Beranda > Karier Sukses > Ini Kiat Membangun Rasa Percaya Diri yang Sehat Bagi Mahasiswa Milenial

Ini Kiat Membangun Rasa Percaya Diri yang Sehat Bagi Mahasiswa Milenial

PAULUS RISANGPaulus Risang
Ini Kiat Membangun Rasa Percaya Diri yang Sehat Bagi Mahasiswa Milenialwatermark

TUNAIKU.COM – Bagi Milenial dan Gen-Z yang tengah menginjakkan kaki di bangku kuliah, merasa kurang percaya diri ketika berada di tengah ratusan mahasiswa lain yang mungkin terlihat lebih berprestasi, lebih kaya, atau supel adalah hal yang wajar. Terlebih jika kamu kuliah di universitas ternama. Setidaknya, itulah hal yang pernah saya rasakan ketika mengenyam bangku kuliah.

 

Meskipun banyak anak lain punya berbagai kelebihan, bukan berarti kamu layak inferior, lho. Di lingkungan yang kompetitif seperti di kampus, membangun rasa percaya diri itu adalah kunci penting agar kamu sukses menjalani proses perkuliahan maupun berorganisasi.

 

Untungnya, rasa percaya diri itu bisa dilatih. Nah, ini dia beberapa kiat membangun rasa percaya diri yang sehat bagi mahasiswa milenial!

 

Artikel Terkait: Berbagai Rekomendasi Universitas Pilihan

  1. 7 Universitas Negeri dengan Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik
  2. 5 Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia
  3. 5 Universitas dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

 

1. Abaikan bisikan-bisikan negatif di pikiranmu

Pernahkah kamu memperhatikan kalau bisikan-bisikan negatif justru kerap datang dari diri sendiri? Kata-kata semacam “saya nggak bisa”, “saya takut”, atau “yang lainnya lebih hebat dari saya” tentu dapat menggerus rasa percaya dirimu.

 

Saran saya, kamu nggak perlu mendengarkan suara-suara itu. Bukankah kamu berhasil menyisihkan banyak pesaing saat ujian masuk universitas yang jadi pilihanmu? Cobalah untuk membayangkan pencapaian-pencapaianmu sebelumnya, dijamin kamu bakal lebih pede, deh!

 

2. Temukan hal-hal yang menyenangkan di kampus

Kalau diamati, sebenarnya ada banyak hal di kampus yang patut kamu syukuri. Mulai dari dosen yang gaul dan asyik, mata kuliah yang menurutmu menarik, sampai teman-teman yang baik. Berfokuslah pada hal-hal yang menurutmu menyenangkan. Dengan begitu, rasa pede akan datang dengan sendirinya.

 

3. Ambil satu kegiatan atau mata kuliah yang kamu kuasai

Setiap semester, kamu akan menghadapi berbagai mata kuliah plus tugas-tugas yang menantang, bahkan sulit. Terus-menerus bergelut dengan kesulitan semacam ini nggak cuma menyita energi, tapi juga menurunkan rasa percaya diri.

 

Untuk menyiasatinya, cobalah untuk mengambil setidaknya satu mata kuliah atau kegiatan yang menurutmu bisa kamu kuasai dan nikmati. Hal ini dapat menghalau stres sekaligus membantu mengembalikan rasa percaya dirimu.

 

4. Mulailah dari hal-hal kecil

Rasa percaya diri bisa dibentuk dengan melakukan hal-hal kecil sebelum kamu memutuskan untuk mengerjakan hal-hal besar. Sebagai contoh, kamu bisa bertanya atau justru menjawab pertanyaan dari dosen atau sesama mahasiswa dalam forum diskusi di kelas. Cara lain, cobalah untuk memperoleh nilai tinggi dalam kuis mingguan dan tugas.

 

5. Mintalah arahan di awal

Kamu akan lebih pede ketika keraguan dan kebingunganmu terjawab. Untuk itu, cobalah berkonsultasi dengan dosen mata kuliah maupun pembimbing. Tanyakan tentang materi yang belum kamu pahami, ide awal untuk tugas atau skripsi, atau bagaimana mempersiapkan ujian.

 

Jika dosenmu sudah memberi pengarahan dan memastikan kamu berada di jalur yang benar, bebanmu pasti terasa lebih ringan. Jadikan setiap saran dan kritik dari mereka sebagai bentuk perhatian dan bantuan untukmu.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Mahasiswa

  1. Mahasiswa, Pasang 7 Aplikasi untuk Memudahkan Kehidupan Kuliahmu
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. 6 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Buat Mahasiswa yang Sulit Ngatur Duit

 

6. Berpartisipasilah dalam lomba atau beasiswa

Di kampus, kamu bisa dengan mudah menemukan tawaran beasiswa maupun kompetisi berhadiah baik di tingkat prodi, fakultas, maupun universitas. Nah, nggak ada ruginya untuk ikutan daftar. Memenangkan sesuatu bisa meningkatkan kepercayaan dirimu, lho!

 

Itulah beberapa kiat untuk menaikkan rasa percaya dirimu di kampus. Jadi, jangan merasa inferior lagi, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU3 Mobile Site CTA

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett