Beranda > Gaya Hidup > Yuk, Coba Sensasi Lari Lintas Alam yang Bikin Hobi Lari Makin Menyenangkan

Yuk, Coba Sensasi Lari Lintas Alam yang Bikin Hobi Lari Makin Menyenangkan

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Yuk, Coba Sensasi Lari Lintas Alam yang Bikin Hobi Lari Makin Menyenangkanwatermark

TUNAIKU.COM – Lari memang jadi pilihan olahraga yang banyak digemari. Tidak hanya karena tanpa biaya dan bisa dilakukan kapan saja tetapi juga olahraga ini menyenangkan.

Nah, ternyata belakangan tengah tren olahraga lari lintas alam yang semakin membuat olahraga lari dilirik. Pasalnya, pesona alam Indonesia yang terkenal indah luar biasa menjadi pemandangan yang asyik saat melakukan olahraga ini.

Meskipun olahraga lari lintas alam disebut sebagai olahraga ekstrem tetapi banyak yang tertantang untuk melakukannya. Nggak hanya bagi mereka yang menggemari dunia lari, bahkan sampai ke mereka yang menyukai kegiatan luar ruangan.

 

Artikel terkait: Yuk berolahraga

  1. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!
  2. Biar Makin Semangat, Yuk Lakukan 7 Olahraga Ini Bareng Keluarga
  3. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!

 

Menjajal rute lintas medan yang ringan hingga yang berat pun jadi motivasi para pelari. Tentunya fisik dan ketahanan yang kuat menjadi modal utama untuk olahraga ini.  Tertarik? Coba ikuti langkah-langkah berikut ini kalau kamu ingin mencoba trail run.

 

1. Cari yang medannya bersahabat

Lari lintas alam merupakan lari jarak jauh dengan intensitas ringan hingga sedang yang dilakukan di alam terbuka, seperti pemukiman, pegunungan, pantai, atau hutan. Identik dengan olahraga ekstrim, tapi dengan beragamnya pilihan medan ini, kamu bisa memilih medan-medan yang lebih bersahabat.

Sambil menikmati alam, pegunungan mungkin akan lebih menyenangkan untuk dipilih. Tapi, risiko pada medan pegunungan tentu juga cukup besar, jadi alih-alih mengawalinya dengan medan pegunungan, area perbukitan nggak kalah bagus. Misalnya, di daerah Sentul Bogor, Cikole Lembang, serta Sumber Pitu, Coban Tengah, dan Gunung Butak di Malang.

 

2. Pilih yang memiliki pemandangan indah

Salah satu pesona lari lintas alam ini tentu saja alam itu sendiri. Pemandangan indah ini akan jadi media relaksasimu untuk berlari setelah lelah dihimpit penat dan hiruk pikuk kesibukan hidup perkotaan.

 

3. Persiapkan fisik

Berlari di medan yang biasa saja masih akan diikuti dengan risiko cidera, apalagi berlari di alam terbuka. Medan yang nggak biasa bisa saja membuatmu cidera serius kalau kamu nggak cermat.

Oleh karena itu persiapan pada fisik tentu perlu kamu lakukan. Cobalah untuk melatih kekuatan dan ketahanan fisikmu, dan meningkatkan kemampuan fleksibilitasmu. Fokus pada otot-otot kaki dan perut akan sangat bermanfaat untuk menghindari risiko-risiko cidera dari olahraga.

 

4. Kenakan perlengkapan yang memadai

Sejumlah perlengkapan seperti sepatu khusus trail running, pakaian yang cukup hangat, vest untuk membawa makanan dan minuman, hingga headlamp untuk lari malam adalah perlengkapan wajib kalau kamu ingin melakukan trail run.

5. Berlari dalam grup

Kalau kamu belum mengenal medan lari, sangat nggak disarankan untuk melakukan trail run seorang diri. Berlari bersama grup akan lebih disarankan kalau ini adalah kali pertama kamu melakukannya. Selain untuk meminimalkan risiko dan bahaya, berlari dalam grup juga akan lebih menyenangkan ketimbang sendiri, lho.

 

Artikel Terkait: Bagaimana Cara Agar Tubuh Sehat dan Bugar?

  1. Atasi Pegal? Ini 10 Gerakan Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor
  2. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet
  3. Nggak Perlu ke Gym, Lakukan 7 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!

 

Nah, gimana? Sudah siapa berlari lintas alam? Jangan lupa terapkan langkah-langkah di atas ya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

KTA, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, asuransi kesehatan, tips memilih asuransi kesehatan


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett