Beranda > Karier Sukses > Kebiasaan Buruk Dalam Mencari Pekerjaan yang Harus Dihindari

Kebiasaan Buruk Dalam Mencari Pekerjaan yang Harus Dihindari

Kebiasaan Buruk Dalam Mencari Pekerjaan yang Harus Dihindariwatermark

TUNAIKU.COM – Mencari kerja itu nggak mudah! Tanyakan ini kepada para fresh graduate atau mereka yang sedang pontang-panting mencari pekerjaan baru setelah resign. Dan, tahukah kamu salah satu faktor penghambatnya bisa jadi datang dari dirimu sendiri. Alias, kebiasaan negatif yang bisa membunuh kesempatanmu mendarat di kantor impian.

 

Nah, kali ini akan saya berikan tiga contoh kebiasaan buruk dalam mencari pekerjaan yang harus kamu hindari! Baca ya, supaya nggak terus-menerus kamu lakukan. Kalau nggak, nanti nggak ketemu-ketemu lho, pekerjaan yang baru!

 

1. Memandang rendah kemampuan diri, alias nggak pede

Anak muda, dunia kerja itu semakin kompetitif dari hari ke hari! Bisa dibilang, nggak ada tempat untuk mereka yang nggak pede. Makanya, kalau kamu sendiri nggak yakin dengan kemampuanmu, bagaimana perusahaan mau tertarik?

 

Saat kamu nggak pede, kelihatan lho dari gesture-mu. Dari caramu duduk, pandangan mata, dan intonasi saat berbicara. Para pewawancara akan membaca semua itu.

 

Untuk menaikkan kadar kepedean ini, caranya simpel: ingat-ingat pujian yang pernah dilontarkan kepadamu! Bukan masalah penampilan, lebih ke etika kerja dan pencapaian di kantor ya. Baca-baca lagi surat rekomendasi yang pernah ditulis oleh atasan dan kolegamu, misalnya. Atau, bagian achievement yang kamu tuliskan di resume. Cara ini sedikit banyak akan memompa rasa pedemu. Eits, tapi  ingat juga, jangan sampai over  sampai-sampai kelihatan sombong ya.

 

Artikel terkait: Mau kerja apa di mana ya?

  1. Merasa Nggak Cocok Kerja Back Office? Nih Pekerjaan yang Ngantornya Bisa di Mana Saja
  2. Plus Minus Mengikuti Program Management Trainee, Untung atau Rugi?
  3. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?

 

2. Terlalu fokus dengan hal-hal negatif

Saya ingat betul dengan wawancara pekerjaan pertama saya. Saat ditanya alasan resign, saya justru menjawab ‘jujur’ dan membeberkan hal-hal negatif yang ada di kantor. Pokoknya, semua masalah yang bikin saya nggak betah. Hahaha.

 

Saya pikir, karena jujur itu akan menarik simpati. Tapi, ternyata nggak! Karena, calon kantormu nggak tertarik dengan mereka yang isi kepalanya hanya hal-hal negatif melulu, alias, nggak mau move on ke hal-hal positif yang menunggu di depan.

 

Nah, kebiasaan buruk yang satu ini bisa kamu kurangi dengan cara mengubah pola pikir. Klise, sih. Tapi benar adanya. Cobalah untuk berlatih wawancara dengan temanmu.

 

Minta mereka ajukan pertanyaan-pertanyaan umum dan lihat kira-kira apa hal pertama yang kamu jawab? Terutama di poin mengenai kelemahan atau alasan resign seperti saya dulu.

 

Dengan demikian, kamu pun memberikan first impression yang keren di mata para pewawancara. Pribadi yang positif dan menjanjikan!

 

Artikel terkait: tips saat berburu kerja untuk fresh graduate

  1. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
  2. 6 Tips Ini Wajib Diperhatikan Sebelum Mengirim Email Lamaran Kerjamu!
  3. Sukses Hadapi Sesi Psikotes, Pelajari 6 Kiat Menggambar yang Tepat

 

4. Berharap terlalu tinggi

Mungkin kamu sudah keduluan berandai-andai, nih. Misalnya, akan naik jabatan setelah sekian tahun, kemungkinan akan ditransfer ke kota lain atau proyeksi gaji dua kali lipat. Memiliki cita-cita seperti ini, sah-sah saja. Tapi, kalau terlalu tinggi pun justru bikin dirimu tertekan.  Alih-alih kesampaian, kamu bisa stres sendiri kalau ternyata rencanamu nggak berjalan sempurna.

 

Agar terhindar dari kebiasaan buruk yang satu ini, cobalah untuk lebih santai. Alih-alih berambisi meraih goal yang tinggi-tinggi, lebih baik hargai saja dulu setiap prestasi kecil yang berhasil kamu lakukan.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, amra bank indonesia

 

 

 

Contohnya nih, saya dulu pernah melamar pekerjaan di perusahaan asing hingga ke ke tahap wawancara tatap muka. Tapi, ternyata belum lolos. Hehe. Nah, untungnya saat itu saya nggak terpuruk-terpuruk amat.

 

Daripada mengutuki keadaan, saya mencoba berbesar hati dan bangga akan kesuksesan berhasil melewati tahapan wawancara itu dan menjadiannya pelajaran untuk perburuan selanjutnya!

 

Ya, itulah dia tiga kebiasaan buruk dalam mencari pekerjaan yang harus kamu hindari, ya. Memang cuma tiga, tapi pasti deh masih sering terjadi. Hehe. Semoga artikel ini bisa menjadi pengingatmu saat sedang berburu kerja lagi, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett