Beranda > Karier Sukses > 6 Kiat Sukses Dapat Pekerjaan Setelah Wisuda

6 Kiat Sukses Dapat Pekerjaan Setelah Wisuda

PAULUS RISANGPaulus Risang
6 Kiat Sukses Dapat Pekerjaan Setelah Wisudawatermark

TUNAIKU.COM – Wisuda menjadi suatu momen yang ditunggu-tunggu mahasiswa karena menjadi sebuah perayaan mengakhiri masa studi di perguruan tinggi. Namun, setelah wisuda, justru bisa kebingungan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Sebagian orang ingin bekerja dan sebagian lagi ingin berwirausaha. Langsung mendapatkan pekerjaan setelah wisuda memang nggak mudah. Nah, ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan selagi masih kuliah agar saat wisuda nanti kamu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

 

Saya sendiri nggak terlalu lama menunggu pekerjaan setelah wisuda karena terbantu pengalaman berorganisasi saat kuliah dulu. Hal ini menambah keyakinan HRD tempat saya bekerja untuk menilai kemampuan bekerja dalam tim. Buat kamu yang juga mau langsung dapat pekerjaan setelah lulus kuliah nanti, berikut 6 kiat yang bisa diikuti!

 

1. Membangun jaringan selama masih kuliah

Saat kuliah sebaiknya nggak hanya mengikuti kelas perkuliahan lalu pulang saja, alangkah baiknya kamu menjalin koneksi sebaik-baiknya. Di perguruan tinggi banyak sekali orang-orang hebat yang bisa membawamu menuju kesuksesan di kemudian hari, entah itu dari dosen, teman yang sudah memiliki pengalaman, atau karyawan perguruan tinggi. Kita nggak pernah tahu di masa depan akan dihadapkan dengan hal apa, siapa tahu salah satu orang yang kamu kenal baik saat kuliah bisa memudahkanmu di masa depan, bukan?

 

Artikel Terkait: Cara Memiliki Karier Gemilang

  1. Benarkah Pengalaman Bekerja Sangat Berpengaruh dalam Kemajuan Karier?
  2. 7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilang
  3. 5 Hal Kecil Sepele Ini Ternyata Dapat Membuat Kariermu Semakin Naik

 

2. Ikutlah organisasi di kampus

Di kampus banyak sekali unit kegiatan mahasiswa yang bisa kamu ikuti. Bahkan, ada juga kampus yang mewajibkan tiap mahasiswanya agar minimal mengikuti satu organisasi di kampus. Dengan mengikuti organisasi kampus, kamu bisa belajar kepemimpinan, kerja sama tim, koordinasi, komunikasi, dan menambah koneksi yang nantinya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

 

Ikutilah organisasi kampus yang kamu suka. Misalnya, kamu suka bermain band. Ikutlah organisasi musik di kampus, atau kamu suka olahraga ikutlah organisasi olahraga di kampus. Meskipun masuk ke organisasi hobi, tapi kamu tetap bakal dapat ilmu-ilmu ekstra personalnya, karena kampus selalu melibatkan organisasinya dalam berbagai kegiatan yang diadakan.

 

3. Kumpulkan portofolio selama masih kuliah

Selama masih kuliah, banyak karya yang bisa kamu buat. Misalnya karya seni lukis jika kamu kuliah di jurusan seni rupa atau bahkan aplikasi smartphone jika kamu kuliah IT. Portofolio ini bisa menjadi bekal kamu saat akan melamar pekerjaan yang sesuai dengan karya yang pernah dibuat. Perusahaan akan mempertimbangkan calon karyawan yang memiliki portofolio daripada nggak memiliki portofolio sama sekali. Selain portofolio saat mengikuti mata kuliah, kamu juga bisa mengumpulkan portofolio dari lomba atau kegiatan kampus yang pernah kamu ikuti, lho.

 

4. Jangan anggap remeh hobi

Saat kuliah, kamu memiliki banyak waktu dan media untuk menyalurkan hobi, hobi fotografi, atau hobi menulis misalnya. Sebaiknya tekuni hobi itu sedalam mungkin selagi kamu bisa. Di kampus, akan lebih mudah menemukan orang yang memiliki hobi sama dan buatlah komunitas untuk mengasah keterampilan hobi kamu. Hobi yang terasah bisa mendatangkan rezeki jika dilakukan dengan profesional, lho. Siapa tahu setelah lulus kamu bisa membuka jasa fotografi sendiri. Bakalan keren, tuh!

 

5. Serius dalam mengikuti perkuliahan

Di kelas, kamu pasti diajarkan banyak sekali pelajaran yang sesuai dengan bidang perkuliahan. Seriuslah dalam memahami setiap materi yang disampaikan dosen, karena materi yang disampaikan bisa saja akan kamu temui saat terjun di dunia kerja nanti. Jangan sampai kamu justru harus mengambil kursus keterampilan lagi setelah lulus kuliah karena kamu kurang serius mendalami materinya. Saat bekerja kamu dihadapkan dengan materi yang pernah diajarkan pada waktu kuliah.

 

Artikel Terkait: Asuransi Kesehatan

  1. Pilah Pilih Asuransi Kesehatan, Ini yang Harus Diketahui!
  2. 5 Berita Tidak Benar Seputar BPJS Kesehatan
  3. Milenial, Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Mana yang Terbaik?

 

6. Pahamilah bahwa bekerja nggak harus sejalan dengan jurusan kuliah

Dalam mencari pekerjaan, terkadang para sarjana terpaku untuk bekerja sesuai jurusan kuliah. Padahal untuk fresh graduate, nggak selalu tersedia lapangan pekerjaan yang spesifik dengan jurusan yang ada di perkuliahan. Terkadang kamu harus mulai dari bawah dulu untuk meniti karier. Meskipun kamu nggak berada di posisi yang kamu impikan, tapi dengan bekal kemampuan dan koneksi saat kuliah kamu bisa sedikit demi sedikit meraih posisi yang diimpikan. Perlu kamu pahami, kuliah bukan melulu untuk mengejar gelar sarjana saja, melainkan juga kemampuan berpikir dan pengalaman dari berbagai macam kegiatan yang kamu ikuti saat kuliah adalah hal bermanfaat.

 

Itulah 6 kiat yang bisa kamu lakukan agar sukses dapat pekerjaan setelah wisuda. Jangan lupa untuk menuliskan rencana masa depan dan impian kamu agar selalu terpacu dalam menjalani berbagai hal setelah lulus nanti.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett