Beranda > Gaya Hidup > Wajib Pahami Kegunaan dan Fungsi 5 Jenis Aki Mobil Ini

Wajib Pahami Kegunaan dan Fungsi 5 Jenis Aki Mobil Ini

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
Wajib Pahami Kegunaan dan Fungsi 5 Jenis Aki Mobil Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Untuk membuat mobil dapat berjalan, dibutuhkan aki sebagai sumber energi. Bisa dibilang aki merupakan baterai dari mobil. Oleh karena itu, keberadaan aki sangatlah penting. Namun, tahukah kamu kalau ternyata terdapat berbagai jenis aki yang kegunaan dan perawatannya berbeda? Yuk, langsung saja disimak.

 

Artikel Terkait: Hal yang Perlu Kamu Waspadai Saat Menggunakan Media Sosial

  1. Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu
  2. Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Bikin Hubungan Suami Istri Hancur
  3. Waspada, Ini 5 Modus Penipuan Lewat Media Sosial yang Kerap Nggak Kamu Sadari!

 

1.  Aki basah

Merupakan jenis aki yang paling sering dijumpai pada kendaraan bermotor. Aki ini juga mudah diperoleh di pasaran atau di toko perlengkapan kendaraan bermotor.

 

Kelebihan dari aki ini adalah relatif murah dan sangat mudah ditemui di pasaran. Jadi, kamu nggak bakal kewalahan mencarinya. Jika bisa merawatnya dengan baik, kamu bisa menggunakan aki ini berulang kali.

 

Namun, di dalam aki ini terdapat cairan H2SO4 atau asam sulfat yang mudah sekali menguap. Oleh karena itu kamu perlu rajin memeriksanya. Jika tidak hati-hati, kamu juga bisa membuat cairan di dalamnya tumpah dan memengaruhi kinerja komponen yang lain akibat sifat korosif yang dimiliki oleh cairan aki ini.

 

2.  Aki kering

Aki kering atau aki Maintenance Free (MF) adalah aki yang memiliki segel yang cukup kuat di bagian atasnya. Segel ini dapat mencegah penguapan cairan di dalamnya dan menjaga agar cairan tidak tumpah.

 

Kelebihan dari aki ini adalah kamu nggak perlu melakukan pemeriksaan atau penggantian aki secara berkala. Namun, jika ingin membeli aki ini, kamu harus mengeluarkan uang lebih karena harganya yang mahal. Selain itu, pemakaian aki ini juga relatif lebih singkat dibanding aki basah.

 

3.  Aki kalsium

Perbedaan aki ini dari aki basah adalah kutub baterainya baik pada kutub negatif maupun positif terbuat dari kalsium. Aki ini juga memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah dibanding aki basah. Meskipun begitu, aki ini terbilang belum terlalu populer di Indonesia.

 

Kelebihan dari aki kalsium adalah baterainya dapat menyimpan arus listrik dengan sangat baik bila dibandingkan dengan aki basah. Namun, karena kepopulerannya yang rendah, aki ini tersedia dalam jumlah yang terbatas dan susah ditemukan.

 

4.  Aki hybrid

Jika kita menggabungkan aki basah dengan aki kalsium, hasilnya adalah aki hybrid ini. Aki ini menggunakan teknologi terbaru dan memiliki kutub baterai. Namun, seperti aki kalsium, aki ini juga kurang populer di Indonesia.

 

Aki ini memiliki masa pemakaian lebih lama dibanding aki basah. Jadi, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya penggantian terlalu sering. Tingkat penguapan cairannya juga lebih rendah. Namun, cairan di dalam aki ini memiliki tingkat korosif yang lebih berbahaya bahkan bagi tubuh. Aki ini juga susah untuk didapatkan.

 

Artikel Terkait: Aplikasi Terbaru yang Perlu Kamu Lirik

  1. Gunakan Aplikasi Stop-Motion Gratis Agar Sosial Mediamu Makin Keren
  2. Banyak Manfaat, Aplikasi Ini Wajib Kamu Unduh untuk Menemani Perjalanan
  3. Mengaku Pecinta Buku? Sebaiknya Unduh Aplikasi Smartphone Berikut!

 

5.  Aki gel

Aki ini merupakan aki yang lebih ramah dibanding aki-aki sebelumnya. Aki ini merupakan teknologi paling terbaru dan mengganti cairan di dalam aki dengan gel.

 

Karena menggunakan gel, kamu nggak perlu khawatir aki ini akan tumpah. Selain ramah lingkungan, aki ini juga dua kali lebih tahan lama dibanding aki-aki lainnya dan nggak memerlukan perawatan yang rumit. Namun, aki ini biayanya sangat mahal karena masih baru dan belum diminati banyak orang. Untuk menemukannya juga masih sangat susah.

 

Mengetahui macam-macam aki dan kegunaannya itu perlu. Di saat-saat tertentu, kamu bisa saja harus memutuskan mengganti aki atau memilih aki. Selain itu, pengetahuan ini juga bisa kamu gunakan untuk menghindari dibohongi oleh mentor-mentor nakal di bengkel.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett