Beranda > Karier Sukses > 5 Cara Mengelola Keuangan untuk Pekerja Fresh Graduate

5 Cara Mengelola Keuangan untuk Pekerja Fresh Graduate

5 Cara Mengelola Keuangan untuk Pekerja Fresh Graduatewatermark

TUNAIKU.COM – Kebanyakan pekerja fresh graduate memang belum bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang berada di puncak. Hal ini lumrah dialami oleh mereka karena pengalaman kerja yang dapat dikatakan masih minim. Posisi pekerjaan yang masih berada di level bawah atau menengah membuat para pekerja fresh graduate memiliki gaji yang pas-pasan. Gaji yang terima setiap bulan mungkin bisa cepat ludes karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Hal ini menjadi masalah klasik yang dialami oleh para lulusan yang baru pertama kali kerja. Lalu bagaimana agar pekerja fresh graduate bisa tetap menggunakan gajinya dengan bijak? Terlebih lagi bisa menabung untuk masa depan. Berikut ini merupakan lima cara mengelola keuangan untuk pekerja fresh graduate yang dapat dicoba.

 

  • Membuat perencanaan keuangan

Poin pertama yang dapat dilakukan ialah membuat perencanaan keuangan setiap bulan. Alokasikan dana tersebut akan digunakan untuk pengeluaran apa saja, misalnya tabungan, membayar cicilan, kost, makanan, transportasi, belanja dan lainnya. Anda boleh saja membuat anggaran untuk berlibur, namun batasi jumlahnya agar tidak berlebihan. Sebaiknya pilih kebutuhan yang paling mendesak terlebih dahulu, misalnya cicilan motor yang mendesak segera harus dibayar.

 

  • Menabung secara paksa

Walaupun Anda memang seorang pekerja fresh graduate, sebaiknya tetap sisihkan sebagaian uang untuk ditabung. Walaupun jumlahnya sedikit, namun tabungan tersebut akan tetep berguna untuk masa depan. Sebenarnya jumalah tabungan yang ideal ialah sebanyak 30% dari total gaji. Anda bisa membuka rekening baru yang digunakan khusus untuk menabung, kemudian tidak perlu membawa ATM rekening tersebut kemana-mana.

 

  • Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Mungkin ketika pertama kali menerima gaji, Anda akan merasakan kepuasan karena bisa menikmati hasil kerja keras. Tentu saja hal ini membuat Anda memiliki perasaan konsumtif yang ingin membeli macam-macam barang atau makanan. Jika Anda memiliki kartu kredit, sebaiknya gunakan secara bijak dan tepat. Jangan menggunakan kartu kredit hanya untuk barang yang tidak terlalu penting karena dapat menyulitkan Anda di masa mendatang. Jika Anda memang ingin kredit sebuah barang yang benar-benar dibutuhkan, Anda bisa mencari bank yang menyediakan fasilitas kredit tanpa agunan.

 

  • Melakukan penghematan

Sebaiknya Anda melakukan penghematan secara besar-besaran, agar gaji Anda bisa teralokasikan untuk menabung dan membeli sesuatu yang memang dibutuhkan. Penghematan bisa dilakukan mulai dari membawa bekal makanan dari rumah, jalan kaki ke kantor (jika memungkinkan), naik transportasi umum, dan mengurangi ajakan teman untuk nongkrong atau makan di luar.

 

  • Melakukan investasi

Jika ada dana berlebih, tak ada salahnya Anda mulai mencoba berinvestasi. Investasi mempunyai keuntungan yang lebih, apabila dibandingkan dengan tabungan karena jumlahnya bisa bertambah secara terus menerus. Nilai uang juga tidak akan menurun akibat dari inflasi yang terjadi. Anda bisa memulai mencoba produk investasi yang berisiko kecil seperti reksadana atau emas.

 

Kelima cara mengelola keuangan di atas dapat Anda coba demi kemanan finansial di masa depan. Sebenarnya pekerja fresh graduate tetap bisa menabung dan mempersiapkan masa depan, asal tahu cara mengelola keuangan dengan baik. Selamat mencoba!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett