Beranda > Karier Sukses > Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?

Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?

Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?watermark

TUNAIKU.COM – Menimba ilmu memang seakan tidak ada habisnya. Kebutuhan untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik dan pengalaman hidup menjadi alasan masyarakat untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Untuk melanjutkan studi S2 atau S3, biasanya orang langsung berpatokan dengan universitas-universitas di benua Eropa atau Amerika. Padahal, universitas-universitas di Asia pun nggak kalah hebatnya, kok.

Untuk kenal lebih jauh lagi, kita intip yuk kelebihan dan kekurangan 3 negara Asia, antara lain Singapura, Jepang, dan India, yang populer sebagai tujuan kuliah di luar negeri bagi mahasiswa Indonesia.

 

Singapura

Singapura menjadi salah satu tujuan kuliah paling ideal bagi mahasiswa Indonesia. Selain karena jaraknya yang dekat dengan Indonesia, fasilitas hidup yang disediakan juga telah ditunjang dengan sistem transportasi dan teknologi informasi yang canggih. Beberapa perusahaan Singapura juga akan langsung merekrut lulusan dari universitas ternama dengan pekerjaan dan gaji yang tinggi. Dengan adanya bahasa Inggris dan Melayu sebagai bahasa resmi Singapura tentu akan lebih memudahkan komunikasi kita sebagai warga Indonesia.

Namun ada satu hal yang harus kamu pertimbangkan jika ingin melanjutkan studi di Singapura, yaitu biaya. Biaya hidup maupun biaya kuliah di Singapura cukup tinggi, termasuk yang tertinggi di Asia. Namun jangan khawatir, banyak universitas di Singapura yang menyediakan beasiswa maupun program pinjaman pendidikan bagi mahasiswa Indonesia. Beasiswa yang terkenal adalah SCP Singapore Scholarship yang diberikan kepada mahasiswa dari negara-negara anggota ASEAN. Beasiswa ini berlaku untuk semua disiplin ilmu kecuali Kedokteran, Kedokteran Gigi, Arsitektur dan Hukum terbuka untuk Scholars. Jurusan favorit bagi mereka yang kuliah di Singapura adalah engineering, khususnya yang memilih NTU (Nanyang Technological University).

 

Jepang

Jepang yang terkenal akan kemajuan teknologi dan kebudayaannya menjadi destinasi pendidikan lainnya. Kamu mungkin berpikir jika belajar ke Jepang maka kamu harus fasih berbahasa Jepang, namun tidak perlu khawatir karena kebanyakan program studi diajarkan sebagian atau sepenuhnya dalam Bahasa Inggris, jadi mahasiswa yang tidak bisa berbahasa Jepang akan dapat mengikuti pelajaran.

Alasan lain untuk melanjutkan studi di Jepang adalah karena Jepang dinilai sebagai salah satu negara paling aman di dunia dengan adanya larangan bagi senjata api, serta peraturan yang ketat untuk narkoba dan alkohol. Jepang merupakan negara yang tepat jika Anda ingin mempelajari ilmu sains, teknik, dan bioteknologi. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kemajuan teknologi dan ilmu sains yang berkembang begitu pesat di negara sakura tersebut.

Biaya hidup dan biaya kuliah di Jepang terbilang cukup mahal, khususnya di kota Tokyo. Namun ada banyak beasiswa yang ditawarkan, beberapa diantaranya adalah beasiswa dari Asia Development Bank, Monbugakusho, ataupun beasiswa Dikti. Ada juga beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang yaitu Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) dan Japan Student Services Organization (JASSO).

(Artikel terkait: Buat yang Berencana Kuliah S2, Perhatikan 7 Beasiswa yang Bisa Kamu Kejar di Tahun 2017 Ini!)

 

India

Melanjutkan studi di India juga dapat dijadikan alternatif bagi mahasiswa Indonesia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara Taj Mahal ini sangat pesat. Pendidikan di India cukup baik dan memiliki standar Eropa. Tenaga pengajar juga berkualitas dengan menggunakan bahasa Inggris. Untuk masalah biaya hidup, di India memiliki biaya hidup yang cukup murah bahkan hampir sama dengan di Indonesia.

Program S1 umumnya hanya 3 tahun dan mudah untuk melanjutkan ke jenjang S2 sampai S3. India memiliki perguruan tinggi unggulan pada bidang teknik dan teknologi, serta kesehatan. Perguruan tinggi India juga memimpin dalam bidang seni dan humaniora, ilmu pasti fisika terapan, kimia, dan matematika.

Namun dengan biaya kuliah yang murah ini, di beberapa universitas Anda akan menemukan fasilitas perkuliahan yang sederhana. Beragam sarana transportasi yang tersedia seperti monorail atau MRT, bajay juga murah namun fasilitas publik ini terbatas karena banyaknya penduduk di negara ini. Anda harus siap untuk berebutan atau mengantri untuk menggunakan fasilitas publik.

 

Bagaimana, Kawan Tunaiku? Tertarik untuk melanjutkan sekolah ke salah satu negara yang jadi favorit di Asia, nggak? Kualitas pendidikannya enggak kalah dengan universitas-unversitas di Australia, Eropa, maupun Amerika, kok. Kamu juga nggak perlu khawatir untuk biaya sekolah maupun biaya hidup di sana. Jika kamu butuh dana yang mendesak untuk sekolah, kamu bisa langsung ajukan pinjaman tunai tanpa agunan di Tunaiku sekarang juga.

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku. Prosesnya berbasis digital dan berteknologi tinggi.

Yuk, langsung ajukan dan isi formulir di sini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett