Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Karier

5 Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Karier

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Karierwatermark

TUNAIKU.COM – Media sosial banyak digandrungi anak muda. Hampir setiap hari kita membuka media sosial, mulai dari Whatsapp, Instagram, Facebook, hingga Twitter. Nah, memanfaatkan media sosial dengan baik dapat berkontribusi untuk karier dan masa depan, lho!

 

Penulis sendiri mendapatkan banyak pengetahuan dari media sosial, seperti keterampilan dalam mengelola keuangan, pengetahuan tentang mengurus anak, cara untuk meningkatkan karier, dll. Di bawah ini ada 5 tips untuk memaksimalkan media sosial kamu untuk karier atau mencari pekerjaan. Yuk, simak!

 

1. Gunakan nama asli dan tampilkan fotomu

Gunakan informasi asli, seperti nama asli dan foto wajahmu agar orang lain mudah menemukanmu. Jangan menggunakan nama samaran atau foto artis sehingga orang lain nggak akan mengenalimu.

 

Gunakan nama yang sama untuk semua akun sosial media, seperti LinkedIn, Instagram, Facebook, dll. Kalau perlu, cantumkan alamat emailmu agar orang lain atau perusahaan bisa langsung menghubungi ketika mereka tertarik ingin bekerja sama denganmu.

 

Artikel Terkait: Cara Memiliki Karier Gemilang

  1. Benarkah Pengalaman Bekerja Sangat Berpengaruh dalam Kemajuan Karier?
  2. 7 Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Karier yang Gemilang
  3. 5 Hal Kecil Sepele Ini Ternyata Dapat Membuat Kariermu Semakin Naik

 

2. Bangun image positif

Kamu memang memiliki kebebasan dalam menggunakan media sosial. Namun, jangan lupa untuk selalu membangun image positif dengan menampilkan hal-hal yang baik. Unggah foto dan status yang baik, nggak bernada negatif, dan nggak mengandung unsur SARA.

 

Hapus foto atau status yang mengandung unsur negatif dan bisa menimbulkan cemooh. Selalu biasakan untuk berkata sopan ketika menggunakan sosial media. Jadikan media sosial ini sebagai portofolio agar orang lain mengenal karya-karyamu. Dengan begitu, media sosialmu akan jauh lebih bermanfaat.

 

3. Tunjukkan prestasi

Sosial media nggak hanya untuk mengunggah foto OOTD dan liburan saja, tetapi kamu perlu meng-highlight kelebihan dan prestasi yang pernah kamu dapatkan di timeline. Nggak jarang, prestasimu ini bakal membuat orang lain terinspirasi sehingga akan mengenalmu sebagai sosok yang inspiratif dengan prestasi mumpuni. Orang akan mudah mengingatmu melalui prestasi-prestasi yang pernah kamu torehkan. Bagaimanapun juga, auramu jauh lebih bersinar ketika kamu memiliki prestasi.

 

4. Follow perusahaan impian

Media sosial nggak hanya digunakan untuk terhubung dengan kerabat dan keluarga tercinta, tetapi juga memberikan banyak informasi-informasi yang kamu butuhkan. Kamu wajib follow perusahaan impian untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai perusahaan tersebut. Misalnya, etika perusahaan, sistem kerja perusahaan, program-program yang sedang dijalankan oleh perusahaan, bahkan pembukaan lowongan pekerjaan. Kini akun media sosial perusahaan biasanya malah lebih update daripada website-nya. Jadi, kamu bakal follow akun perusahaan impian, kan?

 

Artikel Terkait: Asuransi Kesehatan

  1. Pilah Pilih Asuransi Kesehatan, Ini yang Harus Diketahui!
  2. 5 Berita Tidak Benar Seputar BPJS Kesehatan
  3. Milenial, Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Mana yang Terbaik?

 

5. Ikuti akun-akun yang bermanfaat

Untuk mendapatkan informasi-informasi yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan karier, kamu perlu untuk mengikuti akun-akun yang bermanfaat. Carilah sosok inspiratif yang bisa kamu jadikan teladan dan selalu memberikan informasi positif mengenai pengembangan diri, kerja sama tim, dan bidang-bidang lain yang sesuai dengan pekerjaan impianmu. Hindari untuk mengikuti akun-akun yang nggak memberikan manfaat sehingga hanya membuat media sosialmu nggak berisi konten yang menarik.

 

Itulah 5 tips memaksimalkan media sosial untuk karier. Yuk, bangun karier gemilang mulai dari sekarang!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett