Beranda > Karier Sukses > 8 Hormon Ini Dapat Membantumu Mengurangi Berat Badan, Apa Saja?

8 Hormon Ini Dapat Membantumu Mengurangi Berat Badan, Apa Saja?

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
8 Hormon Ini Dapat Membantumu Mengurangi Berat Badan, Apa Saja?watermark

TUNAIKU.COM – Memiliki berat badan yang ideal tentunya menjadi mimpi kebanyakan orang. Naik turunnya berat badan ini sering kali dihubungkan dengan pola makanan dan gaya hidup yang dijalani. Untuk bisa memiliki berat badan yang sesuai dengan keinginan, terkadang kamu melakukan banyak usaha. Namun, pada beberapa kasus, ada orang yang diet rutin tapi nggak kurus-kurus dan ada orang yang makan banyak tapi nggak gemuk-gemuk.

 

Nah, sebenarnya berat badan juga bisa dikontrol melalui hormon yang ada di dalam tubuhmu. Hormon-hormon ini nggak hanya berpengaruh ke suasana hati, tapi juga bisa berdampak ke berat badan.

 

Artikel Terkait: Memulai Hidup Sehat dari Makanan

  1. Kenapa Makanan Sehat Itu Mahal? Ini 5 Alasannya!
  2. Tampak Sehat, tapi 6 Makanan Ini Punya Kadar Gula yang Tinggi!
  3. Nggak Harus Mahal, Lakukan Ini Untuk Bisa Makan Makanan Sehat dengan Bujet Minim

 

 1. Hormon tiroid

Hormon yang menghasilkan T3, T4, dan Kalsitonin ini bertugas untuk menjaga metabolisme tubuh. Kamu bisa memaksimalkan kerja hormon ini dengan mengonsumsi garam beryodium dan mengonsumsi suplemen vitamin D. Kekurangan hormon ini akan menyebabkan pembakaran kalori menjadi lambat.

 

2. Hormon insulin

Hormon ini bertugas untuk menyimpan glukosa menjadi lemak atau mengubahnya menjadi energi ketika diperlukan. Untuk menjaga kadar insulin, kamu bisa rajin minum air putih dan olahraga minimal 4 jam dalam seminggu. Sedikit bergerak akan menyebabkan glukosa di dalam tubuh diubah menjadi lemak.

 

3. Hormon kortisol

Hormon ini bertugas untuk mengurangi stres dengan menaikkan gula darah, menekan sistem kekebalan tubuh, membantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk menjaga kadar hormon ini, kamu harus tidur cukup minimal 7-8 jam sehari dan meluangkan waktu untuk jalan-jalan.

 

4. Hormon testosteron

Hormon ini membantu membakar lemak dan memperkuat tulang serta otot. Untuk menjaga kadarnya, kamu harus olahraga secara teratur dan memenuhi asupan protein. Kekurangan hormon ini akan menyebabkan kegemukan.

 

5. Hormon estrogen dan progesteron

Hormon ini diperlukan untuk sistem reproduksi wanita dan kelancaran fungsi tubuh. Untuk menyeimbangkan kadar hormon ini, kamu perlu mengonsumsi sayur serta buah dan menghindari daging mentah atau makanan olahan. Jika hormon ini nggak stabil, maka akan berpengaruh ke berat badan kamu.

 

6. Hormon ghrelin

Hormon inilah yang mengirimkan sinyal lapar ke otak. Jadi, kamu perlu mengatur kadar hormon ini dengan baik. Hormon ini umumnya akan meningkat ketika kamu sedang puasa atau diet. Kamu bisa menekan produksi hormon ini dengan makan buah dan sayuran segar serta makanan kaya protein, juga bisa dengan meminum 1,5 gelas air sebelum makan.

 

 7. Hormon leptin

Hormon ini bertugas untuk mengatur keseimbangan energi dan menghambat rasa lapar. Jika kadarnya stabil, pola makanmu bisa teratur. Namun, jika kadarnya terlalu banyak, kamu akan makan terlalu banyak karena otak nggak menerima sinyal kenyang. Kamu bisa mengontrol kadar hormon ini agar tepat dengan mengurangi konsumsi gula dan makanan olahan serta tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari.

 

Artikel Terkait: Pilihan Sehat untuk Diet yang Sehat  

  1. Rutin Minum Lemon Water, Ini Manfaat Baik untuk Kesehatan
  2. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!
  3. Wajib Follow 10 Akun Instagram Makanan Sehat Ini!

 

8. Hormon melatonin

Hormon ini dilepaskan ketika kamu tidur untuk menyembuhkan, memperbaiki komposisi tubuh, dan membangun otot. Pola tidur yang nggak teratur akan berdampak pada produksi hormon ini yang juga akan memengaruhi berat badan kamu. Untuk memaksimalkan produksi hormon ini, kamu perlu tidur yang cukup dan hindari makan sebelum tidur.

 

Itulah 8 hormon yang berpengaruh dalam memperlancar proses penurunan badan manusia. Ternyata, bukan cuma faktor eksternal saja yang bisa bikin sehat, tapi juga dari internal. Semangat!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

 

 

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett