya sudah berumur 7—12 bulan dan sudah ada 1—3 mata tunas ya. Kalau kunyit sudah tersedia kamu dan si anak bisa melakukan pembiakkan seperti tanaman jahe. Setelah tumbuh tunas kira-kira 3 cm, baru kamu bisa minta tolong anak untuk memindahkannya ke polybag, supaya bisa tumbuh dengan baik.

 

6. Daun pandan

Pembiakkan daun pandan cukup fleksibel karena bisa ditanam di tanah yang luas atau di polybag. Kamu bisa menggunakan daun pandan tua sebagai bibit dan jangan lupa ditanam di tanah yang basah, karena daun pandan suka sekali air. Selama merawat tanaman, ajarkan anak untuk rajin menyirami daun pandan ya, serta jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang lembab.

 

Sederhana sekali bukan? Dorong anak untuk terus melakukan hal-hal yang bermanfaat ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett