Beranda > Karier Sukses > Ini 8 Cara Identifikasi Perusahaan Sebelum Melamar Pekerjaan

Ini 8 Cara Identifikasi Perusahaan Sebelum Melamar Pekerjaan

Ini 8 Cara Identifikasi Perusahaan Sebelum Melamar Pekerjaanwatermark

TUNAIKU.COM – Melamar kerja itu perkara mudah. Namun, menemukan perusahaan yang benar-benar bagus dan tak melakukan penipuan lowongan pekerjaan adalah hal yang susah. Ada banyak lho, kasus penipuan lowongan pekerjaan ini. Agar hal tersebut tak menimpa kamu, ada beberapa tips dari MoneySmart yang bisa dilakukan. Saya sudah terapkan dan terbukti. Jadi, bisa kamu contoh!

 

1. Cari tahu track record perusahaan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar tak tertipu lowongan pekerjaan adalah cari tahu track record perusahaan tersebut. Kamu bisa mencarinya dari berbagai sumber. Kalau saya dulu, sebelum bekerja di tempat sekarang, saya cari tahu dulu sudah berapa lama perusahaan ini beroperasi dan di mana letak kantor pusatnya.

 

Kamu juga bisa mencari hal tersebut. Selain agar terhindar dari masalah penipuan lowongan pekerjaan, hal ini juga berguna ketika kamu menjalani review kelak. Meski belum pasti, bisa jadi nanti HRD menanyakan hal mengenai perusahaan, kan?

 

2. Tanya pada teman

Kamu juga bisa mengindetifikasi apakah perusahaan itu bagus atau tidak dengan bertanya pada teman, terlebih bila teman kamu bekerja di sana. Tanyakan padanya apakah itu info bodong atau tidak. Tentunya, bertanya pada teman yang bekerja di sana merupakan info yang bisa dipercaya, kan?

 

3. Lihat ulasan orang lain

Kamu juga bisa melihat ulasan orang lain di internet ketika melamar kerja. Lihat bagaimana ulasan mantai pegawainya atau yang mencoba melamar di sana. Di beberapa portal daring, biasanya kamu akan menemukan visualisasi hal ini untuk memudahkan pencari kerja. Hanya saja, memang tak semua perusahaan ada.

 

4. Perhatikan deskripsi pekerjaan

Kamu harus pastikan lowongan pekerjaan yang ada sesuai dengan kemampuan. Jangan hanya mencari posisi yang ada jabatannya, ya! Sebab, kebanyakan lowongan pekerjaan bodong memanfaatkan judul lowongan yang menarik perhatian peminat untuk menjaring korban.

 

5. Kondisi keuangan

Salah satu hal yang harus kamu cari tahu ketika melamar kerja di perusahaan itu adalah mencari tahu kondisi keuangan perusahaan itu seperti apa. Tak harus rinci, kok! Kamu bisa mencari di internet tentang hal ini. Biasanya, akan ada berita mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan terlebih bila perusahaan itu adalah perusahaan terkenal.

 

6. Mencari profil karyawan yang bekerja

Kamu juga bisa mengindentifikasi apakah perusahaan itu benar atau tidak dengan mencari profil karyawan yang bekerja di sana. Ini akan membuat kamu yakin bahwa perusahaan itu bukan perusahaan abal-abal. Kamu bisa manfaatkan media jejaring sosial untuk mengetahui profil karyawan baik yang sedang atau sudah pernah bekerja di sana.

 

7. Kenali kompetitor

Sudah menjadi hukum dunia bahwa dalam suatu dunia industri, pasti ada yang namanya kompetitor. Begitu juga dengan ketika kamu melamar pekerjaan. Kalau kamu melamar pekerjaan tapi tak ada kompetitor di dalamnya, kamu harap curiga jenis pekerjaan apa yang ditawarkan.

 

8. Cari tahu peringkatnya

Coba juga cari tahu peringkat dari perusahaan tersebut. Dalam industri, biasanya ada perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, kan? Nah, umumnya kamu bisa menemukan perbandingan peringkat setiap perusahaan. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di internet. Namun, kalau tak ada di peringkat tersebut, kamu juga tak harus menaruh curiga,

 

Pasalnya, ini bukan faktor utama yang menentukan benar tidaknya perusahaan tersebut. Bisa jadi bahwa perusahaan itu adalah jenis startup yang baru mengembangkan diri, kan? Namun, tentu kamu juga harus waspada.
Itulah delapan cara mengidentifikasi perusahaan sebelum melamar kerja agar tak tertipu dengan lowongan pekerjaan bodong yang sering beredar. Kalau kamu takut tertipu, mending buat usaha sendiri saja. Kalau modalnya kurang, hubungi Tunaiku dan pinjam dana untuk modal usaha di sana.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett