Beranda > Gaya Hidup > 4 Festival Terbaik di Thailand yang Unik dan Nggak Boleh Kamu Lewatkan

4 Festival Terbaik di Thailand yang Unik dan Nggak Boleh Kamu Lewatkan

SWARA LOGOSwara Logo
4 Festival Terbaik di Thailand yang Unik dan Nggak Boleh Kamu Lewatkanwatermark

TUNAIKU.COM – Thailand merupakan salah satu destinasi Asia yang paling banyak diminati masyarakat internasional, tidak terkecuali Indonesia. Beberapa festival di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi negera yang mendapat sebutan Gajah Putih ini. Mengenai festival-festival tersebut, berikut 4 yang teruniknya.

 

Artikel Terkait: Panduan Itinerary Liburan Hemat di Negeri Gajah Putih

  1. Panduan Itinerary Liburan 3 Hari di Phuket
  2. Ini Itinerary ke Bangkok 3 Hari 2 Malam yang Bikin Seru
  3. Bawa Uang Rp2 Juta untuk Liburan Murah ke Thailand? Bisa!

 

1. Ghost Festival (Phi Ta Khon)

1. thailand.prd.go.th

 

Festival pertama yang cukup unik di Thailand yaitu Festival Hantu. Namun, kamu jangan langsung merinding, karena festival ini jauh dari kata seram. Bahkan, festival ini penuh warna dan diadakan pada siang hari.

 

Festival yang rutin diadakan di daerah Dan Sai, Provinsi Loei. Para penduduk setempat akan menari sambil mengenakan topeng dari batang pohon kelapa. Sebenarnya, desain topengnya sendiri cukup seram, tapi berhubung diberi hiasan warna-warni dengn pilihan warna cerah, kesan seramnya pun berkurang.

 

Phi Ta Khon mengingatkan tentang kepulangan Pangeran Vessandorn ke kampung halamannya. Konon, para hantu pun ikut senang dengan kepulangannya. Festival yang diadakan 3 hari berturut-turut dengan tanggal yang nggak pasti ini diakhiri dengan lomba untuk anak-anak, diantaranya lomba membuat topeng hantu ini.

 

2. Water Festival (Songkran)

2. travelservice.tips

 

Festival yang satu ini diadakan tiap pergantian tahun di banyak kota di Thailand. Festival ini terlihat seperti perayaan Holi di India. Tapi, jika ‘perang’ di India  hanya menggunakan tepung warna, maka di Thailand lebih beragam jenis bahan dan alatnya.

 

Tepung warna ini bisa diganti dengan kapur, sedangkan untuk alatnya, ada yang pakai pistol air, selang, sampai ember. Bahkan uniknya, ada yang memakai kostum hero dari tokoh Marvel seperti Batman atau sambil menaiki hewan khas Thailand, yaitu gajah yang tubuhnya telah diwarnai dengan corak tertentu.

 

Keunggulan atau manfaat dari festival Songkran ini yaitu mengingatkan untuk menghormati orang tua. Meski terlihat kurang nyambung, tapi festival ini diawali dari tradisi mencuci tangan para lansia. Kamu juga bisa ikutan, tapi pastikan bawa baju ganti biar nggak masuk angin.

 

3. Vegetarian Festival

Festival di Thailand yang berikutnya yaitu Vegetarian Festival. Kalau kamu berpikir ini festival mainstream tentang lomba masak, makan sayur atau semacamnya, maka kamu salah besar. Alih-alih lomba makan sayur atau berkreasi dengan sayur melalui masakan, mereka justru makan ‘benda tajam’.

 

Ya, alat yang notabene sering digunakan untuk memasak ini justru dijadikan makanan. Bunyi kembang api, tabuhan drum, dan gong menjadi penyemangat mereka untuk melakukan aksi debus yang bisa dilakukan masyarakat umum  di kawasan Phuket.

 

Misalnya menusuk pipi dari luar dengan jarum besar, pisau, dan semacamnya. Sangat ekstrem dan mengerikan bukan festival yang rutin di diadakan tiap Oktober ini? Selain itu, festival ini juga bisa kamu temukan di negara jiran lainnya seperti Malaysia, Singapura, dan Myanmar.

 

Artikel Terkait: Tips Liburan Murah dan Menyenangkan di Negara Thailand

  1. Begini Tips dan Trik Nikmati Liburan Maksimal Layaknya Penduduk Lokal
  2. 5 Cara Bisa Liburan Tanpa Harus Keluat Uang Banyak!
  3. Ingin Liburan Luar Negeri Murah? Ini Destinasi dengan Bujet Rp10 Juta

 

4. Yi Peng dan Loy Krathong (Lantern Festival)

lantern-festival

 

Festival berikutnya yang bisa kamu saksikan saat berkunjung ke Thailand pada bulan November, terutama Kota Chiang Mai, yaitu Festival Lentera. Festival ini menempati urutan kedua sebagai festival terbesar di Thailand setelah Songkran.

 

Meski hampir semua negara pernah mengadakannya, nyatanya festival ini selalu dinantikan para turis. Perbedaan antara Yi Peng dengan Krathong terletak pada tempat melepaskannya.

 

Kalau pada Festival yi Peng kamu harus menerbangkan lentera ke langit (udara), pada Krathong, kamu melepaskannya di air. Boleh di sungai, laut, dan lainnya. Kedua festival ini bertujuan untuk mengharap keberuntungan.

 

Festival di Thailand yang lainnya bisa kamu saksikan yaitu Bangkok International Film Festival, Flower Festival, Chinese New Year, dan masih banyak lagi. Satu hal yang harus kamu perhatikan, hormati kebudayaan di sana dan siapkan dirimu untuk mengikuti setiap festivalnya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

4

 

Mobile Site CTA


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett