Beranda > Karier Sukses > Mengulik Lebih Jauh Tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Mengulik Lebih Jauh Tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Mengulik Lebih Jauh Tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)watermark

TUNAIKU.COM – Anak-anak yang berada di tahun ketiga bangku sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) baru saja merampungkan ujian nasional. Agak berbeda dengan zaman kamu sekolah dulu yang berbasis kertas dan menggukanan LJK atau lembar jawaban komputer, saat ini diterapkan sistem ujian nasional berbasis komputer atau UNBK.

UNBK sendiri pertama kali diterapkan secara terbatas pada 2014 dan dilaksanakan secara bertahap setiap tahunnya. Pada tahun 2017, setidaknya ada 30 ribu sekolah yang menggunakan sistem ini.

Sebenarnya, apa manfaatnya dan bagaimana pelaksanaan dari UNBK sendiri? Yuk, kita bedah hal ini lebih dalam!

 

Indonesia termasuk negara yang pertama menerapkan ujian berbasis komputer secara nasional

“Alhamdulilah, Indonesia termasuk yang paling awal menggunakan sistem ujian CBT (computer based test),” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Nizam, Ph.D, dikutip dari Okezone.com.

Sebagai perbandingan, Australia baru akan memakai ujian berbasis komputer di tahun 2019. Sementara, pelajar di Cambridge, Inggris, baru akan menikmati sistem sejenis pada 2020.

 

Saat ini, UNBK menerapkan sistem semi online

UNBK yang diterapkan saat ini memang tidak sepenuhnya online. Dari server pusat, soal-soal dikirim ke jaringan-jaringan lokal di sekolah-sekolah. Selanjutnya, peserta UNBK mengerjakan soal melalui jaringan lokal di sekolah masing-masing. Setelah ujian selesai, barulah hasil tes dikirimkan kembali ke server pusat lewat proses sinkronisasi.

 

Artikel terkait: Orang tua dan pendidikan anak

  1. Para Orang Tua, Apa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sekolah Anak?
  2. Dear Orang Tua, Prestasi Akademis Anak Ternyata Tidak Tentukan Kesuksesannya Kelak
  3. Dear Ibu yang Punya Anak Usia Sekolah, Buat Kartu Jakarta Pintar, Yuk!

 

Kelebihan UNBK dibandingkan dengan paper based test

Bisa dibilang, UNBK adalah sistem yang mengikuti perkembangan zaman. Kita tahu jika anak-anak zaman sekarang sangat melek teknologi, nggak terkecuali komputer. Dibandingkan mengisi kertas ujian, CBT jelas jauh lebih mudah dan praktis. Selain itu, tindak kecurangan pun dapat diminimalkan karena soal-soalnya bisa diacak sesuai dengan jumlah siswa.

Dari segi anggaran dan distribusi, UNBK jelas lebih efisien. Soal-soal ujian nggak perlu dicetak dan didistribusikan secara manual; cukup disinkronisasi dari server pusat ke sekolah-sekolah. Begitu pula dengan lembar jawaban. Jadi, nggak ada istilah soal ujian dan lembar jawaban terlambat dikirim, rusak atau hilang.

Satu lagi kelebihan dari CBT yaitu hasil ujian dapat diketahui lebih cepat. Sistem online memangkas jaringan distribusi serta menghemat waktu untuk mengoreksi seluruh jawaban siswa, sehingga adik-adik kita nggak perlu menunggu lama sampai hasilnya diumumkan.

 

Artikel terkait: Berinvestasi lewat pendidikan

  1. Mahasiswa Jakarta, Wujudkan Mimpi Lanjutkan Kuliah dengan KJMU!
  2. Ingin Nambah Kompetensi Lewat Kursus? Pinjaman dari Tunaiku Bisa Membantu!
  3. Melanjutkan Studi di Asia: Singapura, Jepang, atau India?

 

Tapi, UNBK juga bukannya tanpa cela

Keterbatasan jumlah komputer, pasokan listrik, maupun jaringan internet memang masih menjadi kendala utama bagi sistem ujian berbasis komputer. Agar dapat mengadakan UNBK, suatu sekolah memerlukan sarana dan prasarana yang memadai. Untuk mengantisipasi listrik padam saat ujian misalnya, sekolah perlu menyediakan genset yang dayanya mencukupi.

Sayangnya, ketersediaan listrik, internet, dan komputer memang belum merata hingga ke pelosok-pelosok Nusantara. Tidak semua sekolah mampu menjalankan sistem CBT akibat terbatasnya sarana dan prasarana. Hal ini tentu menjadi PR pemerintah dan lembaga pendidikan jika hendak melaksanakan UNBK secara merata di tahun-tahun mendatang.

Setelah menyimak penjelasan di atas, kamu jadi semakin paham dengan UNBK, bukan? Semoga bermanfaat, Kawan Tunaiku?

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett