Beranda > Gaya Hidup > Kebiasaan Pro Go Green yang Bisa Dilakukan Mulai dari Rumah

Kebiasaan Pro Go Green yang Bisa Dilakukan Mulai dari Rumah

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Kebiasaan Pro Go Green yang Bisa Dilakukan Mulai dari Rumahwatermark

TUNAIKU.COMBeberapa waktu lalu, lagi-lagi saya mendengarkan berita menyedihkan dari tanah Indonesia. Kali ini, akibat tabiat orang-orang yang sembarangan.

 

Mau sampai kapan, sih, nggak aware dan acuh dengan Bumi ini? Padahal kita cuma punya satu rumah ini, lho. Kalau Bumi sudah rusak, mau pindah ke mana? Asgard?

 

Saya yakin, kamu pasti mampu dan mau lebih ramah dan menyayangi lingkungan. Hanya saja, kamu butuh diingatkan. Kalau begitu, saya ingatkan lagi ya cara termudah untuk mencintai ibu Bumi. Mulai dengan praktikkan 10 kebiasaan ini!

 

Artikel Terkait: Jagalah Kebersihan!

  1. 4 Tips Bersih-bersih Rumah dalam Setahun
  2. 5 Tips Jaga Kebersihan Kabin Mobilmu
  3. Simpel, Lakukan Ini 30 Menit Sehari, Rumah Jadi Bersih dan Nyaman

 

1. Kurangi pemakaian kresek plastik

Jangan ikut berpartisipasi jadi si pengguna plastik! Mulai dengan selalu membawa tas belanja saat ke supermarket. Tidak perlu meminta kantong plastik jika bisa langsung masuk ke tas.

 

2. Jangan buang sampah sembarangan!

Ini gampang, kan? Cukup buang sampah di tempatnya. Jangan dibuang di jalanan, di got, atau di sungai. Kalaupun belum ketemu tong sampah, apa susahnya sih di-keukeup dulu sampai ketemu? Belajarlah merasa malu dan merasa bersalah kalau berniat buang sampah sembarangan.

 

3. Matikan lampu saat tidur dan saat nggak di rumah

Sebelum meninggalkan rumah atau kamar, pastikan lampu-lampunya sudah dimatikan. Walaupun sudah lampu hemat energi, tetap saja, kan? Oh ya, saat tidur juga sebaiknya nggak perlu pakai penerang. Lagi pula, tidur dalam keadaan gelap itu juga lebih sehat, lho.

 

4. Cabut charger saat nggak digunakan

Charger/alat eletronik lain yang tercolok walau nggak digunakan, tetap mengonsumsi listrik, lho. Jangan lupa dicabut saat nggak dipakai, ya.

 

5. Bawa botol minum sendiri

Bekas botol minuman, satu dari sekian banyak sampah yang bisa banget kita tekan penggunaannya. Daripada harus beli minuman botolan, lebih baik bawa sendiri. Lebih hemat juga, kan?

 

6. Print bolak-balik dan gunakan kertas bekas

Untukmu yang kerja kantoran, nih. Kalau memang hanya untuk dokumentasi bukti, nggak perlu pakai kertas baru. Gunakan saja kertas bekas, yang penting hasil cetaknya tetap terlihat, kan?

 

7. Transportasi umum alih-alih bawa kendaraan sendiri

KRL dan Transjakarta sudah semakin nyaman, lho. Daripada harus panas-panasan macet, mendingan duduk anteng, deh. Hitung-hitung menekan penggunakan bahan bakar fosil!

 

Artikel Terkait: Peduli Lingkungan!

  1. 4 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Hemat Air di Dapur
  2. Yuk, Mulai Menghemat Bensin Motor dari Diri Sendiri!
  3. Ingin Hemat Listrik dan Air? Yuk, Lakukan Ini Pada Mesin Cuci!

 

8. Pisahkan sampah menurut jenisnya

Gampangnya saja, dibedakan antara recycle dan non-recycle. Di Indonesia, kebiasaan ini mungkin agak jarang dilakukan di rumah tangga. Di Jepang, dari pengakuan teman  yang berkuliah di sana, sudah menjadi aturan wajib setiap penghuni apartemen, lho. Kalau asal-asalan, bisa kena denda!

 

Itulah dia beberapa hal-hal sederhana yang bisa kamu jadikan kebiasaan. Kalaupun awalnya merasa terbebani, lama-lama juga nggak, kok. Jangan lupa, ajari juga adik-adikmu supaya mereka bisa memupuk kesadaran peduli lingkungan sejak dini.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett