Beranda > Gaya Hidup > Atasi Pegal? Ini 10 Gerakan Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Atasi Pegal? Ini 10 Gerakan Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Atasi Pegal? Ini 10 Gerakan Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantorwatermark

TUNAIKU.COM – Duduk terlalu lama, menatap layar komputer sepanjang hari, mengetik dan mengerjakan pekerjaan kantor lainnya pasti membuat tubuh lelah. Badan pun akan mudah merasa pegal dan lemes. Tanpa dirasa kadang kamu pasti sering mengalami sakit di bagian leher dan tulang belakang. Hal itu terjadi karena kalau kamu duduk terlalu lama, apalagi kalau posisinya enggak nyaman, tulang belakang dan cakram penyusun tulang belakangmu akan semakin ditekan.

 

Nggak usah cemas, jika kamu merasakan kondisi yang sama seperti di atas. Ada solusi yang bisa kamu lakukan agar pegal dengan mudah diatasi.  Nah, berikut ini 10 gerakan workout ringan yang bisa kamu lakukan di kantor sehingga badan tetap fit sepanjang hari.

1. Naik tangga saja

Mulailah mengubah kebiasaan untuk memilih naik tangga daripada naik lift di kantor. Dengan menggunakan lift, memang lebih cepat tapi badanmu jadi kurang bergerak. Berbeda halnya jika kamu memilih naik tangga, badanmu semuanya akan bergerak. Apalagi aktivitas ini juga tergolong olahraga kardio lho, jadi nggak hanya bikin fit tetapi juga bisa membakar kalori.

 

Artikel terkait: Untuk kamu yang mau lebih sehat

  1. 6 Alasan Olahraga Bareng Pasangan Itu Lebih Seru & Menyehatkan
  2. Olahraga Pagi vs Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?
  3. Perbedaan Makanan Natural dan Organik yang Perlu Kamu Tahu

2. Duduk – berdiri

Gerakan ini sangat sederhana. Kamu hanya cukup bolak-balik duduk dan berdiri saja. Jangan pakai tangan, ya. Duduk dengan tegap dan kaki menginjak lantai membentuk sudut 90 derajat. Luruskan kedua tanganmu, usahakan bahu tetap dibuka lebar, dan tulang punggung tetap tegak. Kalau sudah,cobalah berdiri lalu duduk dengan tegak. Kamu melakukannya berulang 5 kali hingga 10 kali. Setelah sudah berdiri dengan benar, cobalah untuk duduk dengan tegak. Ulangi 5 sampai 10 kali.

 

3. Peregangan badan

Kalau yang ini sepertinya tanpa sadar juga sering kamu lakukan. Setelah sekian lama duduk, kamu tiba-tiba berhenti, menegapkan diri, dan meregangkan punggungmu ke kiri dan ke kanan. Kamu pernah melakukan itu? Nah, lakukan hal itu, tahan posisi selama 10 detik di kiri dan 10 detik di kanan.

 

4. Peregangan leher

Seperti peregangan leher yang biasa dilakukan saat senam di sekolah. Miringkan kepalamu sampai menyentuh bahu, tahan 8 detik. Ulangi untuk keempat sisi. Kiri, kanan, depan, dan belakang. Setelah itu putar pelan lehermu mengikuti arah jam, 5 sampai 8 kali. Ulangi untuk arah yang berlawanan.

 

5. Peregangan tangan

Duduk di kursimu tegap, angkat kedua tanganmu. Genggam pergelangan tangan kananmu dengan tangan kiri, tarik untuk meregangkan tubuh bagian kananmu. Tahan posisi selama 10 detik. Lakukan hal yang sama menggunakan tangan kananmu, ulangi tiap tangan secara bergantian masing-masing 5 kali.

 

6. Peregangan kaki

Duduk di kursimu, angkat satu kakimu lurus ke depan. Tahan selama 2 detik. Angkat lebih tinggi lagi, setinggi yang kamu bisa dalam keadaan duduk, tahan lagi selama 2 detik. Setelah itu turunkan perlahan ke posisi semula. Ulangi 15 kali untuk kedua kaki, lakukan secara bergantian.

 

7. Push up di meja

 

Bukan maksudnya kamu melakukan push up di atas meja ya. Push up di meja yang dimaksud adalah push up dengan menggunakan meja sebagai tumpuan. Langkah-langkahnya sama seperti kamu melakukan push up biasa, bedanya sekarang kamu menggunakan meja sebagai alas tanganmu. Ulangi sebanyak 20 kali.

 

8. Tricep dip di meja

 

Kalau push up badanmu menghadap ke meja, tricep dip badanmu membelakangi meja. Memang dasarnya hampir mirip dengan push up, bedanya yang dilatih adalah otot tricep, bukan bicep seperti saat push up. Yang harus kamu lakukan sama seperti push up, dengan badan membelakangi meja. Ulangi sampai 20 kali.

 

Artikel terkait: Agar tubuh tetap bugar

  1. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet
  2. 8 Gadget yang Bisa Membantumu Lebih Bersemangat Saat Olahraga
  3. Nggak Perlu ke Gym, Lakukan 7 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!

9. Wall sits

Kali ini kamu akan memanfaatkan dinding ruang kerjamu. Cari dinding yang agak legaan, semakin lega semakin baik. Buat badanmu seperti sedang duduk di kursi, walaupun sebenarnya enggak ada, dan tempelkan punggungmu di tembok. Tahan posisi ini hingga 60 detik.

10. Squat

A post shared by Squat At Home (@homesquat) on

Kamu pernah disuruh melakukan squat jump kan pada saat di sekolah? Nah, sekarang kamu cukup melakukan squat-nya saja, enggak perlu jump. Selain bertujuan untuk melatih otot paha dan kaki, squat juga melancarkan peredaran darahmu, lho. Lakukan gerakan squat seperti biasa, minus jongkok, ulangi sebanyak 20 kali.

 

Di atas tadi adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di sela-sela kamu bekerja. Oh iya, kamu tau enggak? Saat kamu berolahraga, hormon endorfinmu akan dilepaskan. Hasilnya mood kamu akan lebih ceria dari sebelumnya. Jadi selain badanmu lebih sehat dan fit, hatimu juga akan semakin riang dalam mengerjakan tugas kantor. Selamat mencoba ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

Pinjaman tanpa agunan Tunaiku

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett