Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Jitu Si Kutu Loncat saat Berhadapan dengan HRD

5 Tips Jitu Si Kutu Loncat saat Berhadapan dengan HRD

dhandyDhandy
5 Tips Jitu Si Kutu Loncat saat Berhadapan dengan HRDwatermark

TUNAIKU.COM – Gelar “Si Kutu Loncat” rupanya sudah tidak asing lagi didengar di kalangan generasi milenial. Gelar tersebut bisa ditujukan pada seseorang yang dikenal sering berganti pekerjaan atau berpindah-pindah tempat pekerjaan. Biasanya, orang yang memiliki karakter seperti itu, haus akan pengalaman dari banyak perusahaan.

 

Saat ini, gelar tersebut rupanya sering ditujukan pada generasi milenial. Hal tersebut memang sejalan dengan salah satu sifat generasi milenial yaitu sebagai agen perubahan yang bisa memberikan dampak bagi lingkungan atau masyarakat. Oleh karena itu, generasi milenial memang menyukai banyak perubahan dan juga perkembangan dalam kehidupannya.

 

Pengalaman yang semakin beragam

 

Dari berbagai pengalaman yang telah mereka peroleh, tentunya mereka akan menjadi semakin berpengalaman dan juga memiliki banyak kemampuan baru. Hal tersebut tentunya bisa menjadi nilai tambah bagi seseorang tersebut, karena kemampuan dan pengalaman yang mereka miliki semakin banyak dan juga semakin beragam.

 

Nah, dari beberapa nilai tambah yang tadi telah disebutkan, membuat si kutu loncat tersebut tetap percaya diri saat berhadapan dengan HRD di calon tempat kerja yang baru.

 

Artikel Terkait: Tips khusus sebelum resign dari perusahaan lama

  1. Ini 7 Tanda Kamu Lebih Baik Memilih Pekerjaan Baru
  2. Tips Jitu Cari Pekerjaan Baru saat Merasa Karir Mandek
  3. 6 Tips Kelola Keuangan Sebelum Resign dan Tanpa Pekerjaan Baru

 

Akses informasi yang sangat luas

 

Faktor lainnya yang membuat si kutu loncat suka berpindah-pindah pekerjaan adalah akses informasi yang sangat luas, sehingga bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan di suatu perusahaan.

 

Hal tersebut rupanya memicu adrenalin si kutu loncat untuk tertantang mencoba pekerjaan baru di tempat yang baru dan sekiranya lebih baik dari pekerjaan sebelumnya.

 

5 tips jitu saat berhadapan dengan HRD di perusahaan yang baru

 

Dari berbagai pernyataan dan alasan yang telah dijelaskan di atas, membuat si kutu loncat semakin percaya diri untuk berhadapan dengan HRD di perusahaan baru, meskipun dia bisa dianggap sebagai orang yang tidak loyal pada satu perusahaan.

 

Namun, jangan khawatir, generasi milenial tidak akan pernah kehabisan akal untuk hal itu. Berikut adalah 5 tips jitu yang bisa dilakukan si kutu loncat saat sedang wawancara dengan HRD di calon perusahaan yang baru. Hal ini tentunya bisa dilakukan agar dipercaya oleh HRD saat wawancara kerja.

 

1. Pengalaman yang positif di tempat kerja sebelumnya

 

Saat kamu diwawancarai oleh HRD, pasti muncul sebuah pertanyaan mengenai pengalamanmu di tempat kerja sebelumnya. Untuk itu, kamu harus hindari memberikan keterangan yang negatif mengenai tempat kerjamu tersebut.

 

Kamu harus siapkan jawaban yang positif, sehingga HRD akan berpikir bahwa kamu juga akan melakukan hal positif serupa pada calon perusahaanmu yang baru.

 

CTABARU1

2. Ceritakan berbagai pengalaman dan kemampuan yang sudah kamu miliki

 

5 Tips Jitu Si Kutu Loncat saat Berhadapan dengan HRD

Ceritakan pada mereka bahwa kamu memiliki berbagai pengalaman dan kemampuan dari banyak perusahaan yang pernah menaungimu. Tentunya, berbagai hal tersebut bisa kamu aplikasikan di calon perusahaan yang baru.

 

3. Kamu adalah orang yang mudah beradaptasi dengan hal baru

 

5 Tips Jitu Si Kutu Loncat saat Berhadapan dengan HRD

Dengan berbagai pengalaman di banyak perusahaan, tentunya membuat kamu akan menjadi semakin mudah dalam beradaptasi. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi poin yang sangat baik untuk calon karyawan di suatu perusahaan baru.

 

Karena, pihak perusahaan tidak perlu melakukan banyak hal untuk mengenalkan kamu dengan lingkungan dan tanggung jawab di pekerjaan yang terbaru.

 

4. Gunakan alasan yang positif dan juga meyakinkan

 

Saat kamu ingin berpindah pekerjaan, pastinya kamu akan ditanya mengenai alasan utama mengenai keputusan tersebut. Tentunya, kamu harus menggunakan beberapa alasan yang positif agar bisa diterima dengan baik oleh HRD perusahaan.

 

Beberapa contoh alasan positif yang bisa kamu berikan antara lain, ingin mencari bidang yang cocok, status pekerjaan yang belum tetap, dan ingin mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar.

 

Artikel Terkait: Tips khusus sebelum kamu resign dari perusahaan lama

  1. Sebelum Memilih Pekerjaan Baru, Penting untuk Mempertimbangkan Hal Berikut
  2. Ini 8 Cara Identifikasi Perusahaan Sebelum Melamar Pekerjaan
  3. Mau Dapat Pekerjaan dan Penghasilan Lebih Baik, Ini Caranya!

 

5. Terangkan bahwa alasan sering berpindah pekerjaan adalah demi mencapai target karier

 

Terangkan pada HRD perusahaan bawa berpindah-pindah pekerjaan adalah demi mendapatkan posisi yang lebih baik serta tanggung jawab yang lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa jelaskan bahwa keputusanmu untuk pindah adalah demi mendapatkan pengalaman dan kemampuan yang lebih banyak.

 

Dengan begitu, HRD perusahaan akan menyimpulkan bahwa keputusanmu untuk berpindah pekerjaan adalah demi mencapai target karier, bukan karena bosan atau tidak bisa memegang komitmen.

CTABARU3


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett