Beranda > Gaya Hidup > Traveling Baik untuk Kesehatan Mental, Ini Alasan Menurut Para Ahli!

Traveling Baik untuk Kesehatan Mental, Ini Alasan Menurut Para Ahli!

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Traveling Baik untuk Kesehatan Mental, Ini Alasan Menurut Para Ahli!watermark

TUNAIKU.COM – Jika kamu berencana untuk join open trip ke luar negeri tahun depan, jangan biarkan ada orang yang menahanmu. Karena selain bagus buat kesehatan fisik, ternyata traveling juga bagus buat kesehatan mental, lho. Fakta ini telah diamini oleh para ahli, sehingga kamu nggak perlu ragu lagi.

 

Misalnya, hasil mencengangkan dari survei Momondo terkait manfaat dari traveling. Menurut Momondo, traveling bisa bikin kamu lebih positif pada orang dari negara yang kamu kunjungi beserta kebudayaannya. Kamu pun akan belajar memahami perbedaan yang ada di dunia ini.

 

Ini dia pendapat ahli yang menarik untuk disimak dikutip dari Elitedaily.com!

 

Artikel Terkait: Informasi Menarik Seputar Tempat Wisata Thailand

  1. Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Rencanakan Road Trip di Thailand
  2. 4 Festival Terbaik di Thailand yang Unik dan Nggak Boleh Kamu Lewatkan
  3. Liburan ke Thailand? Ini 5 Hostel Backpacker Ngehits yang Bisa Dipilih

 

1. Nggak sekadar pelarian, traveling bikin kamu lebih empati

Banyak tulisan yang menyarankan seseorang untuk traveling agar terbebas dari stres. Karena itulah, banyak orang yang menjadikan traveling sebagai jalan pelarian dari masalah atau stres. Padahal, manfaat traveling bisa lebih dari itu. Banyak manfaat yang bisa kamu petik dari perjalananmu.

 

Menurut Momondo, traveling bisa meningkatkan sikap empati seseorang. Sedikit demi sedikit, kamu belajar mengenal budaya dan gaya hidup orang lain. Karena sudah memahami mereka, kamu pun lebih toleransi akan perbedaan.

 

Hal ini akan terus berlanjut saat kamu pulang dari traveling. Maka, kamu akan jadi sosok yang lebih empati pada teman atau keluarga di rumah. Bagus banget buat kesehatan mentalmu, deh.

 

2. Membuatmu lebih kreatif

Semenjak sering traveling, saya tumbuh menjadi orang yang open-minded. Bahwa saya nggak bisa melihat dunia dari dua kacamata saja yaitu hitam dan putih atau benar dan salah. Dengan melihat banyak perbedaan, kamu pun bisa mulai untuk belajar dan memahaminya.
Sebagai bonus, saya sering mendapatkan teman-teman lintas negara yang pola pikirnya gokil abis. Nggak nyangka orang seperti mereka benar-benar ada di dunia ini.

 

Teori ini ternyata diamini oleh The Atlantic yang menyatakan, traveling memang bisa bikin mental lebih sehat. Saat kamu traveling ke luar negeri, kamu bisa bersinggungan dengan pemikiran yang fresh, unik, dan berbeda dari apa yang kamu lihat sehari-hari. Dengan cara ini, kamu bisa terlahir kembali sebagai sosok yang lebih kreatif.

 

Artikel Terkait: Tips Traveling

  1. Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kamu Mengalami Kecopetan saat Traveling
  2. Lakukan 7 Hal Ini untuk Menghemat Uang Transpor saat Traveling
  3. Lakukan 5 Cara Ini untuk Nikmati Akomodasi Murah saat Traveling

 

3. Membuatmu lebih bahagia

Cara sederhana untuk bahagia adalah dengan traveling! Jika kamu masing bingung mengapa orang-orang hobi traveling, alasannya adalah bisa bikin kamu bahagia. Yup, alasannya memang sesederhana ini karena lainya hanyalah bonus. Kalau kamu nggak suka yang muluk-muluk, dengan traveling kamu bisa mencicipi kebahagiaan seutuhnya.

 

NBC News menambahkan kalau kebahagiaan ini nggak hanya kamu rasakan saat liburan saja. Tetapi juga saat mempersiapkan liburan, seperti pesan hotel, pesawat dan menyusun itinerary.

 

Pernyataan senada diungkapkan dalam penelitian Cornell University, bahwa kebahagiaan dirasakan oleh seseorang yang tengah menanti-nantikan datangnya waktu liburan. Konon, perasaan bahagia ini lebih kuat dari rasa bahagia saat kamu sukses beli suatu barang.

 

Tuh, kan, traveling memang menawarkan segudang manfaat. Jadi, nggak perlu bimbang lagi untuk segera bikin rencana traveling untuk tahun depan, ya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett