Beranda > Karier Sukses > 7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilang

7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilang

PAULUS RISANGPaulus Risang
7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilangwatermark

TUNAIKU.COM – Revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Di tengah persaingan dalam berbisnis, semua orang berlomba-lomba untuk mewujudkan visi misi perusahaan. Dalam perjalanan karier, hal ini membuat perusahaan menuntut kualitas tinggi untuk calon pekerja. Terlebih di era modern ini, semakin banyak orang asing yang berdatangan untuk bekerja di Indonesia sehingga membuat persaingan semakin ketat.

 

Nah, jika kamu ingin diterima di perusahaan bagus dan memiliki karier gemilang yang menjanjikan, 7 skill ini wajib kamu miliki. Yuk, simak!

 

1. Bahasa asing

Ketika pertukaran tenaga kerja dan semua batas negara terasa melebur, kamu akan membutuhkan skill bahasa asing. Minimal, kuasailah bahasa Inggris. Hanya bahasa Inggris-lah yang bisa menyatukan pembicaraanmu dengan rekan kerja yang berasal dari negara lain.

 

Kalau kamu fasih berbahasa Jepang, Jerman, Mandarin, atau bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah ketika kamu melamar pekerjaan. Nggak jarang, kamu bakal mewakili perusahaan untuk bertemu dengan orang-orang penting di luar negeri. Dengan mengenal orang-orang penting yang berhubungan dengan perusahaan, kariermu akan lebih mudah naik karena mereka sudah percaya pada kemampuanmu.

 

Artikel Terkait: Skill yang Harus Kamu Upgrade

  1. Skill yang Wajib Dimiliki Digital Marketing Zaman Now
  2. 6 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Bantu Finansial Semakin Baik
  3. Work Skill yang Harus Dimiliki Perempuan 20 Tahun Agar Sukses di Usia 30 Tahun

 

2. Public speaking

Public speaking menjadi skill yang wajib kamu miliki karena di era 4.0 semua orang harus bisa mengemukakan pendapat di depan umum dengan sopan dan santun. Percuma kalau kamu punya ide cemerlang tapi nggak bisa diungkapkan, ide tersebut nantinya tinggal angan-angan semata. Kamu bisa belajar public speaking melalui organisasi yang akan membuatmu terbiasa berbicara di depan umum dengan percaya diri.

 

3. Aplikasi desain

Corel Draw dan Photoshop adalah salah satu aplikasi yang wajib kamu kuasai. Meskipun kamu nggak berasal dari jurusan desain, skill ini akan selalu dibutuhkan di mana pun kamu bekerja. Setidaknya kamu bisa membuat desain sederhana untuk layout presentasi, background panggung acara di kantor, bahkan spanduk dan brosur untuk program pemasaran. Kalau sedang nggak ada kesibukan, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar desain secara otodidak dengan panduan di Youtube.

 

4. Internet dan sosial media

Kamu pasti nggak asing lagi dengan internet dan sosial media. Kemampuan untuk menggunakan internet dan mengelola sosial media juga bakal jadi pertimbagan perusahaan untuk merekrut pegawai sepertimu lho. Bagaimanapun, sekarang hampir semua instansi memiliki website dan sosial media untuk kepentingan publikasi. Kalau kamu bisa membuat brand image yang baik, atasanmu nggak segan-segan untuk mempromosikanmu naik jabatan.

 

5. Kecerdasan emosi

Nggak hanya nilai dan ijazah, perusahaan juga butuh orang yang memiliki integritas. Orang yang memiliki kecerdasan emosi tentu akan disukai banyak orang, baik itu atasan, rekan kerja, dan investor. Dengan kecerdasan emosi, kamu bisa mengambil waktu yang tepat untuk bernegosiasi dan mengambil hati investor. Kalau sudah begini, siap-siap saja naik pangkat!

 

6. Manajemen waktu

Semua orang yang bekerja memiliki kesibukan masing-masing. Bahkan terkadang, kesibukan tersebut seperti nggak ada habisnya. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu bisa mengerjakan deadline tepat waktu karena semua pekerjaan sudah terjadwal sesuai skala prioritas.

 

Artikel Terkait: Tips Meniti Karier

  1. Hati-hati Hobi Menunda Pekerjaan Bisa Merusak Karier, Lho!
  2. Meniti Karier dengan Bekerja di Bank, Mengapa Tidak?
  3. Bagaimana Cara Menyeimbangkan Karier dan Kehidupan Pribadimu?

 

7. Kerja sama tim

Kerja sama tim selalu menjadi poin penting yang nggak bisa kamu lewatkan. Hasil yang dikerjakan bersama-sama pasti akan lebih baik daripada dikerjakan seorang diri. Kamu harus bisa menekan ego untuk kepentingan tim.

 

Itulah 7 skill yang wajib kamu miliki untuk mencapai karier gemilang di era 4.0 ini. Apa kamu perlu meng-upgrade skill lagi?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett