Beranda > Gaya Hidup > Vertical Garden, Solusi Bagi Rumah yang Nggak Miliki Lahan untuk Taman

Vertical Garden, Solusi Bagi Rumah yang Nggak Miliki Lahan untuk Taman

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Vertical Garden, Solusi Bagi Rumah yang Nggak Miliki Lahan untuk Tamanwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki kebun kecil atau bahkan pekarangan di belakang atau depan tempat tinggal tentu menjadi impian bagi setiap orang. Alasannya sederhana, pelepas penat, penghalau stres!

Tapi, sayangnya nggak banyak yang kemudian mau merealisasikan impian tersebut. Umumnya karena keterbatasan lahan. Padahal, memiliki ruang hijau di rumah itu nggak selalu mengharuskan lahan luas, lho. Contohnya dengan ‘Vertical Garden’.

Fungsi ‘Vertical Garden’ nggak hanya sebagai solusi area hijau ketika kamu nggak memiliki lahan pekarangan memadai. Masih ada fungsi lainnya yang perlu kamu pahami. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

 

Artikel terkait: Bikin rumahmu lebih ramah lingkungan lewat cara ini

  1. Kebiasaan Pro Go Green yang Bisa Dilakukan Mulai dari Rumah
  2. Nggak Perlu AC, Yuk, Bikin Sejuk Rumah dengan Benda Ini
  3. Ingin Punya Rumah Ramah Lingkungan? Ikuti Cara Berikut!

 

1. Bikin teduh dan nyaman

Mengurangi efek paparan sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam rumah. Rumah akan terasa teduh dan nyaman, serta menciptakan pemandangan indah bagi orang-orang disekitarnya. Sehingga, kamu nggak memerlukan pendingin ruangan lagi untuk menormalkan suhu udara dalam rumah.

 

2. Bernilai estetika

Nggak cuma bisa menambah nilai estetika untuk tampilan rumah, tetapi juga menjadi filter untuk mengurangi kebisingan.

 

3. Bantu sirkulasi udara

Selain untuk  memperindah ruangan, ‘Vertical Garden’ yang berada di dalam ruangan juga berfungsi sebagai penghasil udara yang baik. Tanaman pada ‘Vertical Garden’ menyerap karbon dioksida dan juga polusi yang ada di dalam rumah, misal debu yang sering menempel pada karpet dinding dan sebagainya.

4

Mobile Site CTA

4. Tutupi kualitas tanah yang buruk

Vertical Garden’ juga merupakan solusi bagi yang mempunyai halaman dengan kualitas tanah yang buruk. Kamu hanya perlu membuat kerangka untuk menempelkan tanaman pada dinding, sehingga kamu nggak perlu membuang banyak waktu dan uang untuk memperbaiki halaman tersebut.

 

5. Penghilang penat dan bantu rileksasi

Bagi orang-orang yang tinggal di apartemen atau bekerja di kantor, ‘Vertical Garden’ menyediakan akses keindahan alam yang menenangkan, yang diperlukan bagi kesehatan mental.

 

6. Berfungsi sebagai pembatas ruangan

Vertical Garden’ di dalam ruangan juga dapat dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan. Selain menciptakan efisiensi dalam rumah, ‘Vertical Garden’ memberi keindahan di dalam ruangan.

 

7. Fungsi pelengkap

Konsep ‘Vertical Garden’ ini dapat juga digunakan untuk menutupi benda-benda yang kurang menarik, misalnya coretan pada tembok, kotak meteran listrik, maupun benda-benda lainnya yang kurang sedap dipandang mata.

Nah, itulah beberapa fungsi dan manfaat membuat ‘Vertical Garden’. Jika kamu tertarik, ‘Vertical Garden’ bisa dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas, seperti botol bekas. Dari botol bekas ini bisa dijadikan pot untuk diletakkan pada kontruksi atau frame yang sudah dibuat sebelumnya pada dinding rumah. Hal ini juga merupakan usaha untuk mendaur ulang barang yang sudah nggak digunakan.

 

Artikel terkait: Menata rumah? Perhatikan tips berikut ini

  1. Waktunya Bersih-bersih, Ini Tips Mudah dan Murah Bersihkan Karpet di Rumah
  2. Sedang Tren, Ini Cara Tepat Menata Rumah Gaya Tropis
  3. Cara Memanfaatkan Lahan Sisa di Rumah Agar Tidak Sia-sia

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett