Beranda > Gaya Hidup > Nggak Perlu AC, Yuk, Bikin Sejuk Rumah dengan Benda Ini

Nggak Perlu AC, Yuk, Bikin Sejuk Rumah dengan Benda Ini

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Nggak Perlu AC, Yuk, Bikin Sejuk Rumah dengan Benda Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki rumah nyaman tentu saja harus mempertimbangkan suasana di dalam. Baik perabotan, desain, hingga suhu udara di dalam ruangan. Bagaimanapun, rumah akan terasa nyaman jika suhu udara di dalam ruangan nggak terasa panas. Namun, hal ini justru seakan memaksa pemilik rumah untuk memasang penyejuk udara (AC).

 

Padahal, penyebab ruangan dalam rumah terasa panas ialah dari radiasi panas Matahari yang terdiri atas ultraviolet, cahaya tampak, dan inframerah yang masuk ke dalam rumah melalui kaca jendela. Jadi, semakin banyak kaca, semakin banyak pula panas yang diantarkan.

 

Sebenarnya, untuk mengendalikan panas dalam ruangan, kamu cukup mengurangi paparan radiasi Matahari yang masuk dan terperangkap. Dengan kata lain, kamu bisa, kok, mewujudkan rumah sejuk tanpa AC. Bagaimana caranya?

 

Artikel Terkait: Tips Nyaman Rumah Ramah Lingkungan

  1. Perhatikan Kriteria Ini Saat Memilih Furnitur untuk Rumah Mungil
  2. Kebiasaan Pro Go Green yang Bisa Dilakukan Mulai dari Rumah
  3. Ingin Punya Rumah Ramah Lingkungan? Ikuti Cara Berikut!

 

Nggak hanya untuk kaca mobil, jendela rumah juga perlu kaca film

Di Indonesia, kaca film banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan otomotif. Ada, sih, penggunaan lain seperti menormalkan suhu dalam ruangan yang banyak diterapkan di gedung atau ruang perkantoran. Hal ini wajar, mengingat material ini sejatinya diproduksi untuk kebutuhan bangunan dan mengatasi paparan radiasi panas Matahari.

 

Berdasarkan sifatnya, kaca film memantulkan panas. Artinya, panas Matahari yang datang menuju kaca akan dipantulkan kembali ke alam. Cara kerjanya, dengan mereduksi panas inframerah dan ultraviolet secara tetap. Namun, nggak demikian pada intensitas cahaya tampak. Dengan kata lain, cahaya tetap masih dapat masuk ke ruangan, sedangkan panas terpantul.

 

Kaca film yang baik sama sekali nggak menyerap panas. Sebab, bila lapisan ini menyerap panas, ada risiko kaca akan retak dan panas tetap dapat masuk ke rumah. Nah, sedang untuk tingkat kegelapan, tersedia dengan berbagai tingkatan. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

 

Artikel Terkait: Optimalkan Rumah Nggak Harus Boros

  1. Nggak Cuma Mengatur Lampu, Lakukan Tips Ini Supaya Pencahayaan di Rumah Makin Sempurna
  2. Buat Ruang Kerja di Rumah Nggak Perlu Mahal Kok, Ini Triknya!
  3. Tips Sulap Rumah Jadi Tempat yang Membuat Kamu Relaks Setiap Saat

 

Selain menggunakan kaca film, kamu juga bisa memanfaatkan tirai atau gorden. Hanya saja, keduanya nggak cuma membatasi panas melainkan juga intensitas cahaya. Jadi, menurut saya, kaca film adalah material terbaik untuk digunakan terkait kesejukan ruangan tanpa perlu buang-buang energi. Nggak perlu hidupin lampu atau pendingin udara.

 

Oh ya, satu lagi. Kaca film juga mampu mencegah pemudaran warna pada furnitur. Selain itu, keamanan rumah pun lebih terjaga, karena kaca film dengan tingkat kegelapan yang tinggi akan menghalangi pandangan orang dari luar. Banyak juga keuntungan memasang kaca film, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTA1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett