Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Atasi Stres Kembali Bekerja Setelah Cuti Lebaran

5 Tips Atasi Stres Kembali Bekerja Setelah Cuti Lebaran

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
5 Tips Atasi Stres Kembali Bekerja Setelah Cuti Lebaranwatermark

TUNAIKU.COM – Kembali bekerja setelah cuti Lebaran tentu membuat aktivitas jadi terasa kurang menyenangkan. Pasalnya, kamu sudah kehilangan semangat untuk kembali bekerja karena sudah menikmati libur yang panjang.

Apalagi waktu berlibur kamu manfaatkan untuk beristirahat dan berkumpul sanak saudara. Nah, biar kamu move on dari cuti Lebaran dan agar tidak stres kembali bekerja, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Yuk, coba cek dan lakukan cara ampuh berikut ini.

 

Artikel terkait: Kiat sehat pekerja kantoran

  1. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial
  2. Hati-Hati! 7 Hal yang Biasa Ditemui Saat Kerja Ini Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan!
  3. 5 Dampak Buruk pada Kesehatan Tubuh Jika Sering Terjebak Macet, Hati-Hati!

 

1. Beri jeda istirahat

Agar tidak terlalu kaget dengan kondisi pekerjaan yang memerlukan konsentrasi dan semangat maka kamu bisa memanfaatkan jeda waktu untuk bistirahat. Tidak perlu lama berikan tubuh untuk rileksasi sebentar sekitar 15 menit.

Terutama bagi yang bekerja di depan layar monitor. Alihkan pandangan dari layar komputer, lalu beranjak dari meja kerja. Kamu bisa berjalan-jalan keliling kantor atau bahkan ke luar ruangan. Istirahat akan membantu kamu menjaga kewaspadaan dan menjadikan tubuh segar kembali.

 

2. Lakukan peregangan

Duduk berjam-jam di kursi sambil menatap layar komputer dapat menimbulkan stres pada pikiran dan tubuh. Selain itu, sistem pencernaan juga menjadi nggak aktif ketika duduk untuk waktu yang lama. Menurut info kesehatan jika duduk terlalu lama menyebabkan nafas berkurang. Bahkan kamu nggak dapat mengembangkan paru-paru dalam kapasitas penuh kamu mungkin hanya bernapas sekitar 60-70 persen dari kapasitas penuh.

Lakukan olahraga ringan atau peregangan sebentar, misalnya berdiri , atau berjalan-jalan di sekitar ruangan. Sebab, Manusia enggak dirancang untuk tetap duduk dalam waktu lama. Kita memiliki lebih dari 600 otot dan sekitar 300 sendi di dalam tubuh yang dirancang bergerak.

 

3. Ubah pola makan dan perbanyak minum air putih

Cuti Lebaran membuat pola makan tidak terkontrol. Pasalnya kamu  jadi makan lebih bebas dan tanpa pilih-pilih semua disikat. Hasilnya, tidak hanya membuat badan menjadi lebih melar tapi juga asupan lemak yang menumpuk dapat membuat tubuh kurang sehat. Coba mulai kembali mengatur pola makan yang sehat dan perbanyak minum air putih.

 

Dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah tubuh akan memiliki pasokan energi lebih banyak. Memperbanyak asupan air yang cukup membantu kamu menjaga suasana hati agar tetap baik di tempat kerja,  karena hormon tubuh akan tetap terjaga dalam kisaran normal.

CTABARU3

Mobile Site CTA

4. Pernapasan diafragma

Lakukan pernapasan diafragma dengan mengambil napas dalam-dalam, setidaknya selama dua menit. Nah, teknik ini bisa kamu lakukan setiap kali merasa stres akibat pekerjaan.

 

5. Latih konsentrasi dan pertajam memori

Hal ini penting karena dapat membantu pikiran dan tubuh lebih rileks dan membuat pekerjaan menjadi lebih fokus. Caranya pun cukup menyenangkan bisa menjadi rileksasi saat penat bekerja.

Permainan ini juga sederhana karena kamu hanya membutuhkan mata dan dua obyek memiliki bidang datar yang ada di sekitar meja kerja. Pertama, alihkan fokus bolak balik antara dua obyek benda diam selama 30 detik.Lalu geser pandangan kembali ke sisi layar monitor lanjutkan dengan langkah pertama sebanyak 2 kali. Mudah, kan?

 

Artikel terkait: Mari sehat jiwa raga

  1. Ini Kiat Membangun Rasa Percaya Diri yang Sehat Bagi Mahasiswa Milenial
  2. 5 Inspirasi Menu Sarapan Sehat Tanpa Daging, Bikin Kenyang dan Siap Aktivitas Seharian
  3. Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Mentalmu

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett