Beranda > Karier Sukses > 5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Saat Tes CPNS

5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Saat Tes CPNS

SWARA TUNAIKUSwara
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Saat Tes CPNSwatermark

TUNAIKU.COM – Jadi PNS di zaman sekarang cukup sulit. Setiap kali tes CPNS diadakan, ribuan hingga puluhan ribu calon siap bersaing untuk mendapatkan sedikit bangku. Mayoritas mengincar jurusan kuliah banyak dicari karena prospek kerjanya bagus. Saya juga sepakat akan hal itu. Beberapa jurusan tersebut akan saya bagikan padamu sebagai pertimbangan prakuliah.

 

Artikel Terkait: Info Seputar Tes Lainnya yang Akan Memengaruhi Hidupmu

  1. Mengulik Lebih Jauh Tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
  2. 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Tidak Lolos SNMPTN 2017
  3. Apakah Jadi PNS Benar-benar Pilihan Karier yang Terbaik?

 

1. Teknologi Informasi dan Komputer

Saya menempatkan jurusan ini karena memang tingkat urgensinya lebih tinggi. Setiap lembaga pemerintah selalu membutuhkan praktisi di bidang ini. Demi pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat. Jurusan ini tidak hanya bicara tentang pembuatan game, tapi juga berperan dalam menjaga stabilisasi aplikasi yang sudah ada.

 

Kemampuan algoritma dan penguasaan bahasa pemrograman komputer sangat memengaruhi nilaimu saat tes. Soalnya agar diterima jadi PNS, pemerintah harus tahu betul bagaimana kapasitasmu ketika menekuni bidang TIK ini. Prospek kerja yang menantimu ada di beberapa lembaga pemerintah, badan pengawas, bisa pula guru di instansi dan sekolah.

 

2. Hukum

Jurusan di sektor hukum juga banyak diincar oleh para peserta CPNS. Prospek kerjanya juga cukup bagus. Setiap badan usaha ataupun perusahaan pasti selalu membutuhkan pengacara. Tujuannya agar menjadi juru bicara ketika ada tuntutan hukum, mengadakan perjanjian lewat surat kuasa, dan lain-lain. Kemampuan berkomunikasi yang baik harus kamu miliki.

 

Hampir tidak ada seorang ahli hukum yang gagap dalam menyampaikan pendapat. Seorang ahli hukum harus fasih dalam bicara. Terutama ketika ada ahli hukum di seberang sana menyerang dengan argumen yang cukup tajam. Bagaimana cara membalasnya kalau komunikasi saja tidak bisa? Oleh karena itu, bayaran untuk PNS di bidang ini sangat tinggi.

 

3. Pendidikan

Di antara jurusan yang lain, jurusan di bidang pendidikan termasuk jurusan kuliah yang banyak dicari CPNS. Bahkan yang paling banyak. Terutama karena sekarang jurusan di bidang lain juga dibolehkan menapaki dunia pendidikan. Tidak harus dari kalangan yang mempelajarinya secara langsung. Asalkan memenuhi syarat, langsung jadi.

 

Ironisnya, lulusan jurusan ini harus bersaing dengan lebih banyak orang hanya untuk menduduki satu bangku. Katakanlah kamu adalah lulusan jurusan Pendidikan Ekonomi. Tujuanmu jadi PNS itu untuk menjadi guru di bidang ekonomi. Maka kamu wajib siap-siap menghadapi persaingan yang ada.

 

4. Politik dan Pemerintahan

Jurusan di bidang ini akan banyak berperan dalam birokrasi pemerintahan. Mulai dari wilayah pedesaan hingga pusat kota. Setiap WNI yang bergelar sarjana berhak menempati posisi penting di media pemberitaan dalam tubuh pemerintahan. Misalnya pengamat politik, penyiar, sampai pemberi opini yang akan memudahkan khalayak dalam menafsirkan wacana.

 

Bagi seorang jurnalis, jurusan ini juga sangat penting ditempuh. Soalnya setiap media pasti menerbitkan beberapa atau belasan artikel bertema politik tiap harinya. Terutama sekarang ini jangkauan media sudah meluas ke bidang pemberitaan online. Prospek kerjanya tentu lebih luas lagi. Tidak heran kalau yang meminati PNS di bidang ini cukup besar.

 

Artikel Terkait: Info Seputar Pendidikan Lainnya

  1. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  2. Uang Pangkal Sekolah Anak Selangit? Pakai Pinjaman Tunaiku!
  3. 5 Alasan yang Salah Ketika Kamu Memutuskan untuk Lanjut S2

5. Bahasa Inggris

Salah satu bahasa komunikasi populer di dunia adalah Bahasa Inggris. Rasa-rasanya sekarang perusahaan pun lebih memprioritaskan penulisan CV dalam Bahasa Inggris daripada yang bukan. Kenapa? Sederhana saja. Profesionalitas calon pekerja bisa ditilik dari penguasaan bahasa asing. Begitu pula dengan lembaga pemerintah yang membutuhkannya.

 

Tiap jurusan kuliah banyak dicari saat tes CPNS tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saran saya, tetaplah yakin pada jurusan yang menjadi passion kamu. Bekerja dalam kondisi yang nyaman itu lebih baik daripada dapat gaji besar, tapi merasa terpaksa dan tersiksa. Apa yang sudah kamu mulai, lanjutkan. Saya selalu mendukung pilihanmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett