Beranda > Gaya Hidup > 5 Dampak Buruk pada Kesehatan Tubuh Jika Sering Terjebak Macet, Hati-Hati!

5 Dampak Buruk pada Kesehatan Tubuh Jika Sering Terjebak Macet, Hati-Hati!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
5 Dampak Buruk pada Kesehatan Tubuh Jika Sering Terjebak Macet, Hati-Hati!watermark

TUNAIKU.COM“Macet” dan “stres” merupakan dynamic duo yang akan sering sekali kamu jumpai di kehidupan perkotaan. Sepasang yang senantiasa membuat atmosfer negatif keluar dari tubuhmu. Parahnya lagi, ia menular dan berpengaruh pada kesehatan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

 

Psikolog Roslina Verauli dikutip dari Kompas mengungkapkan bahwa stres, frustasi adalah salah satu efek karena kemacetan. Di perkotaan, situasi ini dialami hampir setiap hari. Jadi, wajar saja kalau akhirnya bisa berdampak pada kondisi psikologis seseorang. Bagaimanapun, tubuh kita tidak dirancang untuk mampu menahan stres dalam waktu lama.

 

Psikolog kondang ini juga menambahkan, sebetulnya setiap orang merespons efek kemacetan berbeda-beda. Parahnya, bukan hanya dalam bentuk ekspresi emosi, macet juga bisa mengakibatkan sistem ketahanan tubuh menjadi rentan. Lalu, apa saja efek negatif yang muncul akibat kemacetan?

 

Artikel terkait: Yuk jaga kesehatan mentalmu

  1. Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Mentalmu
  2. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres
  3. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor

 

1. Memengaruhi kesehatan mental

Stres, kemarahan, kecemasan adalah respons yang kerap muncul ketika terjebak kemacetan. Meski sebetulnya berbeda, tapi tiga hal tersebut tidak pernah alpa mendatangimu saat terjebak macet.

 

Pernah nggak merasa luar biasa lelah setelah terjebak macet, padahal kamu duduk nyaman dalam mobil dan aktivitas serta rutinitas baru akan dimulai hari itu? Hal ini adalah indikasi kamu mengalami stres selama perjalanan karena macet.

 

2. Sakit pernapasan

Terlalu lama di jalan, bersama dengan puluhan, bahkan ratusan kendaraan yang juga tengah terjebak macet bersama kamu, membuat risiko gangguan pernapasan melambung tinggi.

 

Bayangkan, selama berjam-jam kamu menghirup berbagai gas beracun yang nggak kasat mata dari semua kendaraan di sekitar kamu. Masker mungkin akan cukup membantu, tapi tidak menghilangkan bahaya racunnya begitu saja.

 

cta2

Mobile Site CTA

3. Radang arteri

Semua gas beracun kendaraan bermotor yang kamu hirup tadi kemudian akan didistribusikan ke tubuh lewat darah. Nggak terkecuali paru-paru, yang kemudian dapat berisiko mengganggu masalah pernapasan.

 

Dilansir dari Washington Post, selain dapat menyerang paru-paru, pembuluh darah yang berperan sebagai kendaraan juga nggak lepas dari risiko dari gangguan tekanan darah. Sakit kepala, nyeri di beberapa bagian tubuh seperti punggung, kaki, dan leher adalah beberapa contohnya.

 

Lebih parah, risiko penyakit jantung dan stroke juga bisa dialami akibat akumulasi stres berlebih.

 

4. Memengaruhi performa kerja

Kondisi kesehatan fisik dan mental yang menurun ini pada akhirnya mendorong merosotnya performa dan produktivitas individu. Pada pekerja, ada kemungkinan jatuh sakit dan nggak dapat menyelesaikan tugas-tugas kantor dengan optimal.

 

Waktu berjam-jam yang dihabiskan di jalan secara rutin pada akhirnya membuat individu lebih rentan frustrasi.

 

5. Memengaruhi psikis pada janin

Psikolog anak dan keluarga Rusyika Thamrin Psi, CBA, CPHR mengungkapkan, efek dari kemacetan juga berpotensi meningkatkan masalah pada perilaku anak. Risiko ini berpotensi dialami oleh ibu yang tengah mengandung.

 

Menurut Rusyika, emosi yang dirasakan ibu seperti marah, takut, cinta dan berharap akan berpengaruh pada genetika anak. Ia menambahkan, emosi yang dialami oleh ibu hamil yang tengah stres akan dibawa ke plasenta bayi oleh molekul sehingga memengaruhi perkembangan otak bayi serta karakter emosi bayi.

 

Stres, marah, cemas merupakan sedikit dari sekian respons yang ditimbulkan macet pada individu. Respons tersebut merupakan hal negatif yang jika terjadi terus menerus dan terakumulasi berdampak langsung pada kondisi psikis janin.

 

Artikel terkait: Tetap sehat saat terjebak macet

  1. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet
  2. Ogah Kena Macet Saat Arus Balik Lebaran Nanti? Laksanakan 5 Tips Ini
  3. Rekomendasi Pengharum Mobil yang Menenangkan dan Meningkatkan Konsentrasi

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett