Beranda > Gaya Hidup > Sedang Tren, Ini Cara Tepat Menata Rumah Gaya Tropis

Sedang Tren, Ini Cara Tepat Menata Rumah Gaya Tropis

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Sedang Tren, Ini Cara Tepat Menata Rumah Gaya Tropiswatermark

TUNAIKU.COM  – Pada umumnya, rumah merupakan tempat kamu pulang atau tempat tinggal. Tempat istrahat, berteduh, serta berkumpul bersama orang tersayang bila kamu sudah berkeluarga. Karena itu pula, sebisa mungkin rumah ditata agar memberikan suasana yang tentram dan nyaman, atau paling nggak memberikan kesan homey. Kalau rumah nggak rapi dan kotor, gimana kamu bisa mau merasa damai?

 

Nah, baru-baru ini, rumah bergaya tropis lagi ngetren. Gaya tropis memang cocok buat rumah-rumah di Indonesia. Gaya rumah tropis mengutamakan pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik. Nggak ketinggalan pula desain dan warna yang mengutamakan keteduhan agar penghuni merasa betah dan nyaman.

 

Secara umum, gaya tropis memiliki karakteristik selasar yang cukup lebar, dengan atap miring atau kerucut. Setiap ruangan di dalam rumah pun memiliki jendela sebagai tempat pertukaran udara dan pancaran sinar Matahari masuk. Karena konsep ini, rumah gaya tropis juga sering disebut sebagai rumah relaksasi. Kesehatan penghuni juga didukung karena sirkulasi udara yang baik dan rasa nyaman yang diciptakan.

 

Kamu juga bisa menciptakan atau meniru gaya tropis ke dalam rumah kamu. Caranya nggak terlalu sulit. Kamu cukup mengikuti beberapa tips seperti berikut.

 

Artikel Terkait: Menjaga Kebersihan Rumah

  1. 4 Tips Bersih-bersih Rumah dalam Setahun
  2. 5 Tips Jaga Kebersihan Kabin Mobilmu
  3. Simpel, Lakukan Ini 30 Menit Sehari, Rumah Jadi Bersih dan Nyaman

 

Tips 1

Gaya rumah tropis banyak terinspirasi dari unsur alam, seperti sabana dengan pencahayaan yang teduh. Karena itu kamu bisa memilih warna cat dinding yang menonjolkan warna alam. Contohnya putih, krem, biru muda, atau hijau muda. Efek yang dihasilkan akan membuat kamu dan penghuni rumah yang lain merasa lebih teduh serta ruangan yang terkesan lapang.

 

Tips 2

Untuk bagian jendela, kamu bisa menambahkan unsur alam seperti material bambu atau kayu. Jangan khawatir bakal terlihat lebih tradisional. Unsur kayu dan bambu justru bakal bikin ruangan terasa alami. Agar terkesan modern, padukan dengan tirai dengan gradasi warna yang sama.

 

Tips 3

Pemilihan material pada corak dan furnitur yang menghiasi rumah kamu berpengaruh besar dalam menciptakan gaya tropis. Material seperti rotan atau kayu bisa kamu gunakan untuk kursi atau meja. Selain itu kamu juga bisa menggantu lukisan pemandangan alam serta lampu-lampu kayu agar terlihat lebih asri dan cantik.

 

Tips 4

Gaya rumah tropis identik dengan warna hijau, yang berasal dari tanaman. Pilihlah tanaman yang memang diperuntukkan berada dalam ruangan. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan tanaman palem di ruang tamu. Tata sedemikian rupa sehingga serasi dengan keseluruhan desain ruangan. Oh ya, kamu juga bisa menambahkan bantal-bantal kecil sebagai aksesori pemanis. Gunakan sarung dengan motif flamingo atau daun kelapa yang lagi ngetren.

 

Tips 5

Untuk memberikan rasa adem, kamu bisa menggantung kipas angin di atap ruangan. Biasanya rumah gaya tropis nggak menggunakan pendingin ruangan, sehingga kipas angin menjadi penggantinya. Namun, sebenarnya kipas angin itu pilihan tambahan. Pasalnya, sirkulasi udara sudah cukup baik dengan bukaan yang mumpuni. Jadi, kamu bisa memasangnya bila merasa perlu saja.

 

Artikel Terkait: Dekorasi Rumah

  1. Baru Pindah Rumah? Supaya Lebih Aman dan Nyaman, Yuk Lakukan Hal Ini
  2. Ini Dia Jenis Lantai yang Cocok untuk Hunianmu
  3. Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinya

 

Tips 6

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menempatkan akuarium dengan ikan warna-warni di dalamnya. Suara air serta warna ikan yang bergerak akan menambah suasana alami dalam rumahmu. Hanya saja, kamu harus rajin untuk merawat akuarium tersebut.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan suasana tropis di dalam rumah. Sudah siap untuk mengganti dekorasi?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

ajukan pinjaman

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett