Beranda > Karier Sukses > Mau Dapat Pekerjaan dan Penghasilan Lebih Baik, Ini Caranya!

Mau Dapat Pekerjaan dan Penghasilan Lebih Baik, Ini Caranya!

Audrey GabriellaAudrey Gabriella
Mau Dapat Pekerjaan dan Penghasilan Lebih Baik, Ini Caranya!watermark

Mau resign dari tempat kerja lama karena calon tempat kerja baru menawarkan gaji yang lebih besar dan pekerjaan yang diberikan juga lebih mapan? Tak ada salahnya, sih. Saya juga mungkin akan melakukan hal itu bila dapat kesempatan. Namun, ada hal yang mesti kamu lakukan bila mau mendapatkan hal itu. Ini dia yang harus kamu lakukan itu.

 

1. Tuliskan pandangan dirimu secara profesional

Dilansir dari Moneysmart, agar bisa mendapat pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik, kamu harus membuat pandangan dirimu secara profesional lebih dulu. Ini harus dilakukan sebelum kamu membuat surat lamaran ke perusahaan yang baru. Tuliskan pandanganmu mengenai apa yang bisa kamu lakukan di tempat kerja baru tersebut.

 

Misalnya, ide apa yang bisa kamu sumbangkan untuk mengembangkan perusahaan itu dan lain sebagainya. Ingatlah, selalu lihat seperti apa kapasitas dirimu sebelum mengajukan lamaran ke perusahaan baru. Kalau bisa, buatlah ide menarik dan kreaitif yang bisa membuat kamu diterima bekerja di perusahaan tersebut.

 

2. Tetap terhubung dengan relasi lama

Kesalahan banyak orang yang sudah mendapatkan pekerjaan di tempat baru adalah meninggalkan relasi rekan lamanya. Padahal, hal ini salah. Sangat penting buatmu untuk tetap menjaga jalinan yang baik dengan relasi di kantor lama. Dengan hubungan yang baik bersama relasi dan klien, kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk hal yang lebih baik.

 

Misalnya, mendapatkan pekerjaan yang baru bila ternyata perusahaan yang baru kamu masuki tak cocok denganmu. Kalau kamu kehilangan kontak mereka, tak ada salahnya untuk mengirim email ke kontak mereka untuk menanyakan lowongan pekerjaan. Namun, tetap harus ada basa-basinya, ya! Jangan langsung nyelonong.

 

3. Tanyakan alasan kenapa perusahaan tersebut mencari karyawan baru

Sebelum kamu benar-benar resign dari perusahaan lama, ada baiknya kamu cari info dulu kenapa perusahaan baru yang kamu tuju membutuhkan karyawan baru. Coba tanyakan ke HRD perusahaan tersebut kenapa mereka mencari karyawan baru di posisi yang kamu incar. Tak apa, toh ini juga demi kebaikanmu.

 

Selain itu, kamu juga harus bertanya mengenai hal apa yang seharusnya kamu lakukan bila diterima di pekerjaan itu. Cari tahu juga apa yang harus kamu lakukan bila ada masalah di divisi tersebut. Kamu bisa menanyakan semua hal ini ketika interview. Dengan begitu, apa yang kamu dapatkan di sini sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

 

4. Mesti tahu pasaran kamu sesuai dengan pengalaman

Maksudnya? Bila kamu sudah profesional dan memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, baiknya kamu tahu seberapa besaran gaji yang seharusnya kamu dapat di kantor baru itu. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu melihat-lihat akun kerja kamu agar tahu seberapa besar gaji yang akan kamu dapatkan bila diterima di sana.

 

Sebab, biasanya setiap perusahaan memiliki standar gaji masing-masing untuk setiap posisi yang ada. Jangan sampai gaji yang akan kamu terima di perusahaan baru itu tidak sesuai dengan harga pasaran dan atau malah lebih rendah dari gaji yang kamu terima di perusahaan lama. Oleh sebab itu, tak ada salahnya menanyakan masalah gaji ini ketika interview juga.

 

Nah, sudah mendapat pandangan bagaimana caranya kamu dapat pekerjaan baru dengan patokan pekerjaanmu sekarang dan besaran gaji yang diterima? Sebelum pindah, kamu harus ingat juga, persaingan dunia kerja itu berat.

 

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett